Senin, 29 Februari 2016

Review Yamaha MG06X VS MG16XU : Mixer Terbaru Yamaha Dengan DSP Effect!

Review Yamaha MG06X VS MG16XU : Mixer Terbaru Yamaha Dengan DSP Effect!

Bagi para pengunjung setia www.nafirimusic.com, kali ini kami akan mereview dua buah mixer terbaru dari Yamaha yang sudah sangat terkenal dan merupakan pengganti dari seri CX, yaitu MG06X (pengganti Yamaha MG82CX) dan MG16XU (pengganti yamaha MG166CX). Nah seperti apakah kedua mixer tersebut dan apakah keduanya cukup layak untuk dimiliki? Silakan baca lebih lanjut pada artikel di bawah.

Yamaha MG06X — Mixer Ringkas dan Kompak dengan Sound yang Dahsyat

Apabila anda suka bermain solo, maka anda pasti sangat paham akan betapa rumitnya bermain dengan peralatan yang berat. Anda tidak membutuhkan peralatan sebanyak yang anda butuhkan untuk seluruh band live, anda hanya membutuhkan sedikit input untuk gitar dan keyboard anda. Terutama apabila anda bisa bermain dengan speaker yang sudah disediakan di lokasi maka anda tidak membutuhkan terlalu banyak peralatan. Pada saat seperti inilah Mixer Yamaha MG06X ini mengambil peranan dimana alat ini kecl namun mampu meng-handle semua kebutuhan anda pada saat ada di panggung. Nafiri Music sangat terkesan dengan desain mixer ini yang kecil dan ringan serta mudah dibawa-bawa namun memiliki fitur yang cukup untuk sebuah organ tunggal.
Spesifikasi

Mixer Yamaha MG06X ini memiliki dua buah mono mic/line channel dengan 26dB pad, sebuah high-pass filter pada 80Hz, dan high - low EQ control yang terpisah. Seluruh channelnya sudah dilengkapi dengan Yamaha’s discrete Class-A D-PRE mic preamp dan diikuti dengan teknologi inverted Darlington circuit. Hasilnya? Sound output keluaran dari mixer ini terdengar sangat baik! Mixer ini juga menyediakan phantom power sehingga anda bisa menggunakan favorite condenser mic anda. Yamaha juga menyediakan dua buah stereo line-level channel yang dapat digunakan juga untuk mono. Di dalam mixer ini juga sudah terdapat enam buah built in effects program dengan preset untuk reverb dan delay, XLR balanced output, output untuk headphone, semua dirangkai dengan menggunakan sebuah solid-feeling metal chassis. Yamaha mendapatkan poin yang baik dari kami di Nafiri Music untuk fitur dan konstruksinya yang kokoh untuk mixer kecil dengan harga yang terjangkau ini.
Plug and Play

Mixer Yamaha MG06X ini sangat mudah untuk digunakan dan di set. Yang perlu anda lakukan hanyalah mencolokkan microphone, gitar, atau keyboard kesayangan anda dan anda bisa langsung menggunakannya. Kemudian silakan colokkan headphone atau koneksikan output yang ada ke sepasang speaker eksternal. Anda hanya tinggal perlu menaikkan volume dan anda siap untuk di panggung!

Nafiri Music mencoba fitur phantom power pada Yamaha MG06X ini dengan dynamic dan condenser mic dan keduanya terdenganr sangat baik dan bagus. Untuk EQ section nya sendiri sangat simple namun semua yang anda perlukan ada di sini. High EQ akan memberikan sound jernih kepada suara anda dan Low EQ akan memberikan nuansa tebal pada suara yang dihasilkan. Ketika kami dari Nafiri Music mencoba menggunakan akustik gitar, sound yang dihasilkan sangat jernih dan tebal. Tidak ada clip atau distorsi dalma bentuk apapun. Stereo line channel yang ada sangat mudah digunakan dengan laptop / PC untuk memainkan backing track stereo. Anda hanya perlu sambungan dari Jack kecil 3.5 mm ke 1/4-inch jack dan anda bisa memainkan musik dari sumber manapun dengan mudah!
Untuk effect nya sendiri dari MG06X ini tidak dapat di adjust namun sangat mudah untuk digunakan! Nafiri Music mencoba menggunakan reverb dan delay dan kami langsung mendapatkan efek yang kami mau dengan mudah! Tombol FX RTN knob berfungsi untuk mengatur berapa banyak efek yang ingin anda dengar. Anda akan mendapatkan 3 buah efek reverb dan 3 buah efek delay dan anda hanya perlu mengatur return knob untuk mendapatkan seberapa tebal efek yang anda mau dan hanya itu saja yang perlu anda lakukan! Kami dari Nafiri Music berpendapat bahwa efek ayng ada pada mixer kecil ini cukup baik dan tidak perlu tambahan apa-apa lagi.
Yamaha juga menyediakan XLR balanced output sehingga anda bisa menggunakan mixer ini langsung ke PA system anda atau ke studio monitor maupun speaker aktif anda.
Yamaha MG16XU – Analog Mixing Console yang sangat Fleksibel!

Mixer Yamaha MG16XU ini adalah sebuah mixer 16-channel analog yang memiliki suara sangat baik dan mudah untuk digunakan. Mixer ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan live dengan rigging yang portable atau digunakan permanen pada sebuah club / cafe / gereja / masjid. Console set up nya sangat intuitif dan segalanya sangat mudah untuk ditemukan atau diatur, secara garis besar kami dari Nafiri Music bisa menggunakan seluruh fitur pada mixer ini hanya dalam hitungan menit saja.

Input dan Output

Mixer Yamaha MG16XU ini memiliki 16 channel input dan sama seperti adiknya yaitu Yamaha MG06X, mixer ini sudah dilengkapi dengan Yamaha discrete Class-A D-PRE mic preamps dengan inverted Darlington circuit. Anda bisa menggunakan hingga delapan mono MIC/LINE, dua buah mono/stereo MIC/LINE, dan dua buah LINE. Secara umum mixer ini memiliki channel yang cukup untuk band kecil dengan channel untuk keyboard atau komputer untuk memainkan playback track anda.
Mixer Yamaha MG16XU ini juga memiliki output yang baik, yaitu main balanced stereo out, ditambah empat buah separate group output, dan empat buah AUX send dan return. Mixer ini juga sudah dilengkapi dengan built-in effect sehingga anda bisa menggunakan AUX sebagai monitor send apabila anda ingin. Masing-masing dari delapan buah MIC/LINE input memiliki sebuah 26dB pad, 80Hz high-pass filter, dan a 3-band EQ dengan midrange yang bisa diatur. Dua buah mono/stereo MIC/LINE input memiliki 3-band EQ tanpa sweepable midrange. Nah, fitur yang sangat baik dari Mixer Yamaha MG16XU ini adalah “one knob compressor” knob yang ada pada setiap channeld dari delapan MIC inputnya. Mixer ini juga sudah menyediakan phantom power untuk condenser mic dan sebuah USB 2.0 audio interface dengan 24-bit/192kHz resolution. Sebuah fitur yang sangat baik apabila anda ingin merekam main stereo output anda ke DAW atau apabila anda ingin memainkan musik dari PC anda. Oh ya, kami dari Nafiri Music juga ingin menginformasikan bahwa Yamaha MG16XU ini sudah compatible dengan iOS devices!
Bagaimana dengan Suara yang Dihasilkan Oleh MG16XU ini?

Suara dan sound yang dihasilkan oleh Mixer Yamaha MG16XU ini sangat baik! Kami dari Nafiri Music mencoba dengan menggunakan Mic Shure Beta 58 dan sebuah acoustic guitar yang dicolokkan langsung ke mixer dan kami terkejut mendengar hasilnya dimana sangat mudah sekali untuk mendapatkan sound yang baik hanya dengan menggunakan mixer ini saja! EQ section yang disediakan sangat lebar dan kami mendapatkan tone yang jernih dan hangat pada vokal dan gitar. Fitur sweepable midrange pada mixer ini juga sangat baik. Untuk fitur “one knob compressor” juga menghasilkan tone yang baik untuk vokal dan gitar. Terkahir, kami mencoba dengan menggunakan efek DSP yang disediakan Yamaha diantaranya reverb yang sangat baik dan jernih serta kami juga mencoba efek lainnya seperti tremolo, flanger, dan distortion yang bisa digunakan.  Yamah menyediakan AUX knob untuk onboard effect dengan warna putih sehingga anda tidak akan salah memutar knob atau kesulitan mencari knob ini. Kami dari Nafiri Music juga mencoba dengan
menggunakan iPod dan hasilnya terdengar sangat baik dengan mixer ini!

Kesimpulan
Untuk sebuah mixer kecil, Yamaha MG06X ini sangat berguna dan sangat mudah digunakan terutama bagi pemain solo / tunggal ataupun duet di atas panggung. Apabila anda adalah seorang pembicara dan anda membutuhkan peralatan yang mudah dibawa maka Mixer MG06X ini juga sangat cocok untuk anda. Slogan "Big Things Come In Small Packages" sangat sempurna untuk menggambarkan mixer Yamaha ini.
Untuk Mixer Yamaha MX16XU anda akan mendapatkan sebuah mixer yang sangta fleksibel dan dapat digunakan pada berbagai situasi yang berbeda. Anda bisa menggunakan mixer ini di club / cafe, atau apabila anda adalah seorang musisi yang sering touring maka anda bisa menggunakan mixer ini untuk dibawa-bawa pada setiap kesempatan sehingga anda bisa mendapatkan sound yang anda mau dengan mudah. Anda juga bisa menggunakan mixer ini untuk rehearsal / latihan dan recording via USB dan anda bisa mendapatkan banyak alternatif suara dan sound untuk mendapatkan sound seperti yang anda mau. Kami dari Nafiri Music menjual kedua mixer ini dengan harga yang terjangkau, silakan hubungi sales kami untuk mendapatkan harga terbaik!

1 komentar:

  1. Kalo fx rtn nya mati karna listrik turun trus pas di nyalain fx rtn tidak mau aktif lg . Kira kira apa ya gan solusi urgentnya . Maaf posisi lg main di acara . Mohon bantuannya admin terima kasih.

    BalasHapus