Sabtu, 27 Februari 2016

Review Yamaha Arius YDP V240 : Digital Piano Dengan Fitur Setara Clavinova!


Yamaha Arius YDP V240 Review : Digital Piano Dengan Fitur Setara Clavinova!



Digital piano adalah salah satu alat musik yang sedang trend belakangan ini, menggantikan piano akustik karena selain harganya yang terjangkau, dapat digunakan untuk silent practice. Nah pada kesempatan kali ini kami dari www.nafirimusic.com kan mereview sebuah digital piano Yamaha yang populer dan merupakan tipe tertinggi dari seri Arius: Yamaha Arius YDP-V240! Yamaha Arius YDP V-240 adalah sebuah digital home piano yang memiliki fitur 88-key graded hammer standard-weighted action. Yamaha Arius YDP-V240 menurut kami dari www.nafirimusic.com sangat cocok untuk digunakan baik untuk latihan maupun performance. Yamaha Arius YDP V-240 ini memiliki 3-level AWM (Advanced Wave Memory) keyboard dengan dynamic stereo sampling voices sehingga anda bisa mendapatkan sound piano yang sangat otentik. Anda juga akan mendapatkan fitur accompaniment styles yang sangat bervariasi sehingga anda bisa berlatih maupun bermain dengan seolah-olah diiringi oleh full band.

Yamaha Graded Hammer Standard (GHS) keyboard dengan matte finish pada tuts hitam:

Berdasarakan pengamatan kami dari www.nafirimusic.com, sama seperti traditional acoustic piano pada umumnya, tuts pada nada rendah memiliki berat yang berbeda dengan tuts pada nada tinggi yang lebih ringan. Sensitifitas dari tuts juga dapat anda ruibah untuk menyesuaikan gaya permainan anda. Teknologi graded hammer standard juga memungkinkan piano anda mendapatkan sentuhan otentik pada sebuah instrument yang jauh lebih ringan dari piano akustik biasa. Matte finish pada tuts hitam juga membuat penampilan tuts Yamaha Arius YDP V-240 ini lebih mewah menurut opini kami dari www.nafirimusic.com, walaupun tidak sebaik Casio Celviano AP-650.


Yamaha Advanced Wave Memory (AWM) dynamic stereo sampling:

AWM (Advanced Wave Memory) adalah sebuah sampling system yang mensimulasikan sebuah akustik instrumen dengan menggunakan teknologi digital untuk merekam instrumen tersebut dan menggunakan high-quality, digital filter technology pada audio sample yang direkam. Waveform dari suara acoustic piano berbeda tergantung pada kekuatan jari yang memainkan mulai dari pianissimo hingga fortissimo. AWM dynamic stereo sampling dapat menghasilkan nuansa dinamis dari berbagai style permainan anda. Semakin besar jumlah sample yang digunakan, maka semakin real juga ekspresi yang dihasilkan sesuai dengan instrumen akustik yang direkam. Dari hasil test kami di www.nafirimusic.com, sampling dari Yamaha Arius YDP V-240 ini cukup baik dan memuaskan.

Sound yang Sangat Realistis dan Dinamin:
Yamaha memiliki fitur sound Sweet! and Cool! yang menghasilkan suara yang natural dan dinamis seperti instrumen aslinya.

Yamaha Digital Signal Processor (DSP):
238 tipe DSP effects dapat anda tambahkan ke main dan dual voice. Anda dapat memperoleh efek reverb-like ambience hingga distortion dan beberapa dynamic processing tools yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan sound atau mengubah sound itu sendiri.


Easy song arranger:
Selain default style yang bisa anda gunakan pada setiap song, anda juga dapat memilih style lain dengan menggunakan fitur easy song arranger. Artinya, anda bisa memainkan lagu ballad dengan swing jazz style, hip hop, atau style lainnya.Anda juga bisa menciptakan aransemen yang berbeda dengan mengganti style dari song tersebut. Anda juga bisa mengganti melody voice dari song tertentu dan suara keyboard sehingga anda bisa mendapatkan sebuah image yang betul-betul fresh dan baru. Fitur ini menurut analisa kami dari www.nafirimusic.com juga sudah dimiliki oleh tipe Yamaha DGX-660.

Yamaha Performance Assistant Technology (PAT):
Play along dengan sebuah song pada Yamaha Arius YDP V-240 ini dan anda akan mendapatkan perfect performance walaupun anda memainkan not yang salah! Mainkan tempo yang sesuai dengan musiknya dan anda akan terlihat seperti seorang pro. Sebenarnya fitur ini tidak terlalu berguna, bahkan kami dari www.nafirimusic.com tidak menyarankan anda menggunakan fitur ini karena membuat anda malas berlatih.


Music database ditambah external files:
Apabila anda ingin memainkan musik favorti anda, namun anda belum yakin voice apa yang tepat atau style apa yang harus digunakan untuk tipe musik tersebut, anda bisa memilih judul lagu yang anda pilih pada database dan panel settings akan secara otomatis merekomendasikan kombinasi yang ideal dari voice dan style. Yamaha YDP V-240 ini juga bisa mengakses music database files yang anda transfer dari PC atau anda simpan di dalam USB flash memory device. File tersebut dapat anda gunakan selain dari internal music database yang memang sudah disediakan untuk anda. Sayangnya, fitur ini menurut kami dari www.nafirimusic.com masih terlihat konvensional dan tidak sebaik generasi terbaru dari Casio Privia yang sudah menggunakan touch screen, seperti Privia PX-360 dan Privia PX-560.

USB to device:
Yamaha YDP-V240 juga memiliki fitur USB to device sehingga anda bisa mengkoneksikan  USB memory devices seperti flash drives atau hard drives, sehingga anda bisa melakukan  save atau load registrations dan user songs yang anda buat menggunakan Yamaha YDP V-240 ini, dan juga membaca data dari connected device seperti MIDI files atau style files.


USB to host (for PC or MAC):
Anda bisa memanfaatkan secara maksimal kemajuan dari computer music software dasawarsa ini. Koneksi komputer dan setup sangat mudah digunakan, dan anda bisa memainkan computer-recorded parts dengan suara instrumen yang berbeda, hanya dengan menggunakan YDP V-240 ini.
Anda tertarik dengan digital piano seri Arius dari Yamaha? Kami dari www.nafirimusic.com juga menyediakan review untuk seri digital piano Yamaha lainnya :

Yamaha Arius YDP 142 Review : Digital piano entry level untuk pemula!

Yamaha Arius YDP 162 Review : Digital piano Dengan Rasa Akustik!

Review Yamaha DGX-660 : Portable Digital Piano terbaru dari Yamaha dengan Fitur Terlengkap!

Review Yamaha P-45 : Piano Digital Portable Yamaha dengan Harga Paling Terjangkau!

Atau mungkin Anda berminat dengan digital piano Casio? Kami dari www.nafirimusic.com memiliki review lengkap mengenai seluruh digital piano Casio, temukan pilihan yang tepat untuk anda!

Review Casio Celviano Series :
Review Casio Celviano AP-650 : Digital Piano Clavinova Terbaik dari Casio!
Review Digital Piano Casio Celviano AP-260 : Body Kokoh Dengan Tuts Kayu!
Review Digital Piano Casio Celviano AP-460 : Cocok Untuk Pro dan Pemula dengan sound Mewah!
Review Casio Celviano AP-700 : Digital Piano Premium dengan Sound Akustik Legendaris Carl Bechstein Jerman!

Review Casio Privia Series :
Review Casio Privia PX-160 : Digital Piano Modern Terbaru pengganti PX-150!
Review Digital Piano Casio Privia PX-760 : Digital Piano Terbaru dari Casio Privia Series dengan Sound Lembut Khas Akustik Piano!
Review Casio PX-860 : Digital Piano Kelas Premium Dengan Sound Akustik!
Review Casio Privia PX-360 : Stage Digital Piano Canggih Dengan Touch Screen dan Fitur PX-5S!
Review Casio Privia PX-560 : Digital Stage Piano terbaru Pesaing Roland RD300NX dan RD700NX!
Review Casio Privia PX-5S : Digital Stage Piano seri Tertinggi dan Flagship Casio dengan Spesifikasi Pro!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar