Selasa, 01 Maret 2016

Review Orange Amplifier Dark Terror : Amplifier Tabung dengan Super High Gain bagi Anda Pecinta Musik Rock / Metal!

Review Orange Amplifier Dark Terror : Amplifier Tabung dengan Super High Gain bagi Anda Pecinta Musik Rock / Metal!



Sepertinya trend belakangan ini di produsen amplifier untuk gitar adalah mereka berlomba-lomba memproduksi amplifier dengan low-watt / watt kecil. Orange amplifier adalah salah satu pemain amplifier low-watt yang berhasil menonjolkan dan mempopulerkan produknya di atas para pesaingnya dengan Tiny Terror series yang sangat, sangat populer dan diburu oleh banyak gitaris di seluruh dunia (lebih tepatnya, Orange-lah yang mempopulerkan jenis amplifier kecil berukuran lunchbox ini pertama kalinya pada tahun 2006 lalu). Orange Tiny Terror sangat diterima dengan baik oleh pasar karena sound yang dihasilkan sangat genuine - sangat original khas Orange yang amat sangat terkenal dnegan suara overdrive nya yang warm dan penuh dengan tone, dan semua itu bisa anda peroleh pada sebuah amplifier berukuran kecil yang dapat anda bawa-bawa kemana saja.
Setelah sukses dengan Orange Tiny Terror di kalangan gitaris Rock dan Blues, kali ini Orange mengeluarkan produk terbaru mereka dengan target pemain gitar pada band Hard Rock dan Metal! Dengan nama yang cukup mengintimidasi, Orange Dark Terror dibuat berdasarkan basis Orange Tiny Terror namun dengan tambahan gain dan overdrive yang jauh lebih besar, sehingga mampu mengejutkan anda akan seberapa besarnya gain yang bisa anda peroleh dari amplifier sekecil ini!

Brother from Another Mother

Sama seperti Tiny Terror, Orange Dark Terror ini mengambil desain simple untuk menghasilkan sound yang sangat serius! Hanya ada 3 knob kontrol : Gain, Shape, dan Volume yang bisa anda gunakan pada panel depan dari amplifier ini. Orange juga menyediakan 3-way switch seperti Tiny Terror untuk pilihan 7-watt, 15 watt, atau standby. Selain dari effects loop yang sudah disediakan oleh Orange pada amplifier full tabung ini, maka rasanya tidak banyak lagi tombol yang bisa anda utak-atik. Orange Dark Terror ini hanya memiliki 1 channel saja, sehingga tidak ada pilihan channel baik clean ataupun overdrive. Di dalam amplifier ini terdapat sirkuit full tabung yang terdiri dari sepasang EL84 power tube dan sepasang 12AX7 preamp tube. Effect loop dari amplifier Orange Dark Terror ini disediakan memlaui sebuah tabung dedicated 12AT7. Orange Dark Terror ini bisa dibilang adalah sepupu atau saudara dekat dari Orange Tiny Terror dengan tampilan fisik yang lebih gothic dan beberapa variasi dan modifikasi di dalam sirkuit untuk menghasilkan gain yang JAUH lebih besar dari Tiny Terror yang original!
Orange Dark Terror ini bisa dibilang adalah sepupu atau saudara dekat dari Orange Tiny Terror dengan tampilan fisik yang lebih gothic dan beberapa variasi dan modifikasi di dalam sirkuit untuk menghasilkan gain yang JAUH lebih besar dari Tiny Terror yang original!

Welcome to the Terror Dome

Kami sangat kagum dengan bagaimana Orange Dark Terror ini berhasil mendapatkan sound dan toneyang essensial dari Orange Amplifier - terutama pada level distorsi yang tinggi. Dengan gitar Gibson Les Paul 1978 Custom dan kabinet Emperor 4x12, amplifier ini menghasilkan sound distorsi yang sangat mantap! Sound overdrive yang dihasilkan sangat lebar dan ekspansif (ini adalah ciri khas dari amplifier Orange yang membuat mereka terkenal dengan frekuensi low yang sangat masif, frekuensi midrange yang sangat kaya, dan frekuensi High yang sedikit fuzzy). Seketika anda bisa langsung membayangkan tone tebal dari High on Fire’s The Art of Self Defense atau sound dari Celtic Frost Into the Pandemonium—album yang didefinisikan dengan sound yang unik dengan midrange yang menonjol, dimana anda bisa mendapatkan semuanya dengan mudah pada  amplifier Dark Terror ini.
Ratings
Kelebihan:
Sound dan tone khas tabung yang sangat warm dengan gain yang lebih besar dari Tiny Terror. Bagi pemain Modern Rock dan Metal amplifier ini adalah impian anda saat recording / live gig!
Kekurangan:
Kurang Cocok bagi anda yang membutuhkan sound super-clean.
Tone:

Playability:

Build:

Value:


Harga:
Rp 7.442.000,- Pricelist, Rp 5.800.000,- di www.nafirimusic.com
Company
orangeamps.com
Gain yang sangat besar juga bisa menjadi salah satu kekurangan (apabila anda mau beranggapan bahwa itu adalah sebuah kekurangan) ketika anda memutar knob gain terlalu besar. Dengan knob gain pada posisi di atas jam 3, kemungkinan anda harus menurunkan knob shape agar fuzz pada frekuensi tinggi tidak terlalu tajam. Dan dengan demikian, maka anda juga sedikit mengurangi karakter midrange pada amplifier ini dan sedikit tertutup oleh frekuensi high yang lebih menonjol. Dengan mode 15-watt, power amp dari Orange Dark Terror ini sangat mudah terdistorsi sehingg anda perlu melakukan sedikit pengaturan untuk menemukan titik balance dari settingan knob pada amplifier dan attack pada pick gitar anda sehingga anda dapat menemukan sound yang pas untuk melakukan rythm pada gitar tanpa terlalu menonjol.
Apabila anda berharap untuk menghasilkan clean tone yang jernih dan sparkling dari Orange Dark Terror ini, mungkin anda bisa agak sedikit kecewa. Namun anda bisa melakukan satu trik yang sudah umum, yaitu mengurangi volume pada gitar anda dan mensetting knob gain agar tidak terlalu besar, maka anda akan mendapatkan sound clean dengan sangat sedikit crunch dari overdrive yang masih terdengar dan sulit untuk dihilangkan kecuali apabila anda memainkan pick gitar anda dengan lembut. Namun sound yang dihasilkan dengan cara ini sangatlah lular biasa! Anda akan mendapatkan tone yang sangat cool, dan ini membuktikan bahwa amplifier Orange Dark Terror ini sangatlah dinamis dan sensitif terhadap pick attack anda pada level gain yang lebih kecil.



Ketika kami mencoba amplifier ini dengan gitar Washburn Parallaxe (sepertinya ini adalah pilihan yang sangat tepat! Parallaxe Series memang ditujukan bagi pemain Rock dan Metal modern ) dimana pickup yang digunakan adalah Seymour Duncan SH2 dan SH4 serta beberapa menggunakan pickup aktif EMG 85/81 — kami berhasil mendapatkan beberapa tone yang sangat baik untuk musik rythm dari jenis Southern Rock misalnya seperti Skynyrd’s “Gimme Three Steps. Bagaimana dengan sound seperti Avenged Sevenfold / Bullet For My Valentine? Sangat mudah! Sound dinamic dan overtone yang dihasilkan dari Orange Dark Terror ini pada saat anda mengatur posisi gain di tengah dan volume pada posisi low sangatlah impresif dan hampir bisa dibilang lebih impresif dari sound pada saat anda memutar knob gain pada posisi maksimal / fully cranked!




The Verdict / Kesimpulan

Orange’s Dark Terror telah berhasil membangun sesuatu yang sangat signifikan dan merupakan pengembangan yang sangat baik dari Orange Tiny Terror yang memiliki fondasi yang sangat kokoh. Namun, itu bukan keseluruhan dari amplifier ini. Memang dalam clean tone amplifier ini tidak begitu menonjol walaupun cukup baik, namun apabila anda cukup mahir dalam menggunakan volume kontrol pada gitar anda maka anda akan mendapatkan sound low gain dan sedikit overdrive yang sangat menakjubkan. Secara keseluruhan, tone yang dihasilkan sangat classic khas Orange dan sekarang ditambahkan dengan gain yang cukup besar untuk memuaskan anda para gitaris Metal ataupun Hard Rock yang membutuhkan gain yang besar dan tebal. Apabila anda adalah salah satu gitaris yang bermain di dalam genre ini atau Modern Hard Rock, maka anda akan mendapatkan semua yang anda impikan pada Orange Dark Terror ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar