Sabtu, 27 Februari 2016

Review Yamaha PSR S670, PSR S770, dan PSR S970 : Tiga Arranger Keyboard dan Organ Tunggal Terbaru Andalan Yamaha! Part III

Review Yamaha PSR S670, PSR S770, dan PSR S970 : Tiga Arranger Keyboard dan Organ Tunggal Terbaru Andalan Yamaha! Part III

Pada artikel ini kami dari www.nafirimusic.com kembali melanjutkan review yang sudah kita post pada artikel sebelumnya, khusus mengenai fitur dan perbandingan dari 3 keyboard terbaru andalan Yamaha yaitu : Yamaha PSR S670, PSR S770, dan PSR S970 : Tiga Arranger Keyboard dan Organ Tunggal Terbaru Andalan Yamaha! Part II

Yamaha PSR S-670

Yamaha PSR S-770



Yamaha PSR S-970

Apabila pada artikel sebelumnya kami telah membahas keyboard Yamaha PSR S670, Yamaha PSR S770 maka kita akan melanjutkan pembahasan pada seri berikutnya yaitu : Yamaha PSR S970. Keyboard ini setelah kami dari www.nafirimusic.com mencobanya, memang sudah mengalami upgrade yang sangat masif dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu PSR S950. Untuk perbedaan atau komparasi antara Yamaha PSR S950 dan Yamaha PSR S970 sudah kita bahas pada artikel ini : Review Yamaha PSR S970 dibandingkan dengan seri sebelumnya PSR S950
Kali ini kita akan membahas perbedaan antara Yamaha PSR S770 dan Yamaha PSR S970. Apa saja perbedaan dari kedua keyboard tersebut? Berikut kita bahas satu per satu :
Berikut fitur utama dari keyboard Yamaha PSR S-770 :

- 830 Voices, termasuk Super Articulation voices dan Organ flutes, 36 Drum/SFX kits, dan 480 XG voices
- 2 Live Controller untuk dynamic real-time control yang dapat di assign ke berbagai kombinasi parameter termasuk di antaranya filter, arpeggio, dan lain sebagainya.
- 360 Style, termasuk all-new DJ style
- Mic/Guitar input untuk digunakan ketika menyanyi atau berkolaborasi dengan performer lain.
- New Arpeggio function untuk instant access ke sebuah library yang berisikan arpeggiated synth phrases dan masih banyak lagi.
- Authentic voice dan style dari berbagai belahan dunia.
- USB audio playback dengan fitur time stretch, pitch shift, dan vocal cancel function

Berikut fitur utama dari keyboard Yamaha PSR S-970 :

- 61-key arranger keyboard yang sangat sempurna untuk live performance dan studio songwriting
- 1,510 voice dan 450 Accompaniment Styles membuat pencarian anda terhadap ideal sound dan backing track sangat mudah! 989 Voice, termasuk Super Articulation Voice, Organ Flutes! Voices. 41 Drum/SFX kits, dan 480 XG voices dan Sudah termasuk 67 Super Articulation!, 23 Mega Voices, 27 Sweet! Voices, 64 Cool! Voices, 71 Live! Voices, 20 Organ Flutes!
- 450 Accompaniment Styles yang sangat variatif, dimana di dalamnya terdapat banyak popular musical genre dan all-new DJ Styles serta 40 recorded Audio Style backing tracks
- Kembangkan library anda dengan 512MB memory kapasitas penyimpanan untuk Voice and Style Expansion Packs serta 128MB untuk tambahan Audio Styles
- Kembangkan sound anda dengan ratusan pilihan effect, termasuk di antaranya Real Distortion, Real Reverb, VCM effects.
- User interface yang sangat mudah dimana PSR S970 ini sudah menggunakan layar 7" widescreen color display, Multi Pad triggers, dan assignable Live Controller knobs.
- Microphone dan guitar input untuk menghidupkan musik anda dengan vocal atau alat musik pengiring lainnya.
- Vocal Harmony 2 dan Vocoder Synth effect untuk merubah dan memberikan effect pada vocal sound anda.
- Audio recording dan 16-track sequencer onboard agar andadapat membuat lagu dan musik setiap saat ketika inspirasi itu muncul.
- Built-in stereo sound system sehingga anda bisa bermain tanpa headphone atau external monitor


Bagaimana kesan anda setelah membaca spesifikasi di atas? Kesan kami dari www.nafirimusic.com adalah....luar biasa! Keyboard Yamaha PSR S970 ini walaupun memiliki bentuk fisik yang sama atau hampir sama dengan Yamaha PSR S770, namun ternyata memiliki fitur yang sangat berbeda! Mungkin ibarat mobil, Yamaha PSR S770 adalah mobil Toyota Camry 2.4 yang memiliki dapur pacu 2.400 cc, sedangkan PSR S970 adalah mobil Toyota Camry 3.0 yang secara eksterior sama, namun memiliki dapur pacu 3.000 cc di dalamnya denga mesin yang sangat berbeda! Bayangkan, jumlah voice dan style yang dimiliki oleh PSR S970 jauh lebih banyak dibandingkan dengan PSR S770. Voice dan style yang dimiliki oleh PSR S970 ini adalah turunan / derivatif langsung dari Tyros 5, sebuah arranger dan workstation dari Yamaha yang paling tinggi dengan harga fantastis : 50 juta Rupiah!


Berikut Fitur utama dari PSR S970 yang tidak dimiliki oleh seri lain adalah :

Real effects

Keyboard Yamaha PSR-S970 memiliki fitur Real Distortion dan Real Reverb effect yang diambil dari flagship Tyros 5, memberikan anda kesan authentic, natural sound yang tidak dapat disaingi oleh keyboard lainnya yang sekelas. Anda bisa dengan mudah menambah dan mengedit effects parameter melalui sebuah interface yang atraktif dan intuitif, yang memberikan anda sebuah feeling seolah-olah anda sedang mengontrol sebuah efek dan amplifier gitar analog konvensional dengan real-time! Amplifier simulator ini sudah mencakup sound-sound dari ampli ternama seperti Roland Jazz Chorus, Marshall JCM, Fender Twin Reverb, Roland Jazz Chorus, Orange, dan lain sebagainya. Bagi anda yang bermain gitar, saat memainkan keyboard ini dengan teknik yang tepat tiada bedanya seperti bermain gitar sungguhan! Kami dari www.nafirimusic.com sudah mencoba sendiri efek-efek gitar ini dan menurut kami ini adalah sebuah inovasi dan terobosan baru di dalam dunia digital effect dan amp simulator. Bayangkan...anda dapat bermain seolah-olah anda adalah seorang gitaris...dan bagi anda gitaris sejati pun bisa langsung mencolokkan gitar anda ke dalam line input dan bermain dengan efek-efek ini!

VCM effects

Keyboard Yamaha PSR-S970 ini memiliki fitur Yamaha's Virtual Circuitry Modeling (VCM) yaotu sebuah teknologi yang bertujuan untuk mensimulasi effect phaser, Wah, compressors pada circuit level. Artinya, semua parameter yang diberikan sangat detail, dan betul-betul menggunakan simulasi sirkuit seperti analog versionnya!

Vocal Harmony II dan Synth Vocoder
bagi kebanyakan orang awam, rasanya / kelihatannya PSR S770 sudah hampir sama dengan PSR S970. Sekarang keduanya sudah sama-sama memiliki mic / line / guitar input. Apakah hal ini betul? Salah...karena keduanya sangat berbeda! Apa yang membedakan? Jawabannya adalah : Penambahan efek vocal harmony II dan Vocoder untuk Synth! Anda suka suara vokal aneh-aneh, suara dua atau suara tiga untuk backing vocal otomatis, atau efek suara seperti DJ? Pilihan pada PSR S970 ini lebih banyak dari seri sebelumnya PSR S950. Sedangkan PSR S770 malah belum memiliki fitur ini. Menurut kami dari www.nafirimusic.com, fitur ini adalah salah satu fitur yang sangat essensial...digabungkan dengan DJ style, anda dapat beraksi seperti DJ pro dengan keyboard ini!

Expansion Memory Hingga 512 MB
PSR S970 ini juga memiliki memori internal...untuk apa? Untuk memasukkan extra voice, style, hingga audio style! Bahkan Memori internal yang dimiliki oleh PSR S970 ini lebih besar dibandingkan dengan PSR S950 (muat hingga 512 MB  untuk S970).
Bagaimana kesimpulannya? Apakah lebih baik membeli PSR S770 karena PSR S970 dengan PSR S770 hampir sama namun harganya terpaut 3 juta rupiah? Statement ini jelas-jelas salah,...karena PSR S970 memiliki segudang kelebihan yang tidak dimiliki oleh PSR S770! Sehingga keputusan ini dikembalikan lagi kepada anda : apakah anda merasa perbedaan harga 3 juta ini terlalu mahal untuk segudang fitur tambahan tersebut. Yang pasti, jumlah style dan voice dari PSR S970 yang jauh lebih banyak dari PSR S770 memang memainkan peranan penting...karena memang prosesor PSR S970 berbeda dengan PSR S770 walaupun secara tampilan fisik sama saja. Apapun pilihan anda, baik itu Yamaha PSR S670, atau PSR S770, atau PSR S970, kami dari www.nafirimusic.com memiliki ketiganya dan anda bisa membeli ketiga keyboard tersebut dengan harga yang sangat murah karena kami adalah dealer resmi untuk produk Yamaha.

1 komentar:

  1. Yamaha Psr S950, S970 buatan Indonesia. Kenapa, style bawaannya nggak ada Style Dangdut? Masih harus instal Yep sampling kendang ?

    BalasHapus