Selasa, 01 Maret 2016

Review Orange Amplifier Micro Terror : Amplifier Mini 20 Watt yang mampu Mengangkat Cabinet 4x12!

Review Orange Amplifier Micro Terror : Amplifier Mini 20 Watt yang mampu Mengangkat Cabinet 4x12!



Kebanyakan dari amplifier gitar pertama kita atau amplifier yang kita gunakan untuk latihan di kamar atau di rumah adalah amplifier dengan kualitas buruk yang tidak bagus dan biasanya berbentuk amplifier combo solid state dengan ukuran 6-10 inch. Amplifier murahan ini biasanya menemani kita saat awal-awal kita bermain gitar dan pada waktu kita sedang mempelajari trik trik dan permainan gitar elektrik. Namun setiap kali kita membayangkan guitar hero kita berdiri di panggung dengan amplifier tabung full stack bernilai puluhan juta rasanya amplifier kamar kita terasa begitu kecil dan mengecewakan.
Pada jaman ini, practice amps atau amplifier untuk latihan modern terasa tidak memiliki banyak fitur yang wah / keren, apalagi sejak teknologi solid state menjadi standar sebagai amplifier yang murah dan cukup terjangkau dibandingkan dengan teknologi tabung pada masa lalu. Namun, ORANGE Amplifiers akan segera mengubah pandangan anda dengan hadirnya Micro Terror - sebuah ampifier 20 Watt hybrid Tabung / Solid State mini stack (Head Cabinet) yang menonjolkan sound khusus ORANGE dan tone ORANGE yang membuat produsen amplifier ini terkenal di seluruh dunia!



Orange Micro Terror size comparison dengan Iphone : Sangat kecil tapi powerful!

Tiny Monsters!

Orange Micro Terror ini adalah, sejujurnya, sangat mengagumkan dengan ukuran yang sangat kecil (panjang 5,3 inch dan lebar 6,5 inch saja!) Amplifier ini terlihat sangat mirip dengan Orange Tiny Terror - lengkap dengan Pictograph control Panel dan gambar-gambarnya dan skema warna classic khas orange, namun dengan ukuran yang hanya setengahnya saja!
Amplifier ini dibuat dengan casing yang sangat kuat (full-metal) dan tutup atas yang bisa dibuka diman anda bisa melihat keseluruhan sirkuit dari amplifier analog ini. Suaranya yang ternayat AMAT SANGAT keras dengan power 20 Watt ini diperoleh dari power amp solid state dan preamp tabung 12AX7 untuk mendapatkan tone yang hangat dan responsif. Proses penggantian tabung juga sangatlah mudah : Lepaskan baut pada tutup casing atas dari soketnya, itu saja! Dan karena amplifier ini didesain untuk dibawa-bawa dan sangat portable, maka amplifier ini juga dilengkapi dengan satu set kabel power sesuai standar.
Suara Single Note pada Gain Overdrive sangat tebal dan jelas, dan juga memiliki karakter tone dan attack yang bright tetapi bulat yang sudah menjadi trademark dari Orange amps.
Sesuai dengan ukurannya, Orange Micro Terror ini memiliki control set yang terbatas namun sangta berguna : Volume, TOne, dan Gain knob yang memberikan anda keleluasaan untuk mendapatkan sound clean hingga distorsi yang tebal!
Satu input Aux 1/8" jack dapat anda hubungkan dengan sumbe eksternal seperti ipod atau stereo.
Orange juga mendesain cabinet ukuran 1x8" dengan speaker yang dibuat khusus agar anda bisa mendapatkan sound yang terbaik dan maksimal dari MIcro Terror Head ini. Namun jangan salah, apabila anda merasa cabinet 1x8" terlalu kecil, maka anda bisa menggunakan cabinet 1x12" atau 2x12" atau 4x12" sekalipun untuk mendapatkan tone yang lebih besar! Untuk latihan di malam hari, Orange sudah menyediakan 1/4" headphone jack yang juga akan menonkatifkan output 4Ohm speaker output apabila anda menggunakan headphone ini.

Micro Machine!

Orange Micro Terror kecil ini mungkin kelihatan seperti barang miniatur pajangan, namun jangan tertipu oleh penampilannya - ampli ini memiliki Punch, Attack, dan Superb Tone di dalamnya! Ampli ini sudah jelas bukan ampli latihan yang biasa anda gunakan untuk latihan di kamar dengan tone super tipis dan respons yang sangat kaku.
Ratings
Kelebihan:
Casing dan Body yang solid dan sangat kuat. Sound dan tone sangat mendekati Tiny Terror. Tidak mahal dengan harga sangat terjangkau dan terlihat sangat keren.
Kekurangan:
Volume kurang besar apabila anda bermain dengan drummer yang bermain sangat kencang.
Tone:

Playability:

Build:

Value:


Harga:
Rp 2.000.000,- Pricelist, Rp 1.750.000,- di www.nafirimusic.com
Company
orangeamps.com
Saat dicoba dengan gitar Les Paul, Orange Micro Terror ini memiliki banyak persamaan karakter dengan kakaknya, yaitu Orange Tiny Terror. Saat digunakan untuk lead dengan overdrive, setiap not terdengar sangat jelas dengan clarity yang baik dan suara tone yang tebal khas orange amplifier. Gain yang dimiliki oleh amplifier ini juga sangat cukup untuk aplikasi jenis musik apapun, dan anda bisa bermain mulai dari classic rock rythm hingga sound screaming lead atau distorsi metal tergantung pada seberapa banyak anda menggunakan knob Gain yang disediakan. Pada settingan yang paling besar, amplifier Micro Terror ini memiliki volume yang lebih dari cukup untuk membangunkan teman anda di ruangan sebelah, walaupun mungkin masih kurang apabila anda gunakan untuk bermain atau jamming dengan drummer yang memiliki permainan yang sangat keras. Pada dasarnya, apabila anda menggunakan gain besar dengan kombinasi cabinet 4x12" maka anda akan mendapatkan sound yang sangat lebar dan tebal, tambahan midrange yang sangat baik yang dapat anda gunakan untuk bermain palm-muted riff ataupun clean leads,
Karena amplifier Micro Terror ini hanya memiliki satu channel, maka merubah tone dari clean menjadi distorsi / overdrive kita dapat menggunakan cara lama / old school yaitu dengan cara memutar knob gain, dimana ini mungkin bisa menyulitkan anda apabila anda sudah terbiasa menggunakan switch atau pedal untuk merubah channel clean ke dirty. Apabila anda mengurangi gain terlalu banyak untuk mendapatkan sound clean juga bisa menghilangkan karakter dari amplifier ini. Untungnya, Orange Micro Terror sangat sensitif pada penggunaan knob volume di gitar, dan dengan mengurangi volume pada gitar anda secara konsisten menghasilkan hasil yang sangat luar biasa yaitu sound clean tanpa mengurangi ketebalan tone. Faktanya, clean tone yang dihasilkan sangatlah jernih dan bening untuk sebuah ukuran amplifier kecil seperti ini, terutama apabila anda menggunakan gitar model stratocaster dengan posisi knob volume di separuh dan posisi pickup di neck, dan settingan volume amplifier pada posisi jam 1.


Orange Micro Terror dengan Cabinet Marshall 4x12 inch! NO PROBLEM!

Kesimpulan
Apabila anda adalah seorang fans dari produk ORANGE, maka amplifier Orange Micro Terror ini sangat masuk akal untuk dijadikan salah satu tambahan koleksi amplifier anda dengan bentuknya yang sangat menarik, namun faktor utamanya adalah tone yang dihasilkan dan harga yang sangat terjangkau yang menjadi poin kelebihan utama dari amplifier ini. Hanya sedikit amplifier di luar sana yang memiliki kemampuan seperti ini dalam hal tone, build quality, dan fun dengan price tag / harga seperti Micro Terror!

Namun Orange Micro Terror ini juga dapat digunakan di studio dimana anda membutuhkan tone yang tebal namun dengan volume yang tidak terlalu besar. Pada intinya, Orange Micro Terror ini adalah practice amp / amplifier yang dapat anda gunakan untuk latihan namun dilengkapi dengan tone dan sound yang sangat luar biasa baiknya dan harga yang sangat amat terjangkau sehingga siapapun bisa memilikinya!
Anda sedang mencari Review Orange Amplifier lain? Kami juga memiliki Review untuk Crush series, Terror Series, dan OR / TH Series! Silakan kunjungi link di bawah ini untuk mendapatkan Review dari Produk Orange yang anda cari :

Review Orange Amplifier Jim Root Signature Terror #4 : Amplifier Dahsyat dengan karakter Sound Rockerverb!

Review Orange Amplifier Micro Terror : Amplifier Mini 20 Watt yang mampu Mengangkat Cabinet 4x12!

Review Orange Amplifier Tiny Terror : Amplifier Lunchbox 15 Watt Full Tabung Dengan Spesifikasi Pro Untuk Live Maupun Recording!
 

Review Orange Amplifier Dark Terror : Amplifier Tabung dengan Super High Gain bagi Anda Pecinta Musik Rock / Metal!

Review Orange OR-15 Pics Only Head : Amplifier Tabung dengan Sound Legendary Orange UK Versi Reissue!

Review Orange Amplifier Crush Pro CR-120C : Amplifier Professional Solid State dengan Sustain dan Drive Khas Tabung!

Review Orange Amplifier Crush 12, 20RT, dan 35RT : Amplifier Kamar / Latihan dengan Sound dan Tone yang Mahal!

Review Orange Amplifier Thunderverb TH-100 : Amplifier Panggung 100 Watt dengan Sound Drive yang Dahsyat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar