Senin, 29 Februari 2016

Apa Kelebihan Yamaha DBR dibandingkan dengan speaker aktif 10,12, dan 15 inch lainnya?

Apa Kelebihan Yamaha DBR dibandingkan dengan speaker aktif 10,12, dan 15 inch lainnya?





Bagi para pengunjung setia dari www.nafirimusic.com dan para pecinta musik serta pro audio, tentunya pasti sudah tidak asing lagi dengan merk Yamaha. Merk ini boleh dibilang adalah sebuah jaminan mutu untuk kualitas, teknologi, dan after salesnya. Di Indonesia sendiri, Yamaha Music Indonesia adalah sebuah perusahaan yang sangat besar dan dari Yamaha Jepang pun sudah berinvestasi diana mereka membangun 3 buah pabrik di sini sebagai bentuk komitmen jangka panjang.





Kali ini kita akan membahas sebuah tipe speaker aktif yang baru saja dikeluarkan pada tahun lalu yaitu seri Yamaha DBR. Yamaha DBR series ini sendiri adalah bisa dikatakan sebuah lini baru di bawah yamaha DSR Series yang sudah menjadi legenda di dunia rental dan pro audio Indonesia, bahkan di luar negeri sekalipun. Yamaha DBR Series ini menjadi sebuah alternatif pilihan yang lebih terjangkau dan menjadi direct competitor / kompetitor langsung dari lini speaker aktif 10,12, dan 15 inch middle class lainnya, terutama di segmen 15 inch seperti Beta3 U15A, Mackie Thump TH15A, Samson Auro D415, JBL Eon 315, dan Huper AK15A / HA15400 / QA15A. Kami dari Nafiri Music sendiri memang menjual semua tipe speaker di atas dan kami sudah mencoba semuanya satu per satu sehingga kami cukup paham dengan karakter suara masing-masing tipe speaker. Nah, apa saja yang menjadi kelebihan dari Yamaha DBR Series ini dari speaker lainnya seperti yang disebutkan di atas? Berikut ini hasil analisa kami dan penilaian kami :

1. After Sales Service yang terjamin. Garansi resmi dari Yamaha Indonesia - artinya servicenya mudah dengan jaminan after sales yang kuat dari jaringan Yamaha dengan service centernya di Gatot Subroto (Gedung Yamaha). Bandingkan dengan merk lain terutama yang diimport oleh importir / ATPM, maka sparepartnya dan servicenya lebih terbatas dan anda harus menunggu lama apabila terjadi kerusakan. Sedangkan Yamaha DBR tersebut adalah produksi Indonesia yang dieksport ke luar negeri (ke seluruh dunia, ke USA dan ke Eropa!). Artinya ketersediaan sparepart dan sebagainya tentu otomatis lebih mudah, dan Yamaha sendiri juga memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia. Sebagai perbandingan, ada sebuah merk speaker aktif yang cukup terkenal (yang tidak bisa kami sebutkan) dimana ketika terjadi masalah,importirnya sangat lambat dalam melakukan klaim garansi dan perbaikan, bahkan memakan waktu hingga 5 bulan! Dengan alasan bahwa sparepart tidak tersedia.
2. Teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan merk lain yang sekelas. Teknologi Yamaha DSP dengan pilihan monitor / wegdes / FOH sehingga anda bisa mendapatkan settingan yang pas secara instan baik ketika anda gunakan untuk monitor panggung / FOH / Wedges digantung di atas. Teknologi ini khusus di Yamaha dan belum ada pada speaker kompetitor dengan rentang harga yang sama (yaitu di harga sekitar 8-10 jutaan). Tentunya speaker yang dikeluarkan oleh Yamaha sudah melalui proses riset dan QC / Quality Control yang ketat dimana ini adalah salah satu reputasi Yamaha sehingga kita bisa yakin dan tenang kalau produk yang mereka keluarkan selalu berkualitas dan menggunakan teknologi tinggi hasil riset team Yamaha.




3. Fitur dengan Spek Tinggi dan Harga yang sangat pantas! Power besar dan suara mantap dengan 1.000 watt (untuk tipe DBR 15 dan DBR12) class D amplifier dan harganya pun terjangkau dibandingkan dengan speaker aktif kompetitor lain! Mengapa bisa begitu? Apabila kita lihat harga speaker Yamaha DSR ini di website luar negeri, anda akan kaget bahwa harganya jauh lebih mahal dari speaker kompetitor lainnya. Mengapa di sini bisa kami katakan murah? Karena rata-rata produk speaker lainnya adalah Made in China, sehingga tentu harganya lebih tinggi karena ATPM harus mengimpor dari luar negeri, sedangkan Yamaha DBR ini adalah produksi pabrik Yamaha di Indonesia. Namun bagi customer di USA / Negara Eropa lainnya, mereka sama2 harus mengimpor dari Indonesia dan China sehingga harganya jauh lebih mahal Yamaha dibanding merk lain. Dari sini kita bisa menilai, bahwa sesungguhnya harga Yamaha DBR ini seharusnya cukup mahal, namun menjadi murah karena kita sebagai negara produsen. Contoh lain? Keyboard Yamaha PSR S970 di luar negeri dijual seharga Rp 25 juta sedangkan pada saat artikel ini dibuat, pricelist sebelum diskon dari Yamaha Music Indonesia hanya Rp 18 juta! Luar biasa bukan? Tidak heran seluruh keyboard Yamaha menjadi best seller di sini untuk yang memang diproduksi oleh Yamaha Indonesia (PSR S970, PSR S770) karena harganya SANGAT MURAH!




4. Terbukti bandel dan tahan lama. Yamaha DBR Series ini sejak diluncurkan sudah jelas terbukti sering dipakai oleh rental-rental dan venue besar maupun kecil, artinya speaker ini bandel dan kuat dipakai serta mudah dibawa-bawa dan dipindahkan. Respons dari rental pun sangat positif, dan sudah dipakai di banyak cafe, bar, club, organ tunggal.


8 komentar:

  1. Bos mau tanya apa jual mesin nya huper qa15a ya..

    BalasHapus
  2. Untuk control panggung sebaiknya pakai yamaha type apa bosss

    BalasHapus
  3. Bagus mana dengan Mackie thump 15a

    BalasHapus
  4. ya Yamaha memang kualitas tak diragukan lagi di dunia audio

    BalasHapus
  5. Bagus ma na dengan huper Ha 400 bos

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Yamaha is the best..
    Sampai saat ini saya menggunakan Yamaha DBR 15. Suaranya mantap,, flat,, bersih dan sangat bandel.

    BalasHapus