Selasa, 01 Maret 2016

Review Orange Amplifier Crush 12, 20RT, dan 35RT : Amplifier Kamar / Latihan dengan Sound dan Tone yang Mahal!

Review Orange Amplifier Crush 12, 20RT, dan 35RT : Amplifier Kamar / Latihan dengan Sound dan Tone yang Mahal!



Pada kesempatan kali ini kami dari Nafiri Music kembali melakukan Review untuk Orange Amplifier, yaitu salah satu dari merk amplifier favorit kami! Yang akan kita bahas pada review ini adalah Orange Crush 20RT dan Crush 35RT dimana keduanya mempunyai fitur yang mirip dan perbedaan hanya pada power dan ukurannya saja.

Orange amplifier sendiri sudah sangat terkenal dan sringkali diasosiasikan sebagai amplifier dengan sound British (ya pastinya, karena memang headquarter Orange ini ada di UK) dan bisa dikatakan Orange adalah sttu produsen amplifier yang telah membantu mendefinisikan "British Sound" selama hampir 50 tahun! Untuk seri Crush sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000 awal sebagai amplifier solid state untuk latihan / practice amps yang mampu menghasilkan sound khas Orange namun dengan budget yang terbatas. Tambahan terakhir pada seri Crush ini adalah Crush 12, 20RT, 35 RT. Lini terbaru ini adalah desain baru dan merupakan re-design dari amplifier tipe lama mereka. Seperti namanya, Orange CR12 adalah sebuah amplifier 12 watt 6 inch, Orange CR20RT adalah sebuah amplifier 20 watt 8 inch dan CR35RT adalah amplifier 35 watt 10 inch. RT sendiri merupakan singkatan dari Reverb dan Tuner, yang hany ada di tipe 20 watt dan 35 watt. Selain itu, perbedaan yang mencolok adalah Orange Crush 35RT memiliki FX Loop.

Ketiga amplifier ini memiliki 4-stage preamp yang membuat amplifier ini memiliki tone yang kompleks dan luas, dan preamp nya sendiri menggunakan low-noise operational amps. Dengan adanya 4 stage gain ini, maka dengan memutar sedikit dari gain knob anda akan mendapatkan sound yang sangat berbeda. APapun jenis musik anda baik itu jazz, blues, country, rock, metal atau apapun juga, maka anda bisa mendapatkan tone yang sesuai dengan volume yang kecil pas untuk ukuran studio / di kamar!

Selain dari channel dirty yang baik, ketiga amplifier Crush ini juga memiliki clean tone yang solid dan anda bisa berpindah pindah dari clean ke dirty dan sebaliknya dengan menggunakan switch ataupun pedal (pedal tidak termasuk, tapi pedal switch universal apapun bisa anda gunakan).

Untuk 3-band EQ sendiri tersedia untuk clean channel, dimana sudah cukup baik dan standar untuk amplifier sekelas ini. Sepertinya Orange cukup percaya diri dengan sound out-of-the-box yang mampu dikeluarkan oleh amplifier Crush series ini sehingga EQ yang diberikan tidak terlalu mempengaruhi sound yang dihasilkan melainkan bisa dibilang hanya fine-tune saja dari sound aslinya. Tentunya ini adalah hal yang sangat tepat untuk target market pada segment ini : Practice! Dimana kita ingin mendapatkan sound yang baik tanpa harus melakukan pengaturan terlalu banyak atau melakukan tone-searching yang memakan waktu. Cukup colokkna gitar, nyalakan amplifier, dan langsung bermain!
Untuk fitur tuner dan reverb sendiri sangat baik dan lebih dari yang diharapkan, dimana suara yang dihasilkan sangat organik dan hangat. Untuk tunernya menggunakan LED-based display sehingga anda bisa melakukan tuning dalam ruangan gelap sekalipun.

Bagi kami, hal yang mengasyikkan pada amplifier ini adalah cabinet simulation output yang tersedia pada headphone out. Pada saat anda melakukan recording di rumah, mendapatkan tone yang baik bisa menjadi hal yang menyebalkan apalagi bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan teknik posisi miking. Nah, Orange sudah menyediakan built-in 4x12 cabinet simulator yang bisa diakses pada port headphone, sehingga bisa anda gunakan pada saat latihan atau recording via line out ke komputer anda. Apabila anda melihat video review dari amplifier ini maka anda akan mendapatkan gambaran betapa menariknya sound yang keluar dari headphone ini saat digunakan untuk direct recording....hampir sama dengan sound yang dihasilkan pada waktu miking langsung ke kabinet! Kedua teknik ini dapat anda gunakan untuk recording dan keduanya bisa menghasilkan sound yang memuaskan.

Fitur terakhir yang akan membuat anda semakin menyukai Orange Crush ini adalah setiap pemilik Crush baru akan mendapatkan free online course Orange Rock Guitar Beginner! Sehingga anda bisa mendapatkan teori penting dan pendidikan dasar dalam bermain gitar. Untuk info lebih lanjut anda bisa langsung mengakses website resmi Orange.
Kesimpulan

Kadang-kadang amplifier solid state sepertinya memang dipandang rendah oleh para gear-heads (julukan/ sebutan bagi mereka yang mengoleksi / mencintai gear-gear mahal atau amplifier mahal dan butik, dalam kasus ini tentunya amplifier tabung yang dimaksud) walaupun sebagina player lainnya lebih memilih solid state dengan berbagai alasan. Namun Orange Crush ini melakukan tugasnya dengan sangat baik, yaitu amplifier yang dapat anda gunakan untuk latihan di kamar / studio ataupun recording, dengan sound yang sangat baik dan harga yang sangat terjangkau! Dibandingkan dengan practice amp lainnya, Orange Crush ini jelas memiliki sound yang jauh lebih baik dan bisa dikatakan sangat baik untuk telinga anda!
Anda sedang mencari Review Orange Amplifier lain? Kami juga memiliki Review untuk Crush series, Terror Series, dan OR / TH Series! Silakan kunjungi link di bawah ini untuk mendapatkan Review dari Produk Orange yang anda cari :

Review Orange Amplifier Jim Root Signature Terror #4 : Amplifier Dahsyat dengan karakter Sound Rockerverb!

Review Orange Amplifier Micro Terror : Amplifier Mini 20 Watt yang mampu Mengangkat Cabinet 4x12!

Review Orange Amplifier Tiny Terror : Amplifier Lunchbox 15 Watt Full Tabung Dengan Spesifikasi Pro Untuk Live Maupun Recording!

Review Orange Amplifier Dark Terror : Amplifier Tabung dengan Super High Gain bagi Anda Pecinta Musik Rock / Metal!

Review Orange OR-15 Pics Only Head : Amplifier Tabung dengan Sound Legendary Orange UK Versi Reissue!

Review Orange Amplifier Crush Pro CR-120C : Amplifier Professional Solid State dengan Sustain dan Drive Khas Tabung!

Review Orange Amplifier Crush 12, 20RT, dan 35RT : Amplifier Kamar / Latihan dengan Sound dan Tone yang Mahal!

Review Orange Amplifier Thunderverb TH-100 : Amplifier Panggung 100 Watt dengan Sound Drive yang Dahsyat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar