Selasa, 01 Maret 2016

Review Line 6 POD HD500X : Guitar Multi Effect dan Amplifier Modelling yang Sangat Cocok Untuk Live Maupun Direct Recording!

Review Line 6 POD HD500X : Guitar Multi Effect dan Amplifier Modelling yang Sangat Cocok Untuk Live Maupun Direct Recording!



Pada awalnya POD HD500 merupakan produk lini atas kebanggan dari Line 6, sebuah produsen efek gitar dan amplifier yang sudah terkenal di kalangan para gitaris) untuk di kelas multi efek, tetapi sekarang mereka sudah berhasil membuat terobosan baru dengan mengeluarkan seri terbaru dari POD HD series yiatu Line 6 POD HD500X dengan perbaikan dibagian DSP dan amplifier modelingnya!

Didalam pemasarannya Line 6 mengatakan bahwa POD HD500X bukanlah sesuatu yang harus anda upgrade juka anda sudah memiliki POD HD500 versi sebelumnya, hal ini dikarenakan mereka memiliki persamaan di dalam bentuk fisiknya, yang membedakan antara POD HD500 dengan POD HD500X adalah improvisasi pada bagian foot switch dan di bagian DSP. Dan sebelum kita lanjutkan pembahasan di dalam review ini, dapat dikatakan bahwa apabila kalian sudah punya Line6 POD HD500, kalian tidak perlu upgrade ke HD500X kecuali kalian mau melakukan eksperimen dengan tambahan DSP yang ada. Namun apabila anda belum memiliki efek gitar dan ampifier modelling ini dan ingin membeli sebuah alat yang bisa diandalkan baik saat live performance maupun recording, Line 6 POD HD500X ini sangat pas untuk anda!

Kemiripan Fitur



Jika kalian sebelumya sudah pernah menggunakan HD500, kalian pasti sudah tidak asing dengan berbagai fitur yang ada di HD500X. HD Amp Modeling merupakan salah satu fitur utama yang menjadi andalan Line 6 POD HD500X ini dengan 29 modeling amplifier gitar ( dengan matching pre amp-nya! ) mulai dari ampli klasik seperti Fender Blackface Deluxe Reverb dan VOX AC 15 , hingga ampli modern seperti Mesa Boogie dan Bogner Ubershall. Dan kalian juga bisa mendapatkan ampli hasil kreasi sendiri dari departemen in-house Line6 seperti Frankenstein Style, yaitu sebuah modelling amplifier yang tiap bagiannya diambil dari berbagai ampli terkenal yang sudah pernah ada . Kalian juga mendapatkan 16 pilihan cabinet, dan 8 microphone untuk dipilih.

Pada seri terbaru ini yaitu POD HD500X juga sudah dilengkapi dengan berbagai efek dari produk seri M , dengan pilihan lebih dari 100 efek. Ini termasuk efek distorsi, pitch shifting, modulasi, delay, filter, wah, reverb, compressor, noise gate, dan EQ. Dan semua efek yang dimuat didalam POD HD500X ini juga dilengkapi dengan parameter sehingga bisa di setting lagi sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

Gambaran umum pada layout pedalboard juga cukup sama dengan model pendahulunya, dengan 12 foot switch yang diataur dalam 2 baris , lalu pedal tambahan pada bagian kanan, screen penunjuk pengaturan dan beberapa knob potensio untuk mengatur settingan anda. Pada model pendahulunya, foot switch sudah cukup oke tetapi sedikit rapuh. Hal ini sudah diperbaiki di seri terbaru dan sekarang menjadi lebih kuat pada POD HD500X ini.

Seperti pada seri pendahulunya, kalian bisa mengatur signal chain efek kalian sesuka hati kalian dan sesuai dengan keinginan! Terdapat 8 blok untuk menaruh settingan efek kalian dan salah satu diantaranya merupakan FX loop dari external efek kalian. Dan kalian bisa menaruh posisi amp kalian baik pre atau post pada routing efek kalian. Kalian juga bisa membuat settingan 2 ampli yang berbeda pada signal path yang berbeda dan dengan pemilihan efek yang spesifik. Luar biasa bukan? Anda bisa melakukan hampir segalanya dengan sebuah pedalboard Line6 POD HD500X ini!

Selain itu kalian juga bisa memasukan 2 efek yang berbeda pada pedal tambahan dengan Toe Switching untuk kedua efek yang kalian sudah pilih.

Terdapat sekitar 512 preset didalam HD500X , dengan 64 preset dalam 8 set list yang tersimpan dalam unit. Dan preset ini merupakan settingan anda yang bisa anda pakai sewaktu- waktu tergantung kebutuhan anda .

Dan Looper merupakan fitur terakhir dari HD500X dengan kemampuan merekam hingga 24 detik di normal mode. Dan 48 detik pada half speed .



Untuk connectivity pada bagian belakang unit terdapat berbagi opsi seperti:

1.      ¼ inchi input

2.      Dua output

3.      Headphone output

4.      ¼ inch dan 3,5 mm stereo aux input

5.      L R Stereo Output

6.      Mic input

7.      Fx send dan 2 return jack

8.      Midi in dan out

9.      USB jack

10.  Dan tempat untuk tembahan pedal

11.  Varix connection

Kesimpulan

Plus  (+) : Perbaikan dari segi amplifier modeling, lebih dari 100 effect baru yang diambil dari produk Line 6 seri M, signal routing yang bisa di pararel, 12 foot switch dan pedal tambahan, perbaikan kualitas di bagian footswitch dan DSP Power.

Minus (-) : Tidak banyak penambahan fitur baru dari seri Line 6 POD HD 500 yang sebelumnya.

Keseluruhan : Line 6 POD HD 500X merupakan multi efek dan amp simulator pedal yang sangat baik , dan POD HD 500X ini melakukan beberapa perbaikan kecil tanpa meninggalkan keunggulan dari seri sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar