Senin, 23 Mei 2016

Review Yamaha HS-5 : Studio Monitor Dengan Kualitas Premium Namun Harga Terjangkau!

Review Yamaha HS-5 : Studio Monitor Dengan Kualitas Premium Namun Harga Terjangkau!



Yamaha HS5 adalah sebuah studio monitor terbaru keluaran dari merk ternama Yamaha yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pengunjung website Nafiri Music. Kami sebagai dealer resmi dari brand Yamaha tentunya sudah sangat sering membahas produk Yamaha dimana memang brand ini sangat populer di Indonesia. Nah, apakah Yamaha HS-5 ini juga merupakan salah satu produk yang layak dibeli?

Sesuai dengan line up dari seri HS sebelumnya, filosofinya adalah Yamaha ingin memberikan performance yang terbaik dengan ukuran studio speaker yang cukup kecil. Monitor speaker ini bisa menjadi “jack of all trades” di dalam lini HS dimana speaker ini mampu memberikan performance yang baik hampir di semua area, dengan output yang jauh lebih baik dari kompetitornya. Hasilnya adalah clarity dan sound quality yang bisa dibilang setara dengan speaker kelas atas (pada ukuran, penggunaan,dan harga yang setara dibandingkan dengan kompetitornya). Masih penasaran? Anda bisa membaca pembahasan lebih lanjut dari Nafiri Music pada artikel di bawah.
Saat anda membesarkan volume pada studio monitor Yamaha HS-5 ini, maka anda akan menemukan pengalaman baru dan tone serta melodi yang pada umumnya tidak dapat dihasilkan oleh speaker monitor lain pada kelas yang sama! . Yamaha HS-5 ini bukan hanya akan memberikan hasil master mixing dari pekerjaan anda dengan sebaik-baiknya, namun dengan menggunakan speaker ini maka anda bisa meningkatkan hasil pekerjaan dari mixing dan mastering anda dalam skala yang profesional. Yamaha tentunya sudah dikenal menggunakan standar yang sangat ketat di dalam sound quality dan studio monitor selama beberapa tahun belakangan dan tentunya HS5 ini juga menggunakan patokan standar terbaik dari Yamaha.
Dengan harga yang sangat murah (di bawah Rp 4 juta rupiah untuk sepasang speaker!) anda bisa mendapatkan speaker monitor yang sangat layak untuk dibeli. Ini adalah hasil pengalaman kami pribadi dari Nafiri Music setelah kami mencoba memixing beberapa lagu dengan menggunakan speaker Yamaha HS-5 ini.

Yamaha HS5 Key Features



Yamaha HS5 memiliki ukuran dan dimensi lebar 6.7 inch, panjang 11.25 inch dan 8.75 inch tinggi, dengan berat sekitar 6 kg. Ukuran ini membuat monitor HS-5 ini sangat ideal untuk hampir semua lingkungan produksi musik, sehingga anda bisa mendapatkan mobilitas dan fleksibilitas walaupun anda berada pada ruangan yang kecil / sempit, namun anda tetap bisa mendapatkan sound yang powerful dan jernih.
  • Area Control Filters-2dB/4dB low shelving di bawah 500Hz
  • Yamaha triple mitered joint untuk mengeliminasi resonance dengan lebih efektif dibandingkan dengan speaker lain
  • High Trim Filtering-untuk mengkompensasikan room dynamics anda
  • Bobot yang Ringan
  • Ukuran yang kecil dan mudah dibawa-bawa
  • 5 inch Woofer dengan 1 inch bi amplified tweeter
  • 45 watt amplifier untuk woofer/25 watt untuk tweeter
  • Level Control-Continuous dan Variable
Subwoofer dan tweeter pada Yamaha HS-5 ini sudah bi amplified, sehingga hasilnya adalah sound yang sangat powerful dan volume level yang cukup keras sehingga anda bisa menggunakannya bersamaan dengan speaker yang lebih besar sekalipun. Continuous variable level control sudah disediakan sebagai standard feature dan dilengkapi dengan XLR dan TRS connector, dimana anda bisa mendapatkan opsi untuk beberapa pilihan input. Kekurangan dari XLR connector pada HS-5 ini adalah tidak dikunci seperti monitor lain yang berada pada rentang harga yang lebih tinggi. Namun, mengingat harga Yamaha HS5 yang sangat terjangkau, hal ini menurut kami dari Nafiri Music masih bisa diterima.
Yamaha HS5 memiliki Freq. response rate yang di set pada 74Hz – 24Hz with -3dB dan memiliki down points sebesar 10dB, 54Hz-30Hz. Tambahan ekstra subwoofer diperlukan apabila anda hanya menggunakan monitor ini, terutama apabila anda sedang melakukan mixing untuk instrumen bass. Yamaha HS5 memiliki response yang dapat anda perhatikan mulai di cut out ketika frekuensi mulai menyentuh 200Hz, dan kemudian kembali recover pada frekuensi 80Hz, hingga akhirnya mulai menghilang perlahan-lahan.
Dari pengamatan kami di Nafiri Music, Kadang-kadang pada frekuensi 7kHz-10kHz suara vocal agak tenggelam sedikit dan peak dicapai pada frekuensi 650-1300. Peak memiliki tendensi untuk membuat suara vokal menonjol ke depan, namun pada frekuensi 10Hz-16Hz anda bisa mendapatkan aspek yang cukup detail dari hasil mixingan anda.


Built to Deliver

  • Rentang frequency yang lebar sehingga anda bisa mendapatkan resolusi sound yang baik
  • XLR & TRS connections sehingga anda bisa mendapatkan kemudahan dan kenyamanan untuk tambahan hardware ekstra dan pada saat anda bekerja dengan berbagai signal range yang berbeda.
  • Improved technology untuk mengurangi noise yang muncul
  • Design layout yang baru
  • woofer dan tweeter amplifier yang terpisah sehingga anda bisa mendapatkan efficiency dan clarity yang baik.
  • Speaker Yamaha HS-5 ini tidak memiliki isu teknis terkait dengan port design
Model terbaru dari speaker monitor Yamaha ini memiliki rentang frequency yang sudah diperbaiki, dimana hal ini sangat membantu dengan memberikan resolusi sound yang lebih baik. Model yang lebih kecil dari studio monitor Yamaha line sebelumnya memiliki kekurangan pada aspek ini dan perbaikan yang dilakukan pada Yamaha HS5 adalah perubahan yang sangat baik. Speaker Yamaha ini juga menyediakan kenyamanan yang sangat baik saat anda bekerja dengan menggunakan microphone, additional hardware maupun mixer dengan port yang sudah disediakan untuk koneksi XLR/TRS. Tentu saja, hal ini sangat membantu anda ketika anda berusaha untuk menyesuaikan signal balance pada level yang berbeda.
Perubahan teknologi yang diberikan Yamaha pada speaker HS5 ini sangat impresif, dan lebih baik lagi Yamaha tidak menaikkan harga untuk kategori speaker ini sehingga anda bisa mendapatkan perbaikan dari model sebelumnya namun pada rentang harga yang sama! Menurut kami dari Nafiri Music, hal ini membuat speaker ini dapat dijangkau oleh semua kalangan yang ingin lebih serius di dalam music production dan mixing.
Desain dari HS-5 ini sudah mencakup independent amplifiers untuk woofer dan tweeter, sehingga anda bisa mendapatkan additional frequency dan isolated improved performance dari masing-masing speaker. Leboh jauh lagi, speaker HS-5 ini tidak  underpowered dan memiliki spark yang cukup untuk melakukan pekerjaannya dengan sangat baik, sehingga anda tidak perlu mencari eksternal power tambahan.
Yamaha HS5 juga memiliki desain yang baik untuk port design dan mampu mengeliminasi common noise issues yang biasa terjadi. Faktanya, noise reduction pada Yamaha HS5 ini mencapai 6dB, sebuah fitur yang sangat impresif dan sempurna untuk professional level music production.


Does Size & Design Matter?

Ketika kami dari Nafiri Music mencoba speaker ini, maka kami mendapatkan professional quality sound production, dan hal ini tidak ada hubungannya dengan ukuran ataupun design dari monitor ini. Sebagian orang mungkin tertarik dengan ukuran speaker yang besar atau tampilan yang futuristik. Speaker Monitor Yamaha HS5 tidak mengedepankan salah satu dari kedua hal tersebut di atas, namun secara signifikan mampu melakukan outperform dalam hal kualitas dan sound yang jernih! Untuk kelas medium sized speaker pada price category seperti HS-5 ini, maka kami bisa menyimpulkan bahawa HS-5 adalah salah satu yang terbaik di kelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar