Senin, 29 Februari 2016

Review Mixer Yamaha TF-5 : Mixer Digital dari Yamaha Dengan Harga Terjangkau dan Fitur Berkelas!

Review Mixer Yamaha TF-5 : Mixer Digital dari Yamaha Dengan Harga Terjangkau dan Fitur Berkelas!



Pada kesempatan kali ini kembali kami dari www.nafirimusic.com akan memberikan sebuah review bagi anda, yaitu mixer yang saat ini sedang naik daun dan menjadi trend di kalangan para pecinta pro audio maupun rental yaitu Mixer Digital. Nah, dari beberapa merk mixer digital yang saat ini ada di pasaran, Yamaha boleh dibilang adalah salah satu penguasa pangsa pasar terbesar dengan model terbarunya yaitu Touch Flow Series : Mixer Yamaha TF5!




Bagi yang belum pernah mendengar Mixer Digital Yamaha TF-5 ini, berikut kami lampirkan spesifikasinya dan fitur utamanya :
  • TouchFlow Operation untuk memaksimalkan efisiensi di dalam workflow.
  • 1-knob compression dan EQ sehingga anda bisa mendapatkan sound yang ideal.
  • GainFinder untuk mendukung gain setup yang presisi
  • QuickPro presets sehingga anda bisa mendapatkan akses instan ke pro sound setup yang sudah anda simpan!
  • 2 scene memory banks sehingga anda bisa melakukan set up dan recall setting anda secara instan.
  • 32 D-Pre mic preamps untuk mendapatkan sound yang fenomenal.
  • Onboard effect yang berbasis SPX processor
  • TF StageMix iPad application sehingga anda bisa mengintegrasikan kontrol wireless.
  • TF MonitorMix iOS application sehingga anda bisa memonitor proses secara wireless.
  • 34 x 34 digital record/playback channel melalui slot USB 2.0 + 2 x 2 melalui slot USB storage device.
  • 1 expansion slot untuk NY64-D audio interface card.

Kelebihan Utama dari Mixer Yamaha TF5 32-channel Digital Console :

TouchFlow Operation - Control Flow yang halus dan Natural

Halus dan sudah diperbaharui,mxier Yamaha TF5 32-channel digital console ini sudah menggunakan teknologi TouchFlow Operation yang menyediakan bagi anda kontrol yang simple dan tidak rumit. User interface pada mixer TF5 ini sudah menggunakan touchscreen sehingga anda bisa mendapatkan akses mudah dan langsung dengan layout yang natural serta efisien. Selain itu, anda juga dapat menggunakan fitur physical Touch & Turn knob yang ada persis di samping touchscreen, dengan empat buah User Defined knobs, sehingga anda bisa melakukan fine tuning atau mendapatkan detail ekstra dengan mudah.

1-knob compression and EQ sehingga anda bisa mendapatkan Sound yang ideal

Gain, compressor, and EQ setup menjadi sangat mudah dengan Mixer Yamaha TF-5 ini. Apakah anda adalah seorang soundman untuk live FOH atau soundman di club / cafe atau soundman gereja / masjid / rumah ibadah lainnya, semuanya menjadi sangat mudah dengan  fitur 'simplified 1-knob operation' dimana anda dapat melakukan adjust terhadap compressor dan EQ setting dengan sangat mudah. Dengan memutar sedikit knob, maka anda bisa mendapatkan kompresor untuk membentuk suara gitar yang baik, menambhakna punch ke dalam suara bass, membuat suara snare drum menjadi lebih mengigigit, dan membuat vokasl menjad lebih jernih di dalam hasil mixingan. Selain itu, Yamaha TF5 memiliki EQ yang dapat di fine-tune sehingga anda dapat menghasilkan suara maksimal dengan usaha yang seminim dan se-efisien mungkin. Anda juga bisa menggunakan Vocal Mode untuk mendapatkan suara vokal yang jernih dan terdefinisi dengan baik, dan Intensity mode untuk mendapatkan kontrol simple terhadap EQ. Mixer Yamaha TF-5 juga memiliki fitur GainFinder yang dapat mengoptimisasi setup gain anda sehingga anda bisa mendapatkan kualitas mixingan yang sempurna.

Presets and scenes - shortcut ke Sound yang Anda Inginkan!

Terdapat 48 saluran input channel didalam Yamaha TF5 dan TF3, sedangkan TF1 hanya 40 channel saja, semua saluran itu terdiri dari dua masukan stereo analog atau digital lewat USB dan dua saluran return. Fitur perekaman digital yg handal sampai dengan 34 x 34 saluran perekaman dan pemutaran ulang via koneksi data USB 2.0 dan 2 x 2 bila menggunakan media penyimpanan. Mixer ini juga dilengkapi dengan kemampuan operasi paralel bersama rak in/out performa tinggi. Sistem operasi TouchFlow adalah pendekatan baru kedalam sistem kontrol dari konsol mixer digital yg mengkombinasikan element dari antarmuka pengguna Yamaha yg banyak dikenal dengan sistem panel sentuh / touchscreen yg sangat modern, dimana layar ini menjembatani para soundman untuk merespon kedalam mixing musik dan menjawab permintaan para artis di atas panggung dengan kebebasan dan akses yg sangat cepat!

D-Pre mic preamps dan onboard effects untuk hasil yang fenomenal!

Beberapa fitur dari mixer audio Yamaha TF Series ini juga dirancang untuk berkontribusi terhadap pengaturan yg lebih cepat dan nyaman. Fitur 'kompresi dan EQ satu langkah'  membantu soundman memoles suara yg ideal melalui satu buah kontrol putar pada bagian input untuk menyesuaikan masing masing sumber dibagian output untuk kontrol suara secara keseluruhan. Fitur GainFinder memfasilitasi jumlah gain optimum untuk masing masing sinyal input, sehingga membuat fitur ini ideal untuk mendapatkan suara yg berkualitas secara keseluruhan. Mixer Yamaha TF juga menyediakan beberapa preset saluran input dan output yg diciptakan melalui koperasi dan konsultasi dengan perusahaan pembuat mikrofon raksasa seperti Shure, Sennheiser ,AKG dan Audio Technica, begitu juga dengan para engineer mic lainnya.
Mixer Digital Yamaha Seri TF ini membawa sistem operasi yang canggih dan cepat dan dilengkapi dengan fungsi pengaturan gain yg akurat,kompresi dan EQ satu langkah serta preset karakteristik mikrofon.
TF yg merupakan singkatan dari operasi TouchFlow terdiri dari tiga jenis konsol Mixing audio digital kompak yaitu Yamaha TF5, TF3 dan TF1 yg memiliki fitur utama fader bermotor berjumlah 33, 25, dan 17 buah, bersama dengan masukan sinyal suara analog 32, 24 atau 16 saluran pada bagian panel belakang. Setiap mereka memiliki preamp mikrofon Yamaha D-PRE yg dapat dipanggil ulang / di recall, dimana menurut kami dari www.nafirimusic.com ini merupakan gebrakan perdana didalam keluarga konsol mixer digital Yamaha! keseluruhan sistem memfasilitasi fungsi kinerja sound system profesional pada kedua aplikasi live dan event dimana perubahan pengaturan sistem secara penuh dibutuhkan sambil berjalan. Luar biasa sekali!
Preset input channel dibuat untuk menyediakan framework dari instrumen musik dan vokal, menangani parameter seperti gain, EQ, dinamika dan yg lainnya, sampai ke detail seperti penamaan channel dan warna. Preset output channel termasuk optimasi parameter untuk penggunaan sistem pemantauan in ear dan speaker aktif Yamaha, bersama variasi skema yg cocok dengan berbagai kondisi penggunaan dan situasi ruangan. Ini adalah keuntungan yg sangat membantu pengguna pemula, sementara operator yg berpengalaman juga akan dipuaskan dengan operasi yg cepat dan efisien. Menurut kami dari www.nafirimusic.com, fitur ini adalah salah satu kelebihan utama dari Mixer Digital dibanding Mixer Analog.
Disamping konsol yg canggih,aplikasi perangkat lunak juga menyediakan proses mixing yang dapat dilakukan secara nirkabel / wireless, serta pemantauan pribadi dan persiapan offline dengan konsol mixer Yamaha TF. Yamaha TF Editor, TF StageMix dan aplikasi MonitorMix menawarkan antarmuka pengguna yg memperluas kapabilitas konsol ke perangkat komputasi yg didukung (tergantung OS).
Mixer Yamaha TF juga memiliki fitur pemrosesan suara dan efek yg luar biasa. Seperti tambahan EQ parametrik dan pemrosesan dinamika disetiap saluran,konsol mixer TF menawarkan 8 prosesor canggih untuk digunakan di berbagai rentang kontrol suara yg luas. Dua darinya dapat diakses secara global dan dibekali prosesor Yamaha SPX yg telah menjadi standar insdustri dikedua aplikasi rekaman digital dan sound system profesional. Sedangkan enam sisanya tersedia disaluran master AUX 9/10 – 19/20. Bus AUX 1 – 8 dan saluran output utama dibekali dengan EQ parametrik empat band seperti yg terdapat pada saluran input , ditambah EQ grafis Flex12 31 band.Kesemua model mixer digital Yamaha TF memiliki sisipan kartu untuk kartu ekspansi tambahan NY64-D I/O yg memungkinkan transmisi dan resepsi sinyal audio sampai dengan 128 saluran (64 in/64 out) melalui jaringan audio Dante. Digunakan bersama dengan sistem rak i/o Yamaha Tio1608-D I/O, menghasilkan sistem boks panggung yg multifungsi dan dapat diskala sesuai dengan kebutuhan dilapangan sampai dengan total 48 input.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar