Kamis, 10 Maret 2016

Review Gitar Washburn N2 AV Nuno Bettencourt Signature Vintage : Gitar yang Sangat Fleksibel dengan Sound dari Funk sampai Heavy Rock!

Review Gitar Washburn N2 AV Nuno Bettencourt Signature Vintage : Gitar yang Sangat Fleksibel dengan Sound dari Funk sampai Heavy Rock!


Nuno Bettencourt adalah salah satu dari legenda dan gitaris Rock yang paling dihormati dan disegani di seluruh dunia. Kemampuannya dalam bermain teknik gitar dan riff-riff klasik dan chorus yang catchy sangat tidak diragukan lagi, ia dapat melakukan semuanya itu dengan amat mudah. Ini adalah salah satu dari penyebab utama mengapa Nuno memiliki begitu banyak fans dan menjadi idola para gitaris baik gitaris band maupun shredder. Nuno Signature Series hanya memiliki satu kekurangan : harganya yang super mahal! Namun, untungnya saat ini Washburn sudah mengeluarkan seri terbaru dari Nuno Signature Series yaitu Washburn N2 AV, sebuah seri dari Signature Nuno dengan Vintage look yang super keren namun dengan harga yang terjangkau tanpa harus menguras habis tabungan kita di bank.

Namun anda harus ekstra hati-hati : Banyak tiruan / aspal dari gitar Nuno Signature ini yang beredar di pasaran! Namun tentunya amat mudah membedakan antara yang asli dengan yang palsu / custom made, apabila anda perhatikan spesifikasi dan unboxing yang akan kami jelaskan secara singkat di bawah ini.
Ketika anda mengeluarkan N2 AV dari dus, anda akan langsung dapat mengenali gitar ini sebagai Nuno Bettnecourt Signature dengan body cut, control layout, dan reverse headstock yang sudah menjadi ciri khas gitaris Extreme ini. Body gitar ini sendiri terbuat dari kayu Agathis dengan finishing Vintage dan Natural finish maple neck serta Rosewood fingerboard dan 22 jumbo frets dan 25.5" scale serta inlay khas Nuno yang selalu ada di setiap Washburn Signature Series Nuno Bettencourt. Semua part dan hardwarenya terlihat sangat bagus dan rapi, menandakan bahwa gitar ini memang cocok dikatakan sebagai gitar cukup high-end. Profil dari neck nya sama persis dengan seri Nuno yang lebih tinggi, sangat cocok untuk bermain modern Rock. Artinya anda akan mendapatkan kenyamanan dalam bermain yang sama dengan gitar Washburn Nuno seri tinggi yang harganya bisa berkali-kali lipat!

Untuk neck nya sendiri menggunakan sistem bolt-on ke bodi gitar (belum menggunakan Stephen Extended Cutaway paten khusus dari Washburn seperti seri-seri yang di atasnya...untuk yang sudah menggunakan Stephen Extended Cutaway adalah seri N24). Sedangkan hardwarenya sendiri menggunakan Grover 18.1 tuners yang sudah terkenal dengan kestabilan tuning nya yang tinggi dalam kondisi ekstrim sekalipun, sama persis dengan Seri N yang diatasnya. Untuk pilihan pickup nya sendiri sangat baik, yaitu L500 Bill Lawrence Humbucker (pickup ini adalah pickup legendaris di kalangan gitaris rock...memiliki gain yang sangat tinggi dan cocok untuk rythm maupun lead dengan aksesn overtone yang membuat gitar kita sangat mudah mengeluarkan harmonics made in USA!) pada posisi bridge dan Washburn Humbucker Pickup pada posisi neck. Secara umum, dengan harga yang tercantum untuk gitar ini, maka bisa dibilang gitar ini tergolong sangat murah! Clean tone nya cukup baik, namun pada umumnya pemain gitar yang menggunakan Nuno Signature tidak terlalu perduli dengan sound cleannya :-)
Untuk kontrolnya sendiri pasti bagi fans Nuno sudah sangat familiar, yaitu satu volume knob yang diatur agak jauh dari picking hand kita dan 3-way pickups selector yang mudah diakses dengan cepat. Seperti kebanyakan Rock player lainnya, Nuno tidak pernah menggunakan tone knob sehingga ia menghilangkan knob tone pada gitar signaturenya.

Washburn N2 AV ini juga menggunakan Floyd Rose Special Licensed, walaupun tiddak sebaik Floyd Rose original namun tetap mampu menghasilkan bridge yang cukup stabil dan nyaman dimainkan dengan tremolo bar.

Kesimpulannya? Dengan harga yang sangat terjangkau price list Rp 6,75 juta dan harga netto Hanya Rp 3,8 juta saja (dibandingkan dengan US-made Washburn Nuno Signature) N2 AV ini sangat layak dibeli mengingat speknya yang cukup tinggi, nyaman dimainkan dan desain khas Nuno dengan sound yang sangat otentik khas musik Rock!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar