Senin, 23 Mei 2016

Review Yamaha DSR118W vs DXS18 : Subwoofer Aktif dari Yamaha dengan Teknologi Canggih untuk Pro!

Review Yamaha DSR118W vs DXS18 : Subwoofer Aktif dari Yamaha dengan Teknologi Canggih untuk Pro!

Bagi para pecinta pro audio baik pengguna maupun rental tentunya sudah tidak asing lagi dengan subwoofer Yamaha yang satu ini : Yamaha DSR118W.  Subwoofer ini sudah banyak kita lihat di mana-mana mulai dari instalasi fix seperti rumah ibadah, ruang aula / hall, indoor dan outdoor, serta sering juga dipakai oleh rental-rental untuk event. Dengan merk Yamaha dan power yang besar serta kekuatan yang tahan banting, tentu saja subwoofer ini banyak menjadi favorit banyak orang. Secara pasar juga terjadi pergeseran dimana yang sebelumnya banyak menggunakan Subwoofer dari Beta3 Sigma dan Huper beralih ke Yamaha DSR ini. Namun pada tahun 2015 lalu, Yamaha meluncurkan sebuah subwoofer baru dengan kelas satu tingkat di atas Yamaha DSR118W yaitu : Subwoofer Yamaha DXS18! Nah Apa saja perbedaan dari keduanya? Kali ini kami dari Nafiri Music sebagai dealer dari pro audio Yamaha akan membahas satu-persatu perbedaan dari DSR118W dan DXS18.

Subwoofer Yamaha DSR118W




Yamaha subwoofer DSR118W powered PA subwoofer menggunakan Class-D power plant dengan kekuatan 800 watt yang digabungkan dengan high-performance 18" speaker. Onboard DSP yang melindungi subwoofer DSR118W ini dari overload, dengan 48-bit sound processing dan premium onboard AD/DA converters sehingga sub Yamaha DSR118W ini dipastikan dapat memberikan maximum punch untuk live sound anda. Speaker yang powerful dan ringan ini dibuat dan memiliki konstruksi kokoh yang memang cocok untuk dipindah-pindahkan, dengan teknologi LINE-X outer coating, 16-gauge steel grille, dan deep-pocket side handles untuk kemudahan dalam mengangkut speaker ini. Speaker subwoofer DSR118W ini sendiri sudah sangat sering kami jual di Nafiri Music, dan merupakan salah satu produk subwoofer yang paling populer.
Berikut fitur dari Subwoofer Yamaha DSR118W Powered 18" PA Subwoofer :
  • Class-D power amp
  • 800 watts
  • 18" LF driver
  • DSP-controlled protection
  • 48-bit sound processing
  • XLR inputs, XLR throughput
  • Deep-pocket side handles
  • Heavy-duty powder-coated 16-gauge steel grille
  • Locking IEC power connector

Subwoofer Yamaha DXS18



Nah, bagaimana dengan subwoofer Yamaha DXS18 yang terbaru?
Berikut kelebihan utama dari Yamaha DXS18 Powered Subwoofer :
  • High-power, Class D amplifier
  • Stellar sound quality
  • Mudah untuk diintegrasikan
High-power, Class D amplifier
Subwoofer Yamaha DXS18 memiliki 800-watt (1020-watt peak power capacity) Class D amplifier. Dengan menggunakan Class D amplifier, Yamaha DXS18 ini masih mudah untuk dipindah-pindahkan karena bobotnya tidak telalu berat.
Stellar sound quality
Yamaha memanfaatkan seluuh teknologi dan inovasi untuk menghasilkan maximum sonic quality dari DXS18 powered subwoofer ini. Misalnya, dengan teknologi Yamaha D-XSUB maka anda bisa meningkatkan frequency response dari DXS18 ketika anda membutuhkan maximum bass impact, dimana fitur ini sangat berguna apabila anda menggunakan sub ini pada ruangan yang besar! Kabinet kayu yang khusus didesain untuk meredam getaran dan noise pada level volume tinggi, sehingga anda bisa mendapatkan kualitas terbaik pada level volume ekstrim sekalipun. Sub Yamaha DXS18 juga memiliki cardioid mode yang bisa secara efektif mengurangi stage-side sound pressure dan pada saat bersamaan meningkatkan low-end output yang diarahkan pada audiens anda. Ini adalah salah satu kelebihan utama menurut kami dari Nafiri Music dimana fitur pro betul-betul disematkan pada subwoofer DXS18 ini.
Easy to integrate
Sangat mudah untuk mengintegrasikan DXS18 powered subwoofer ke DRX / DSR loudspeaker system, atau powered system lainnya. Dual XLR input dapat anda gunakan untuk mengkoneksikan sub ini ke mixer, crossover system, atau main speaker throughputs, dan parallel XLR output membuat anda mudah dalam menambahkan DXS subwoofer lainnya untuk mendapatkan tambahan bass reinforcement.
Fitur dari Yamaha DXS18 Powered Subwoofer :
  • Portable 18" subwoofer with 800-watt power amp (1020-watt peak power capacity)
  • 18" long-throw speaker with a 4" voice coil for superb bass response
  • 32Hz-120Hz frequency range is ideal for small- to medium-sized rooms
  • Built-in D-XSUB processing allows you to extend the frequency response even lower
  • Cardioid mode decreases stage-side sound pressure while increasing low-end output
  • Wooden cabinet is durable and acoustically optimized for maximum sound quality
  • Includes a dual pole socket that accommodates 35mm diameter speaker poles and M20 screws

Kesimpulan
Dari review singkat kedua subwoofer di atas oleh Nafiri Music, kita bisa mendapatkan gambaran akan perbedaan yang cukup jelas dari keduanya dan segmen market yang dituju oleh Yamaha. Walaupun Yamaha DSR118W dan DXS18 sama-sama memiliki power yang sama (800 watt) namun secara fitur ternyata DXS18 cukup jauh di atas DSR118W, sesuai dengan harganya, dimana memang DXS18 menyasar pengguna pro audio kelas atas. Fitur yang membedakan adalah pada DXS18 sudah menggunakan custom-designed transducer, band-pass type enclosure untuk mereduksi distorsi getaran, selectable Crossover untuk menyesuaikan dengan speaker full range, D-XSUB bass processing untuk menambah headroom dan anda bisa menyetel low frequency response sesuai dengan kondisi lapangan, cardioid pattern mode untuk mereduksi sound dari samping dan fokus ke low bass sound yang diarahkan ke penonton, serta desain yang diriset hasil kerjasama antara Yamaha dengan NEXO yang memang sudah terkenal dengan high-end speaker mereka. Akhir kata, pilihan ada di tangan anda : Apabila anda membutuhkan sub yang terjangkau dengan kualitas baik dan anda bukan pro yang membutuhkan semua fitur DXS18, maka anda bisa menggunakan DSR118W. Namun apabila anda adalah rental atau pro audio engineer atau installer yang membutuhkan subh yang fleksible dan powerful, dengan budget yang lebih anda bisa mendapatkan Yamaha DXS18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar