Minggu, 28 Februari 2016

Review Yamaha DGX-660 : Portable Digital Piano terbaru dari Yamaha dengan Fitur Terlengkap!

Review Yamaha DGX-660 : Portable Digital Piano terbaru dari Yamaha dengan Fitur Terlengkap!



Bagi para pengunjung setia Nafiri Music, kali ini kita akan mereview sebuah produk yang merupakan tipe terbaru dari digital piano best seller yamaha, yaitu Yamaha DGX-660! Yamaha DGX-660 adalah Series DGX terbaru yang baru saja diluncurkan awal 2016 di NAMM Show dan merupakan Piano Digital yang dibuat untuk menampilkan berbagai fitur interaktif yang membuat belajar,bermain dan berbagi musik menjadi sebuha pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang. Fitur baru dari Yamaha DGX-660 ini memungkinkan Anda untuk memilih berbagai jenis piano dan pengaturan akustik ruangan untuk menciptakan harmonisasi suara piano yang terbaik sesuai selera anda.
Nah untuk versi terbaru ini pun masih sama dengan versi sebelumnya yaitu DGX-650, ada 2 pilihan warna yang tersedia, yaitu warna putih dan hitam. Digital piano ini di pasar berkompetisi dengan Casio Privia PX-350, Casio Privia PX-360, dan Casio Privia PX-560. Namun tentunya PX-360 dan PX-560 berada pada level yang berbeda mengingat kedua digital piano tersebut sudah semi-stage piano dengan tingkat profesionalisme yang jauh lebih tinggi. Kami dari www.nafirimusic.com juga sangat merekomendasikan kedua tipe digital piano di atas karena sound dan fitur yang dimiliki saat ini tidak ada pada digital piano lainnya. Bagi yang penasaran silakan lihat review kedua digital piano tersebut :

Review Digital Piano PX-360


Review Digital Piano PX-560




Apa saja fitur Utama dari Yamaha DGX-660 ini?

Berikut di bawah ini adalah fitur-fitur unggulan dari Digital Piano Yamaha DGX-660. Kesan kami dari www.nafirimusic.com setelah memainkan dan mencoba digital piano ini adalah adanya kemiripan fitur dengan Yamaha DGX-650 (dengan persamaan fitur hingga mencapai 80-90%) dan ada sedikit peningkatan fitur namun tidak terlalu banyak. Apa saja fitur yang dimiliki oleh DGX-660 ini?

- 88 keys graded hammer
- Full Dot LCD
- 192 poliphony
- 151 + 15 Drum/SFX Kits + 388 XGlite Voices
- 205 preset Styles
- 100 preset songs
- 1,7 Mb Internal Memory
- USB to device and USB to PC / Host
- Aux input + Mic Input

Memiliki Sampling Suara Berkelas dari Seluruh Dunia



Yamaha Piano Sampling adalah pelopor dalam industri piano digital, Teknologi yang terus dikembangkan dari tahun ke tahun yang memberikan Anda kepuasan dan membuat anda seperti menggunakan Grand Piano yang sesungguhnya. Anda dapat mendengar Voice piano yang berkelas dunia yang ada dalam sentuhan jari-jemari anda. Anda dapat memanfaatkan sampling tersebut untuk anda gunakan inilah salah satu nilai plus bagi Yamaha DGX-660 karena memberikan kualitas suara yang luar biasa, murni layaknya Grand Piano dalam Orchestra. Menurut kami dari Nafiri Music, secara sampling suara DGX-660 ini cukup bagus, walaupun masih berada di bawah Casio Privia PX-360 dan PX-560 yang memang merupakan portable grand semi stage dan Privia secara teknologi pun sudah menggunakan touch screen dibandingkan dengan Yamaha DGX yang menggunakan layar monokrom biasa.

Sentuhan Piano Asli dengan 88-note weighted GHS keyboard

Authentic piano touch, 88-note weighted GHS keyboard
The Yamaha Graded Hammer Standard (GHS) keyboard sudah memiliki weighted action dengan touch yang lebih berat pada tuts nada rendah dan touch yanglebih ringan pada tuts nada tinggi, sama seperti hammer yang ada pada sebuah akustik piano. Sangat baik untuk digunakan oleh seorang pianis yang sedang berlatih, apabila anda berlatih pada tuts GHS ini anda bisa mendapatkan tekanan yang tepat pada jari-jemari anda sehingga anda tidak akan kagok ketika nanti memainkan sebuah akustik piano asli.Nah bagaimana GHS ini sendiri apabila dibandingkan dengan Tri-Sensor milik Casio? Menurut analisa kami dari www.nafirimusic.com, Tri-Sensor Casio masih lebih baik dan lebih akurat dibanding dengan GHS yang terdapat pada entry level digital piano Yamaha (Arius YDP series dan DGX).


USB Audio Record And Playback



Yamaha-DGX-660 juga sudah mensupport Playback dan Merekam lagu MIDI yang terkompresi secara otomatis dalam kualitas CD Audio ( WAV ) ke USB flashdisk sehingga anda dapat menyimpan lagu dari Yamaha DGX-660 anda kedalam komputer/laptop bahkan gadget anda atau anda dapat memasukan kedalam Mp3 Portable/Ipod anda, sehingga anda dapat memutar file tersebut dimana  saja dengan mudah. Dari pengamatan kami Nafiri Music sendiri yang sudah cukup lama menjadi dealer penjualan dan bahkan memiliki speasialis digital piano tersendiri, Fitur ini sepertinya sudah menjadi fitur wajib pada sebuah digital piano yang juga memiliki fungsi keyboard (ada pilihan style, song, record, dan sebagainya).


Memilih Style dengan cara yang mudah : Style Reccomender



Fitur terbaru yang disempurnakan di Yamaha DGX 660 ini, adanya sebuah tools baru yang dapat membantu anda untuk menemukan Style dengan cepat untuk memberikan Style yang tepat untuk bagian tertentu pada permainan musik anda, dan fitur ini juga akan menawarkan daftar Style yang cocok untuk musik anda. Fitur ini berguna agar Style yang anda mainkan matching dan cocok dengan jenis permainan musik yang anda mainkan. Fitur Style Reccomender ini sudah ada juga di seri sebelumnya yaitu DGX-650 sehingga menurut kami dari Nafiri Music fitur ini tidak terlalu banyak berubah.


Input AUX IN



Yamaha DGX-660 juga sudah memiliki fitur AUX IN, dimana fitur ini sangat berguna untuk menghubungkan alat pemutar musik anda (ipod, smartphone, dll) dengan Yamaha DGX-660, yang dapat anda dengar di speaker internal Yamaha DGX 660 yang memiliki kualitas lebih kuat dan lebih jelas dibanding Yamaha DGX-650. Dari hasil analisa kami dari www.nafirimusic.com, input AUX-in ini juga sudah menjadi fitur wajib dan juga terdapat pada digital piano Casio yang terbaru yaitu Privia PX-360 dan PX-560.

Input Mic IN!





Fitur baru yang cukup menonjol yang tidak terdapat pada seri sebelumnya dan menjadi andalan adalah Yamaha DGX-660 juga memberikan koneksi microphone input sehingga anda dapat bernyanyi bersamaan pada saat anda bermain piano. Dengan Efek Vokal Digital yang sudah Built-In pada Yamaha DGX-660 ini, anda juga bisa menyimpan settingan efek vokal anda sehingga dapat anda panggil dengan mudah tanpa perlu melakukan pengaturan ulang.

Fitur wireless dengan iOS device

Go wireless with your iOS device
Optional wireless adapters dari Yamaha stream audio dan MIDI to and from iOS device dapat digunakan dengan aplikasi musik yang kompatibel. Chord Tracker app menggunakan teknologi ini secara penuh dimana anda dapat memainkan lagu-lagu dari iOS device library anda secara wireless dengan menggunakan DGX-660 speaker system. Chord Tracker juga menganalisa audio song yang disimpan di iOS device dan menampilkan simbol chordnya sehingga anda bisa memainkan lagu tersebut. Fitur ini juga dapat membaca XF song file dimana anda bisa melakukan playback terhadap seluruh lagu dengan menggunakan DGX-660 accompaniment Styles. Fitur ini menurut kami dari Nafiri Music tidak terlalu signifikan namun bagi mereka yang suka bermain dengan menggunakan aplikasi iOS mungkin bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

8 komentar:

  1. Nafiri music..saya mau tanya benarkah fakta bisa main piano belum tentu bisa main keyboard. Atau sebaliknya bisa main keyboard belum tentu bisa main piano. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, untuk acord Antara piano Dan keyboard Sama Saja..
      Hanya Saja Pada saat main piano kedua Tangan difungsikan.. Na Kalau keyboard biasanya cenderung ke Tangan Kanan...
      Jadi Kalau orang sdh biasa main piano.. Main keyboardnya Gak terlalu Susah.. Sebaliknya Main jika orang sering main keyboard.. Biasanya Tangan kirinya hrs Latin LG...
      Tapi pasti bisa Karena acordnya pd dasarnya Sama..

      Hapus
    2. Menurut saya, untuk acord Antara piano Dan keyboard Sama Saja..
      Hanya Saja Pada saat main piano kedua Tangan difungsikan.. Na Kalau keyboard biasanya cenderung ke Tangan Kanan...
      Jadi Kalau orang sdh biasa main piano.. Main keyboardnya Gak terlalu Susah.. Sebaliknya Main jika orang sering main keyboard.. Biasanya Tangan kirinya hrs Latin LG...
      Tapi pasti bisa Karena acordnya pd dasarnya Sama..

      Hapus
  2. Nafiri music mohon pencerahannya. Lebih bagus mana antara digital piano dgx660 dengan yamaha arius YDP 143? Aku rencana pengen beli salah satu.

    BalasHapus
  3. o when you go to the studio, you just pick the box up and stick it in the car, plug the amplifier in at one end and plug the other end into the recording console -and you're there! Best Digital Piano

    BalasHapus
  4. Malam, klo untuk chord tracker apakah harus menggunakan wireless, atau bisa dengan aux in dari iphone juga? Trims pencerahannya

    BalasHapus
  5. bisa ga nyimpan musik style di dgx 660 kata di seri yamaha keybord psr??

    BalasHapus
  6. I am really thankful to the blog owner for helping us by giving valuable inputs.Good Post! Thank you so much for sharing this pretty post, it was so good to read and useful to improve my knowledge as updated one, keep blogging…Visit here for Casio Privia PX-860 Review.

    BalasHapus