Selasa, 01 Maret 2016

Review Orange Amplifier Tiny Terror : Amplifier Lunchbox 15 Watt Full Tabung Dengan Spesifikasi Pro Untuk Live Maupun Recording!

Review Orange Amplifier Tiny Terror : Amplifier Lunchbox 15 Watt Full Tabung Dengan Spesifikasi Pro Untuk Live Maupun Recording!

Banyak sekali musisi dan gitaris di seluruh dunia yang berpendapat bahwa ukuran dan size kecil dari head amplifier dan cabinet dari Orange Tiny Terror yang bisa dibawa-bawa untuk tour keliling di beberapa kota ataupun negara tanpa perlu adanya bantuan crew / roadies sangat brilian sekali. Bayangkan, anda memiliki sebuah amplifier head dari Orange yang mampu memunculkan semua karakter dan tone khas dari Orange yang sudah mendunia itu, dan anda bisa memasukkan amplifier head ini ke dalam sebuah gig bag berukuran tidak lebih besar dari tas kamera yang biasanya hanya muat diisi oleh sebuah kamera SLR dan beberapa roll film.

Ini bukan pertama kalinya Orange bermain di amplifier dengan watt kecil. Pada tahun 1990-an, Orange sudah memiliki 1x10 inch dan 1x12 inch AD15, yaitu sebuah amplifier combo 15 watt yang dilanjutkan dengan limited edition AD5, sebuah 5-watt hand-wired combo tabung yang kini sudah menjadi collector item. Namun sekarang, untuk pertama kalinya Orange ampilifer dengan teknologi tabung diproduksi bukan di UK namun di China, dengan supervisi langsung dari Orange Amplifier dan didesain 100% oleh Orange UK untuk memastikan kualitasnya sama persis dengan Orange made in UK!

Saat anda membuka packing dari Orange Tiny Terror, anda akan menemukan sebuah gigbag berwarna hitam yang elegan dengan busa yang tebal dengan strap pundak dan Orange logo yang besar. Kantong tambahan di depan menyediakan tempat bagi kabel-kabel dan aksesoris lainnya, dan ketika anda membuka resleting atas maka anda akan menemukan sebuah amplifier dengan casing besi Full Metal yang kokoh dan mewah dan handle Chrome berupa roll-bars. Itulah amplifier Orange Tiny Terror yang sudah menjadi legenda dan menjadi buruan para gitaris pecinta amplifier tabung!

Dengan finishing berupa cat powder coating, casing alumunium nya terlihat sangat kokoh namun tetap menampilkan kesan retro-futuristik hi-fi, dengan 4 buah tabung yang anda bisa lihat dari sela-sela grill, memberikan keyakinan penuh kepada anda bahwa amplifier ini bukanlah amplifier hanya untuk main-main / latihan di kamar yang murahan, tetapi sebuah amplifier PRO dengan size mini seukuran kotak makan / lunchbox. Luar biasa!

Contoh aplikasi Orange Tiny Terror Head dengan Dual Stack Cabinet

Di dalam casing anda dapat menemukan sebuah tabung EL84-based circuit yang juga digunakan pada Orange AD series amplifier pada  dekade 1990-an. Orange Tiny Terror menyediakan sepasang tabung EL84 pada output section, sedangkan preampnya menggunakan sepasang tabung ECC83. Dengan memproduksi amplifier ini di China maka Orange yang terkenal sebagai produsen amplifier yang tergolong butik / mahal mampu menekan biaya,namun jangan salah sepanjang pengamatan kami dan para reviewer lainnya, sama sekali tidak ada pengurangan kualitas; semua terasa begitu persis dan mirip sekali dengan amplifier tabung Orange made in UK!
Knob volume, tone dan gain dapat diputar dengan sangat lembut, dan sebuah switch three-position dapat anda gunakan untuk memastikan amplifier anda dalam posisi off, standby atau on dan materialnya pun sangat baik. Sebuah switch kedua, two-position toggle dapat anda gunakan untuk memilih power dari 15 dan 7 watt, mengurangi voltase pada pentode, sedangkan 15 watt full maka amplifier ini akan menggunakan tabung EL84 menjadi sebuah triode atau konfigurasi single-ended. Pada panel belakang, tiga buah 6.4mm speaker outputsdapat anda gunakan untuk mengkoneksikan sebuha 16- atau 8-ohm cabinet, atau sepasang 8-ohm cabinet apabila anda menginginkan double stack untuk suara yang lebih tebal.
Saat melakukan review ini kami juga menggunakan sebuah cabinet dari Orange yang kami sambungkan ke Head amplifier Tiny Terror, dimana cabinet ini juga made in China dan berukuran 1 x 12 inch.
Orange Tiny Terror memiliki semua tonal quality dan identitas dari kakaknya yang lebih besar (Orange Rockerverb / Thunderverb) dengan ukuran yang kecil sehingga dapat anda bawa kemana saja di dalam bus atau kereta pada saat anda melakukan live gig / latihan / recording session
Saat anda menggunakan mode 7-watt dengan knob volume dibuka dan sedikit gain, sound khas Orange amplifier yang sangat dicintai itu langsung terasa dengan khas! Tonenya hangat dengan sound tabung yang tidak perlu diperdebatkan lagi, seperti Orange AC15 namun ini adalah versi lebih baiknya.
Ratings
Kelebihan:
Sound dan tone khas tabung yang sangat warm. Ukuran yang portable dan mudah dibawa-bawa dengan kualitas Pro untuk live gig maupun studio recording session.
Kekurangan:
Hampir tidak ada!
Tone:

Playability:

Build:

Value:


Harga:
Rp 6.950.000,- Pricelist, Rp 5.250.000,- di www.nafirimusic.com
Company
orangeamps.com
Saat dicoba dengan menggunakan gitar single-coil, sangat mudah untuk mendapatkan sound seperti Jimi Hendrix dengan kedalaman dan harmonic yang kompleks. SIlakan tambahkan sebuah modul reverb dan anda akan langsung mendapatkan sound luar biasa dengan instan! Bahkan di dalam mode 7-watt, anda dapat memperoleh headroom yang sangat baik, dengan asumsi anda tidak sedang mengadu keras-kerasan volume dengan gitaris sebelah anda yang menggunakan amplifier head tabung 100-watt.
Apabila anda mempunyai rencana untuk menggunakan amplifier Tiny Terror ini di panggung / live gig, maka silakan gunakan mode 15-watt dan gunakan cabinet yang lebih besar maka anda akan mendapatkan tingkat kekerasan yang ideal untuk monitor stage, terutama apabila anda adalah seorang pemain gitar yang menggunakan teknik bermain clean dengan mengurangi volume pada gitar anda, atau apabila anda tidak menggunakan clean sound sama sekali.
Ingat, bahwa hubungan antara watt dan volume tidaklah linear, dan Amplifier Tiny Terror ini mampu menghasilkan hingga sekitgar 28 watt RMS! Bagi anda gitaris yang membutuhkan channel switching pada saat live session, maka amplifier ini tetap merupakan pilihan yang baik untuk digunakan.

Kelebihan lainnya adalah, Amplifier Tiny Terror ini bisa diterjemahkan sebagai amplifier terbaik untuk studio latihan maupun rekaman. Mengapa? Karena anda dapat menggunakan ukuran cabinet yang berbeda-beda sesuai dengan selera anda, dan apabila anda menggunakan mode 7-watt maka akan mengasilkan tekanan yang lebih rendah sehingga anda dapat menggunakan mic yang lebih sensitif atau mic condenser sekalipun pada saat recording / rekaman! Sejujurnya, amplifier ini sangat luar biasa dan sangat cocok untuk digunakan sebagai amplifier tunggal / satu-satunya amplifier untuk sesi rekaman, terlepas dari genre musik apapun yang anda mainkan.
Semua sound yang dihasilkan baik clean maupun hingga sound metal dan rock adalah sound dengan top quality. Sound yang dihasilkan sangat mirip dengan Orange AD30TC pada beberapa settingan tertentu, Amplifier Orange Tiny Terror ini sangat sempurna didengar di telinga, sebuah gabungan dari karakter British Amp Tube dan tabung EL84 yang sangat adiktif!


Orange Tiny Terror Head Unboxing lengkap dengan Gig Bag dan Kabel

Desainer Orange Adrian Emsley sendiri menyatakan bahwa amplifier ini secara instan dapat menghasilkan tone dari 3 album pertama AC/DC apabila anda mengeset knob volume dan tone di angka 10 and knob gain di angka 5. Dengan instrumen / gitar yang tepat, sound yang dihasilkan sangat dekat dan akrab di telinga kita, seperti kita mendengar rekaman dari album-album classic rock!
Hal yang menakjubkan lainnya adalah, Orange Tiny Terror ini tidak hanya tentang power dan preamp tabung yang mahal yang dapat menghasilkan suara distorsi yang hangat, namun dengan volume kecil pun  anda dapat memperoleh tone yang sangat baik untuk rekaman. Pada mode 7-watt setting anda dapat memperoleh sustain seperti biola di seluruh fretboard dan anda dapat memperoleh suara feedback yang sangat mirip seperti amplifier full stack yang di crank-up, hanya pada Tiny Terror ini anda lebih dapat mengontrol dengan baik dan telinga anda tidak sakit karena desibel suara yang terlalu keras seperti yang digunakan oleh para rocker vintage jaman dahulu.
Orange Tiny Terror memiliki semua tonal quality dan identitas dari kakaknya yang lebih besar (Orange Rockerverb / Thunderverb) dengan ukuran yang kecil sehingga dapat anda bawa kemana saja di dalam bus atau kereta pada saat anda melakukan live gig / latihan / recording session. Dengan harga yang termasuk sangat terjangkau anda dapat memebeli sebuah amplifer tabung Orange dengan performa yang dapat disandingkan dengan amplifier butik lain seperti Mesa Boogie yang harganya berkali-kali lipat!
Terlepas dari harganya yang menurut kami terjangkau untuk amplifier butik dan tabung, sangat sulit untuk menemukan kekurangan dari amplifier Orange Tiny Terror ini. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa dengan hanya tiga kontrol dan power switch yang dapat dirubah watt nya maka amplifier ini sangat terbatas fiturnya. Namun, ketika anda mendengar tone dan sound yang dikeluarkan dari amplifier ini , dari rentang volume yang luas mulai dari studio di kamar yang sunyi hingga suara kencang saat live gig di cafe / pub indoor, maka anda sudah memiliki segala yang anda butuhkan pada amplifier Orange Tiny Terror ini! Yang harus anda lakukan adalah colokkan input gitar elektrik anda dan mulai bermain!
Anda sedang mencari Review Orange Amplifier lain? Kami juga memiliki Review untuk Crush series, Terror Series, dan OR / TH Series! Silakan kunjungi link di bawah ini untuk mendapatkan Review dari Produk Orange yang anda cari :

Review Orange Amplifier Jim Root Signature Terror #4 : Amplifier Dahsyat dengan karakter Sound Rockerverb!

Review Orange Amplifier Micro Terror : Amplifier Mini 20 Watt yang mampu Mengangkat Cabinet 4x12!

Review Orange Amplifier Tiny Terror : Amplifier Lunchbox 15 Watt Full Tabung Dengan Spesifikasi Pro Untuk Live Maupun Recording!

Review Orange Amplifier Dark Terror : Amplifier Tabung dengan Super High Gain bagi Anda Pecinta Musik Rock / Metal!

Review Orange OR-15 Pics Only Head : Amplifier Tabung dengan Sound Legendary Orange UK Versi Reissue!

Review Orange Amplifier Crush Pro CR-120C : Amplifier Professional Solid State dengan Sustain dan Drive Khas Tabung!

Review Orange Amplifier Crush 12, 20RT, dan 35RT : Amplifier Kamar / Latihan dengan Sound dan Tone yang Mahal!

Review Orange Amplifier Thunderverb TH-100 : Amplifier Panggung 100 Watt dengan Sound Drive yang Dahsyat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar