Selasa, 01 Maret 2016

Review Digital Piano Yamaha DGX 650 : Tampil Elegan dengan Fungsi Piano dan Keyboard!

Review Digital Piano Yamaha DGX 650 : Tampil Elegan dengan Fungsi Piano dan Keyboard!



Pada review kali ini kami dari www.nafirimusic.com akan mereview sebuah digital piano dari Yamaha yang cukup terkenal dan sudah tidak asing lagi di telinga para pemain piano yaitu : Yamaha DGX 650. Digital piano ini cukup populer dan sering kita lihat di mana-mana. Fitur utama DGX 650 ini adalah kemampuannya dalam mengkombinasikan digital piano dengan keyboard sehingga anda bisa mendapatkan keduanya dengan hanya membeli satu alat saja.

Yamaha DGX 650 memiliki fitur  touch sensitivity dengan empat level dan sound mekasime yang diambil langsung dari Yamaha standard CFIIIS concert grand piano. DGX 650 ini juga memiliki 100 preset song dan sekitar 100 voice dan sudah dilengkapi dengan full dot LCD display. Hal ini menjadikan DGX 650 salah satu crossover antara digital piano dengan keyboard yang cukup baik dan mendapat respons yang positif dari para penggunanya. Pesaing terdekat dari Yamaha DGX 650 ini adalah Casio Privia PX 350 dan penerusnya Privia PX 360 (belum dirilis pada saat artikel ini dibuat), serta Casio CDP-230 yang merupakan salah satu digital piano Casio yang sangat laku karena harganya yang murah dilengkapi dengan teknologi dan fitur berlimpah.



Yamaha DGX 650 juga sudah dilengkapi dengan Sustain pedal / damper resonance membantu anda dalam membuat interaksi dari sound string dan acoustic piano, dan juga sudah memiliki built-in amplifier dan speaker sehingga menghasilkan suara yang jernih. Secara keseluruhan www.nafirimusic.com sangat puas dengan sound yang dihasilkan dan menurut kami suara piano nya juga sangat impresif.

Selain itu, kelebihan lainnya pada Yamaha DGX 650 ini adalah digital piano ini juga sudah memiliki effect dan function dimana di dalamnya termasuk Chorus, Reverb, Split Mode, Layer Mode, Transpose dan hampir 200 style dan accompaniment. Fitur-fitur ini menurut kami dari www.nafirimusic.com sangat membantu dan cukup untuk memenuhi kebutuhan pemain keyboard dan organ tunggal! Sehingga bagi anda yang hobi bermain tunggal tidak akan merasa asing atau kesulitan dengan Yamaha DGX 650 ini. Fitur keyboardnya sendiri tidak sebaik PSR, namun dibuat semirip mungkin sehingga bagi anda para pengguna PSR tidak usah khawatir.

Berikut Technical Specifications dari Yamaha DGX 650 :

Dimensions (WxDxH): 55 x 17.5 x 5.75 inches
Weight: 49.6 lb (22.5 kg)Yamaha DGX650B Digital Piano
Keyboard: 88 Tones
Weighted Keys: Graded Hammer Action
Polyphony: 128 Notes
Touch Sensitivity: 4 Levels
Sound Mechanism: Pure CF Sound Engine
Number of Preset Voices: 147 + 15 Drum and Sound Effect Kits
Number of Preset Songs: 100

Effects:

    Reverb (35 Types)
    Chorus (44 Types)
    Damper Resonance
    Intelligent Acoustic Control

Functions:

    Dual Mode
    Metronome:
    Tempo Range: 5 to 280
    Split Mode
    Layer Mode
    Pitch Bend
    Panel Sustain

Transpose: -12 to 0, 0 to +12

Accompaniment :

    195 Styles
    Fingering: Multi Finger, Full Keyboard, AI Fingered
    Style Recommender
    Smart Chord

Pedals: Damper
Amplifiers: 6W x 6W
Speakers: 2 x 2″ (5 cm), 2 x 4.7″ (12 cm)yamaha dgx 650
Display:

    Full Dot LCD
    320 x 240 dots
    Contrast
    Score Display
    Lyrics Display

USB Recording and Playback

Inputs/Outputs:

    USB to Host
    USB to Device
    Headphone Jack

Fitur Utama dari Yamaha DGX 650 :

Sound Sampling

Yamaha DGX 650 menyediakan sound authentic piano dengan fitur Pure CF sound sampling. Teknik ini menggunakan sound dan file audio yang sebelumnya sudah di record dan diambil dari Yamaha CFIIIS concert grand piano. Hasilnya adalah suara yang sangat dinamis dengan range mulai dari pianissimo hingga fortissimo dan kemampuan untuk menciptakan sound lainnya seperti standard piano yang sudah disebutkan tadi.

LCD Display

Yamaha DGX 650 juga memiliki full dot LCD display untuk membuat menu-menu pada piano ini mudah dalam digunakan. Display tersebut juga memiliki kemampuan untuk menunjukkan scores dan lyrics dimana para player bisa mengikutinya dengan cepat. Pandangan dari Nafiri Music, LCD Display nya cukup jelas dan mudah dipahami.

Smart Chord dan Style Recommender

Smart Chord dapat menciptakan kunci chord dari Pop triads hingga ke jazz styles. Anda bisa mendapatkan kesemuanya itu hanya dengan sentuhan satu buah tombol saja. Cocok bagi anda yang ingin bermain instan tanpa perlu pusing-pusing memilih style. Style Recommender dapat menyarankan anda apa style yang tepat berdasarkan dengan musik apa yang sedang anda mainkan pada saat itu. Anda dapat memainkan style khusus atau hanya simple melodi dimana cukup untuk membuat sebuah playlist!

Touch Sensitivity

Yamaha DGX 650 menyediakan fitur  touch sensitivity hingga 4 level. Hal ini sangat berguna untuk memainkan lagu yang kompleks dan creative expression tergantung bagaimana sang pemain menekan tuts piano tersebut. Fitur ini juga dimiliki oleh Casio dan digital piano lainnya, dan kami dari www.nafirimusic.com sudah melakukan perbandingan dan menurut kami masih lebih baik Casio PX Privia series dibandingkan dengan Yamaha DGX 650 ini, namun apabila dibandingkan dengan Casio CDP 230 tentu lebih bagus Yamaha DGX 650.

Functions

Function yang ada termasuk dual, split dan layer modes untuk memainkan multiple voice pada saat yang bersamaan, kemudian fungsi pitch bend dan transpose untuk shifting pitch dan octave, sebuah damper pedal dan built-in metronome dengan tempo range mulai dari 5 hingga 280 beats per menit.

Pro dan Kontra? Apakah Yamaha DGX 650 ini cukup layak untuk dibeli?

Sebelum www.nafirimusic.com menjawab pertanyaan di atas, mari kita review dahulu sedikit rangkuman dari pembahasan di atas. Seperti banyak produk Yamaha pada umumnya, Yamaha DGX 650 ini menawarkan fitur audio yang sangat realistis. Hal ini dimungkinkan dari pengambilan teknik sampling audio yang sangat canggih. Beberapa user lainnya juga melaporkan bahwa suara yang dihasilkan dan playability nya terasa seperti sebuah piano akustik. Respon dari tutsnya sangat bagus dan dilengkapi dengan hammer action keyboard dan multi-level touch sensitivity.
Selain itu, Yamaha DGX 650 ini juga dapat menyesuaikan dengan pemain dari berbagi tingkatan skill dan level yang berbeda, dimana DGX 650 ini dapat digunakan oleh para profesional untuk pengguna yang serius, seperti recording atau live performance sekalipun.

Namun, walaupun memiliki banyak kelebihan, yamaha DGX 650 ini juga tidak luput dari kekurangan dimana menurut kami dari Nafiri Music digital piano ini memiliki menu interface yang agak sulit digunakan apabila si pemain ingin memilih menu dan bermain pada saat yang bersamaan.

Kesimpulan

Digital Piano Yamaha DGX650 ini menawarkan fitur yang sangat berlimpah baik bagi pemula maupun expert pianist sekalipun. Digital piano ini menghasilkan suara piano yang sangat baik dan dilengkapi dengan weighted keys dan 4-level touch sensitivity.
High-quality digital instrument yang dilengkapi dengan full display along dan dilengkapi dengan automated features untuk membuat proses learning dan composing jauh lebih mudah!
Bagi anda yang sedang mecari digital piano untuk perform live ataupun recording, namun masih tetap memiliki style dan fitur seperti keyboard, maka digital piano Yamaha DGX650 adalah pilihan yang tepat  untuk anda.

2 komentar:

  1. Mau tanya, DGX 650 ini bisa Load Voice and Style dari Flasdish kira kira berapa ya? Thxx

    BalasHapus
  2. Menurut pengalaman bs membaca 100 style dr flashdish

    BalasHapus