Selasa, 01 Maret 2016

Review Casio CTK-7200 : Keyboard Arranger Canggih Dengan Harga Super Murah!

Review Casio CTK-7200 : Keyboard Arranger Canggih Dengan Harga Super Murah!


Keyboard Casio belakangan ini memang sudah mulai menunjukkan eksistensinya. Awalnya memang mereka agak sulit bersaing dengan Yamaha, Korg, dan Roland, namun seiring dengan munculnya produk-produk baru dan dengan harga yang terjangkau, maka perlahan-lahan Casio sudah mulai mendapatkan tempat di hati para pecinta keyboard arranger. Kali ini kami dari www.nafirimusic.com akan membahas keyboard Casio CTK-7200 yang merupakan keyboard seri tertinggi dari Casio CTK Series.

Keyboard Casio CTK-7200 ini menawarkan fitur yang sangta luas dan powerful dengan harga yang nyaris tidak bisa dipercaya di kalangan keyboard arranger portable. Keyboard ini memiliki 820 tones, 260 preset rhythms, 17 track sequencer, 32 channel mixer, dan kemampuan untuk melakukan audio recording. Musik yang anda ciptakan bisa dengan mudah anda rekam dalam format audio file dan disimpan pada sebuah SDHC card. 9 sliders disediakan bagi anda untuk keleluasaan anda dan keyboard CTK-7200 ini juga menyediakan 50 draw bar organ tones. Tidak perduli apakah anda amatir atau profesional sekalipun, Keyboard Casio CTK-7200 ini akan memudahkan anda dalam menciptakan, mengedit, dan memainkan komposisi anda di rumah, studio, maupun di panggung. Nah fitur-fitur apa saja yang menjadi andalan Casio CTK-7200 ini? Silakan simak di bawah, karena kami dari www.nafirimusic.com sudah mencoba dan menjajal keyboard terbaru dari Casio ini!

Fitur Spesial

Tones yang Variatif Untuk Menginspirasi Musik Anda
Keyboard Casio CTK-7200 ini menyediakan 820 world class tones yang sudah dirapikan dan dipisahkan oleh kategori pada sebuah easy-to-use interface yang baru. Dynamic stereo pianos, vintage electric pianos, strings, drums dan bermacam-macam suara synth dan acoustic instruments dapat anda mainkan dengan jari anda. Setiap dari 820 voices yang tersedia dapat anda edit dengan kontrol penuh terhadap filters, envelopes dan masih banyak parameter lainnya. Untuk ekstra fitur, Casio menyediakan banyak DSP effects yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan tone yang ada sehingga anda dapat lebih kreatif dan bebas dalam mengembangkan imajinasi  dan inspirasi anda.

.
Sliders Galore
Anda tidak mungkin melewatkan fitur yang satu ini, karena sliders ini ditempatkan di panel tengah sehingga sangat mencolok dan mudah dilihat. Cukup tekan tombol Drawbar Organ button dan mulailah bermain. Slider ini memungkinkan anda untuk mengontrol level dari harmonic overtone dan menghasilkan sound organ yang powerful dan kaya. Rotary speaker effects dan percussion control dapat anda akses dengan instan. Sebagai final touch, anda dapat masuk ke dalam edit mode untuk melakukan kustomisasi terhadap key click, overdrive, rotary speeds dan masih banyak lagi sehingga anda bisa mendapatkan ultimate drawbar organ experience! Sebagai catatan saja, kami dari www.nafirimusic.com sudah melakukan perbandingan dengan keyboard lain dan Drawbar Organ ini adalah salah satu fitur yang hanya dimiliki oleh keybard arranger papan atas seperti Yamaha PSR S950 / S970 dan PSR S750 / S770!


Simpan Momen Anda!
Dengan keyboard Casio CTK-7200 terbaru ini, anda dapat menyimpan ide dan kreasi anda sehingga anda tidak lupa. Dilengkapi dengan fitur powerful 17-track sequencer, anda dapat melakukan edit dan tweak terhadap performance anda sehingga anda bisa menghasilkan broadcast ready, professional tracks! Setelah anda selesai melakukan komposisi terhadap masterpiece anda, anda selanjutnya dapat menyimpan lagu tersebut ke dalam sebuah SDHC card. Lebih baik lagi, anda dapat menyimpannya ke dalam format audio recording. Keyboard CTK-7200 ini dapat melakukan mix down secara internal dan menyimpan lagu anda ke SDHC card dalam format audio file. Hal ini memungkinkan anda untuk men-share musik anda ke seluruh dunia. Anda juga bisa menggunakan Casio’s free DATA Manager 6.0 computer software untuk melakukan konversi terhadap musik anda menjadi sebuah .WAV file, sehingga anda bisa melakukan burn lagu-lagu anda ke CD, memainkannya pada music player favorit anda, mengirimkan lagu-lagu ini ke teman atau record producer. Membuat musik dan sharing musik ciptaan anda sendiri tidak akan pernah bisa semudah dan sesimple ini! Fitur ini juga serupa dengan fitur yang dimiliki oleh Yamaha PSR S-series, sebuah poin lebih yang membuat kami dari Nafiri Music terkagum-kagum, karena dengan harga semurah ini Casio mampu membuat keyboard yang sangat berkelas!


Fitur Full Band Untuk Kemudahan Bermain Tunggal Dimana Saja
Ada total sebanyak 260 preset rhythms dengan full accompaniment yang sudah built-in di dalam Casio CTK-7200 ini. Hanya dengan satu tombol, maka anda akan mendapatkan akses penuh terhadap styles baik itu rock, pop, Latin, jazz, country, classical dan masih banyak musik lainnya. Anda bisa memilih dengan sebuah iringan drum saja atau full band dalam kendali anda, sehingga anda dapat memainkan atau menciptakan musik dengan kemudahan yang sangat membantu.
Mix Masterpiece Anda!
Apakah anda bermain live atau di dalam studio, anda memiliki kontrol penuh terhadap mix anda. Front panel sliders menyediakan kontrol dan akses cepat ke volume, pan, effect sends pada setiap channel termasuk MIC dan instrument input.

Anda Bisa Terhubung Ke Mana Saja
Panel belakang dari Keyboard Casio CTK-7200 ini menyediakan 1/4 ” (L/MONO, R) output, MIC dan Instrument input serta sebuah stereo audio in. Ada juga sebuah class-compliant USB MIDI port. Artinya, anda dapat dengan mudah menggunakan favorite computer music application anda tanpa perlu menggunakan driver. Fitur ini juga hampir sama dengan yang dimiliki oleh Yamaha, dan Roland bisa dikatakan ketinggalan jaman apabila dihadapkan dengan fitur Casio ini.
Siap Untuk Digunakan di Panggung!
Keyboard CTK-7200 ini sudah siap untuk anda gunakan di panggung. Anda bisa menciptakan splits, layers atau keduanya secara bersamaan. Anda juga bisa menyimpan kombinasi three tones sebagai sebuah registration sehingga anda dapat melakukan instant recall di panggung. Terdapat 96 registration slot sehingga anda bisa menggunakannya pada saat live, atau anda bisa menyimpan sound tersebut untuk keperluan lain nantinya tanpa perlu mengingat settingan anda. Apabila anda adalah seorang pemain organ tunggal, maka fitur registration ini juga dapat anda gunakan untukmelakukan recall terhadap rhythms dan accompaniments. Keyboard Casio CTK-7200 ini juga memilki fitur piano-style touch- response keyboard sehingga anda bisa mendapatkan pengalaman bermain piano dengan realistis! Kami dari Nafiri Music sendiri sudah mencoba fitur ini dan kami sangat puas dengan fitur yang diberikan Casio ini.
USB MIDI Casio meneruskan tradisi mereka dengan menyediakan “class compliant” USB connectivity pada semua Portable Keyboard mereka. Hal ini memungkinkan Casio Portable Keyboards untuk digunakan bersamaan dengan Sistem operasi Mac atau Windows pada komputer tanpa perlu melakukan download drivers. Class Compliant USB MIDI juga memungkinkan semua Casio Portable Keybard untuk digunakan sebagai  controller pada Apple iPad dengan menggunakan Apple’s Camera Connection Kit.
Nah, setelah melihat kelebihan dari Casio CTK-7200 di atas, dengan harga yang di bawah 4 juta (pada saat artikel ini dibuat), kami dari www.nafirimusic.com mengambil kesimpulan bahwa sepertinya Casio berhasil membuat sebuah keyboard arranger yang dapat dipakai oleh profesional dan pemula dengan harga yang sangat murah!

12 komentar:

  1. Wah benar-benar artikel menarik terutama bagi pemula yang sedang mencari budget keyboard. Terima kasih ulasannya

    BalasHapus
  2. Terima kasih Nafiri Music atas infonya. Belakangan ini saya tertarik dengan keyboard. Saya terus saja mencari informasi tentang keyboard yang harganya di bawah 5 juta. Menurut saya casio ctk 7200 cocok untuk budget saya yang minim. Terima kasih atas review-nya

    BalasHapus
  3. boss bisa pk style dangdut dari usb

    BalasHapus
  4. Bodi Darisi # bisa pake style musik apa saja dr SDHC (memory card ukuran besar atau bisa micro sd dgn adapternya)..format file style casio berbeda dgn format file style keyboard lain..jelas jika anda masukan file style keyboard lain gak akan bisa..utk lebih jelasnya anda bisa tonton video di youtube punya pak candra VW musik, beliau mendemo kan casio ctk 7200 yg sudah beliau edit sedemikian rupa sehingga output audionya tidak kalah dgn keyboard" arranger seharga belasan juta..

    BalasHapus
  5. Boss, ane nyari buat perform sama bikin beats di computer pake DAW, keyboardnya bisa gak di connect ke daw terus fungsinya jadi kayak midi keyboard?

    BalasHapus
  6. Sy punya casio 7200 lcdnya tdk bisa menampulkan.mati tp suara tdk ada masalah.. Pertanyaan saya berapa biaya ganti lcd casio 7200

    BalasHapus
  7. Sy punya casio 7200 lcdnya tdk bisa menampulkan.mati tp suara tdk ada masalah.. Pertanyaan saya berapa biaya ganti lcd casio 7200

    BalasHapus
  8. ada yg jual style midi nya gak untuk 7200 ya

    BalasHapus
  9. Cari song sequenser casio ctk 7000 yang formatnya cms

    BalasHapus
  10. Hanya Casio yang beri apa yg kita mau, dg harga yg terjangkau

    BalasHapus
  11. Sdh bs mp3 dak spt yamaha utk sequnser

    BalasHapus
  12. Mas kalo tahun ini harganya berapa ya kira2? Kalo mas dulu belinya berapaan?

    BalasHapus