Selasa, 01 Maret 2016

Review Speaker Yamaha DBR12 dan DBR15 : Speaker Aktif Ringan dengan Power 1.000 Watt dan DSP Built In Effect!

Review Speaker Yamaha DBR12 dan DBR15 : Speaker Aktif Ringan dengan Power 1.000 Watt dan DSP Built In Effect!




Speaker Aktif Super Ringan dengan Power Besar
Lini speaker aktif Yamaha kini bertambah lagi dengan Yamaha DBR Series. Kali ini kami dari www.nafirimusic.com akan mereview tipe DBR 12 dan DBR 15 yang merupakan salah satu speaker yang sedang hits saat ini di kalangan pro audio dan sound system di Indonesia! DBR series ini adalah speaker Yamaha yang paling ringan dan portable sehingga mudah dipindah-pindah tanpa repot dan merupakan turunan langsung dari seri DSR dan DXR yang memang sudah diakui ketangguhannya dan kualitasnya, sehingga anda dipastikan akan mendapatkan sound dengan resolusi tinggi di situasi apapun.Yamaha DBR 15 ini dilengkapi fitur 15" LF driver dan 1.4" ferrite HF driver dengan a 1" throat. Perbedaannya dengan DBR 12 hanya pada diameter LF nya saja, dimana DBR 12 memilki 12" LF Driver. Hasilnya adalah sebuah power besar dengan tenaga 1000W Class D amplifier dan sangat keras dan loud dengan berat yang hanya 42lbs saja! Kabinetnya sendiri di desain untuk kemudahan dibawa-bawa dan sound yang dihasilkan murni sound trademark dari Yamaha. Sebenarnya masih ada lagi satu keluarga dari seri DBR, yaitu DBR 10 namun untuk tipe ini www.nafirimusic.com akan membahasnya pada artikel lain karena power yang dimiliki oleh DBR 10 berbeda yaitu hanya 700 watt saja.

Apa saja fitur yang menjadi keunggulan dari Yamaha Speaker Aktif DBR 12 dan DBR 15 ini? Berikut kami dari www.nafirimusic.com akan membahasnya satu per satu.

1000W Class-D Amplifiers yang Sangat Efisien
Yamaha DBR 12 dan DBR 15 memiliki berat yang sangat ringan dan didukung oleh performa tinggi dari Class-D amplifier menghasilkan 1000W power dan SPL sebesar 132dB, yang membuat karakter sound yang dihasilkan sangat jernih dan dinamis.

Custom Designed Transducer
Didukung oleh high power output woofers sehingga menghasilkan sound bass yang sangat well-defined dan powerful dengan distorsi yang sangat minim, dan 1.4" precision compression driver mampu menghasilkan mid-range dan high frequency yang sangat akurat.

Kabinet yang Tangguh dan Portable
DBR Series speakers baik DBR 10, DBR 12, maupun DBR 15 memiliki plastic kabinet yang sangat kompak, ringan, dan tahan banting dan menawarkan anda tingkat tertinggi dari portabilitas dibandingkan dengan speker Yamaha lainnya. Grill besi di depan melindungi seluruh internal componentdan sebuah ergonomic handle dengan desain modern yang  membuat anda sangat mudah dalam memindahkan dan melakukan setup terhadap live performance.



Onboard 2-Channel Mixer yang Sangat Mudah Digunakan
DBR Series speaker juga memiliki dua buah input channel. CH1 memiliki input combo jack yang dapat anda koneksikan dengan XLR dan TRS Phone sehingga anda bisa memilih Mic atau Line level untuk input signalnya. CH2 memiliki dua pilihan input ; combo jack yang dapat anda koneksikan ke XLR atau TRS Phone, dan sebuah RCA pin jack untuk input CD player atau stereo line-level lainnya. Fitur onboard mixer juga memungkinkan anda untuk memilih antara CH1+2 MIX atau MIX signal CH1 dan CH2, atau CH1 THRU untuk meneruskan signal hanya dari CH1 saja.

Desain Casing yang Fleksibel Untuk Floor Monitoring
Seluruh DBR Series speaker memiliki fitur 50° angle sudut untuk keperluan floor monitoring. Khususnya untuk tipe Yamaha DBR12 and DBR15 memiliki fitur symmetrical shape yang memungkinkan anda dengan mudah melakukan a mirror-mode floor monitoring system baik pada symmetrical atau stereo sound field setup.

Rigging Point Untuk Aplikasi dan Istalasi
DBR loudspeaker sudah dilengkapi dengan M8 rigging threads, sehingga anda bisa melakukan aplikasi rigging dengan optional speaker bracket atau baut standar.



Kesimpulan
Jika anda membaca artikel ini, kami dari Nafiri Music yakin bahwa anda sudah sangat paham akan merek-merek lain yang tersedia sebagai alternatif atau kompetitor dari Yamaha DBR ini, dimana speaker aktif portable dengan kabinet plastik dengan ukuran 12 dan 15 inch memang memiliki pangsa pasar terbesar dan banyak merek yang tersedia termasuk JBL Eon Series, Samson D412 dan D415 Series, Beta3 U15A, Huper QA15A / AK15A / HA15400, RCF Art speakers, Mackie SRM dan Thump line-up, atau EV ZLX range dan Behringer Eurolives. Bagaimana Speaker Yamaha DBR Series ini sendiri dibandingkan kompetitornya?

Setelah kami menilai dan membandingkan beberapa jenis merk speaker aktif tersebut, kami dari www.nafirimusic.com mengambil kesimpulan bahwa Yamaha DBR 12 dan DBR 15 ini sangat baik dari segi value, dimana fitur yang ditawarkan dan spesifikasi yang diberikan sangat baik apabila dibandingkan dengan harganya. JBL Eon menurut kami terlalu mahal dan nama besar Harman Kardon serta JBL masih belum bisa menandingi Yamaha DBR 12 dan DBR 15 ini. Begitu pula dengan EV ZLX serta Mackie SRM yang harganya juga lebih mahal dibandingkan Yamaha DBR ini. Mackie Thump menjadi pesaing terdekat dari segi harga, namun fitur yang ditawarkan jelas masih di bawah seri Yamaha DBR. Untuk speaker Beta3 U15A, Samson D412 dan D415 serta Huper QA15A/ AK15/ HA15400 juga sama fitur dan spesifikasinya masih di bawah Yamaha DBR ini namun sebanding dengan harganya yang memang lebih murah. Sedangkan Behringer Eurolive menurut kami dari www.nafirimusic.com memiliki kualitas yang paling bawah dibandingkan dengan yang lainnya. Kesimpulan akhir kami dari Nafiri Music adalah : Speaker Yamaha DBR 12 dan DBR 15 ini boleh dikatakan menjadi juara pada kelasnya!

4 komentar:

  1. Siiip bosss...
    Di asia pro sound sumarecon bekasi ada unitnya gak mau tessting reviuwnya.

    BalasHapus
  2. Pake Yamaha DXS 15 aja bro dijamin ajibbb,saya dirumah pake DBR15 sub nya pake DSR118W,suaranya kelassss banget.mantappss

    BalasHapus
  3. kalau ada kerusakan pada komponen power apakah bs di perbaiki.krna kbykan speaker aktif yg mgunakan power supply switching tidak bs di perbaiki. trima kasih pak

    BalasHapus