Selasa, 01 Maret 2016

Review Orange Amplifier Crush Pro CR-120C : Amplifier Professional Solid State dengan Sustain dan Drive Khas Tabung!

Review Orange Amplifier Crush Pro CR-120C : Amplifier Professional Solid State dengan Sustain dan Drive Khas Tabung!




Pada kesempatan ini kami dari Nafiri Music akan mereview amplifier Orange untuk seri soild statenya, yaitu Orange Crush Pro CR-120C yang baru dikeluarkan pada tahun 2014 lalu dan cukup banyak menyita perhatian para gitaris di seluruh dunia. Pada awal tahun 2000 Orange amplifier memperkenalkan seri solid statenya yaitu Crush series, dengan desain yang diambil dari amplifier tabung mereka yang legendaris. Amplifier Crush ini walaupun solid state namun memiliki sound yang sangat jernih dan powerful dan hal inilah yang membuat Orange Crush series bertahan dan memiliki pangsa pasar yang sangat baik di pasar amplifier untuk practice / latihan. Orange Crush series sudah berkembang dan melakukan improvisasi terus menerus sepanjang tahun-tahun ini dan pada seri Crush Pix yang terbaru Orange sudah memasukkan efek on board ke dalam amplifier ini (Reverb). Evolusi terakhir yang paling terkini dari Crush Series adalah Orange Crush Pro, dimana tipe ini memiliki watt yang jauh lebih besar dan lebih powerful dengan sedikit fitur on-board....yaitu Orange Crush CR-60C dan Crush CR-120C. Disini yang akan kita review adalah Orange Crush CR-120C yang lebih populer yang memang didesain untuk panggung dan live gig. Nah...seperti apa komentar kami dari Nafiri Music mengenai amplifier ini? Silahkan lanjutkan membaca review ini kebawah!
Crushing Detail

Orange Crush Pro CR-120C ini memiliki fitur dan sound yang sangat khas di amplifier Orange, baik dari segi eksterior maupun interiornya!  Amplifier ini diisi dengan 2x12 inch speaker Voice of the World yang sudah merupakan trademark Orange dengan power 120 watt di belakang grill klasik besinya dan semi-open kabinet. Sebagai amplifier combo, Orange CR-120C ini tergolong tidak terlalu berat apabila dibandingkan dengan amplifier combo dengan spesifikasi sejenis (Roland Jazz Chorus JC-120) dan amplifier ini memiliki ukuran yang sangat ideal untuk stage / panggung manapun. Apabila anda ingin menambahkan external cabinet, maka anda bisa menggunakan speaker jack yang terletak di panel belakang amplifier ini.


Panel Belakang dari Orange Crush Pro CR-120C
Crush Series PiX pada awalnya memiliki banyak on-board efek prosesor, seperti tuner, tremolo, flanger, dan sebagainya (mirip dengan Roland Cube / Fender Champion). Namun untuk seri Crush Pro ini, Orange sangat berterus terang dan tidak menambahkan hal-hal yang tidak perlu untuk pro-player!  Mengapa? Karena gitaris pro pada umumnya sudah menggunakan pedal board sendiri. Amplifier Orange Crush Pro CR120C ini hanya terdiri dari 2 channel (Clean dan Dirty) serta digital reverb yang bisa diatur apakah itu Reverb Hall, Plate, atau Spring. Baik Channel dan Reverb nya bisa diatur dengan menggunakan footswitch dan efek tambahan bisa anda masukkan ke dalam FX Loop. Orange Crush Pro CR120C ini juga memiliki knob master volume yang dapat anda gunakan untuk mencari tone clean ataupun crunch dengan output yang seimbang ketika anda berpindah-pindah dari channel clean maupun dirty.

Sweet Orange Flavor

Orange amplifier sangat terkenal dengan sound dirty dan overdrive nya yang sangat masif dan tebal. Orange Crush Pro CR-120C ini juga memiliki clean channel yang sangat jernih dan sangat mirip dengan Amplifier Orange tabung!
Bermain dengan Orange Crush Pro CR-120C ini sangat menyenangkan, terutama apabila anda adalah gitaris Rock yang mencintai riff-riff dengan sound dirty yang tebal dan memiliki sustain panjang!
Clean channel pada amplifier ini hanya memiliki dua EQ knob, yaitu bass dan treble, namun kedua knob ini sudah cukup untuk membentuk dan men-shape tone yang sangat luas baik bagi anda gitaris single coil ataupun humbucker. Sewaktu kami mencobanya dengan Gibson Les Paul dan Fender Stratocaster USA keduanya dapat menghasilkan sound yang sangat baik dan sangat mudah untuk mendapatkan tone yang sesuai dengan sedikit memutar knob bass dan treble. Ketika anda menggunakan clean channel, dengan menggunakan reverb spring maka anda bisa mendapatkan sound jazz yang sangat progresif, dan plate reverb sangat cocok untuk riff dan musik rock.

Ratings
Pros:
2-channel design untuk memudahkan anda berpindah dari Clean dan Dirty Channel. Clean tone yang sangat baik. Reverb yang dinamins dan Dirty Channel yang sangat powerful.
Cons:
Footswitch tidak termasuk.
Tones:

Ease of Use:

Build/Design:

Value:

Harga:
Rp 11.929.000,- Pricelist, Rp 9.100.000,- di www.nafirimusic.com
Orange Amplifier Crush CR120C
orangeamps.com
Orange Crush Pro CR120C memiliki dirty channel yang sangat modern dan sangat mirip dengan amplifier tabung legendaris Orange : Rockerverb! Dengan tingkat drive yang sangat luas, anda bisa bermain crunch maupun riff dengan sound yang membuthhkan gain tingkat tinggi. Dengan gain yang tipis maka anda akan mendapatkan sound yang sangat cocok untuk single coil. Pada gain yang tinggi, apabila anda menggunakan single coil maka anda harus melakukan pengaturan bass pada EQ atau menambahkan booster pedal EQ agar anda bisa mendapatkan suara distorsi yang tebal dengan low end yang baik. Apabila anda memiliki pedal overdrive sendiri, maka anda bisa menambahkan pedal tersebut untuk mendapatkan ekstra sonic sound dari CR-120C. Amplifier ini memiliki hampir seluruh fitur dan sound tabung untuk efek outboard dan anda bisa menggunakan efek baik melalui routing input maupun FX Loop dan anda akan mendapatkan suara yang sangat baik dari chain efek anda!
Bagaimana dengan gitar humbucker? Nah, Orange Crush CR-120C ini memang didesain bagi gitaris yang mengidolakan drive dari amplifier ini, dan tentunya humbucker adalah pilihan yang tepat untuk bermain dengan Orange!! Dengan gitar Les Paul yang memiliki pickup humbucker dan setting gain dibuka lumayan besar maka anda akan mendapatkan sound menggelegar seperti jet yang sedang meluncur dengan kecepatan tinggi! Seperti kebanyakan amplifier Orange, mereka memiliki sirkuit yang sangat baik untuk sound drive dan dirty. Dengan Orange Crush Pro CR-120C ini maka anda bisa mendapatkan sound dengan gain tinggi seperti Black Sabbath dengan amat mudah.

The Verdict / Kesimpulan

Amplifier Orange Crush Pro CR-120C adalah sebuah amplifier yang sangat cocok untuk dipakai live di atas panggung dengan power yang besar, bagi para gitaris yang sangat mengidolakan sound khas Orange dan visual khas orange dengan warnanya yang mencolok dan desain vintage dan didukung dengan tone yang sangat lebar, serta 2-channel setup untuk berpindah dari Clean ke Dirty channel secara instan. Walaupun Orange Crush Pro CR-120C ini tidak bisa dibandingkan secara langsung dengan saudaranya yang menggunakan tabung (terutama apabila anda adalah penggila amplifier tabung yang memiliki harga puluhan juta rupiah) namun dengan harga yang sangat pantas maka anda bisa mendapatkan sebuah amplifier panggung untuk live dengan standard kualitas Orange, dan dengan tambahan ekstra clean channel yang sangat manis. Orange Crush Pro CR-120C ini sangat cocok bagi anda yang memiliki budget tidak terlalu besar untuk amplifier stage / panggung, namun menginginkan power yang besar dan sound khas Orange. Amplifier ini sangat bisa diandalkna untuk bermain di live gig atau situasi apapun!



Anda sedang mencari Review Orange Amplifier lain? Kami juga memiliki Review untuk Crush series, Terror Series, dan OR / TH Series! Silakan kunjungi link di bawah ini untuk mendapatkan Review dari Produk Orange yang anda cari :

Review Orange Amplifier Jim Root Signature Terror #4 : Amplifier Dahsyat dengan karakter Sound Rockerverb!

Review Orange Amplifier Micro Terror : Amplifier Mini 20 Watt yang mampu Mengangkat Cabinet 4x12!

Review Orange Amplifier Tiny Terror : Amplifier Lunchbox 15 Watt Full Tabung Dengan Spesifikasi Pro Untuk Live Maupun Recording!
 

Review Orange Amplifier Dark Terror : Amplifier Tabung dengan Super High Gain bagi Anda Pecinta Musik Rock / Metal!

Review Orange OR-15 Pics Only Head : Amplifier Tabung dengan Sound Legendary Orange UK Versi Reissue!

Review Orange Amplifier Crush Pro CR-120C : Amplifier Professional Solid State dengan Sustain dan Drive Khas Tabung!

Review Orange Amplifier Crush 12, 20RT, dan 35RT : Amplifier Kamar / Latihan dengan Sound dan Tone yang Mahal!

Review Orange Amplifier Thunderverb TH-100 : Amplifier Panggung 100 Watt dengan Sound Drive yang Dahsyat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar