Senin, 23 Mei 2016

Casio MX-Z 300 dan MX-Z 500 Review : Arranger Workstation terbaru dari Casio Pesaing Yamaha PSR S-Series!

Casio MX-Z 300 dan MX-Z 500 Review : Arranger Workstation terbaru dari Casio Pesaing Yamaha PSR S-Series!

Bagi para pengunjung setia www.nafirimusic.com, pada kesempatan kali ini kami akan membahas dua buah keyboard arranger yang saat ini sedang naik daun dan bisa dibilang menggegerkan dunia organ tunggal di Indonesia maupun solo keyboard player di seluruh dunia, yaitu : Casio MX-Z 300 dan Casio MX-Z 500! Mengapa kedua arranger keyboard ini menjadi hits? Tentu saja karena fitur yang dahsyat dan harganya yang jauh di bawah kompetitornya. Nah, penasaran tentang kedua keyboard terbaru ini? Silakan simak di bawah karena kami dari Nafiri Music sudah menjajal secara langsung kedua keyboard ini.



Perform. Create. Inspire.

Casio MZ-X Series ini sebetulnya adalah bisa dibilang evolutionary successor atau penerus dari Casio MZ-2000 Series yang dulu cukup dikenal dan melegenda. Dengan Casio MX-Z series ini, maka anda bisa menggunakan kreatifitas anda secara penuh dengan sound yang otentik, intuitive Color Touch Interface, dan extensive control. Menurut kami dari Nafiri Music, keyboard MX-Z ini bisa dibilang adalah flagship keyboard dari Casi dimana semua musisi dapat menggunakan keyboard ini untuk perform dan membuat musik serta menjadi dasar inspirasi anda!

Evolutionary Sound Quality

Casio MZ-X500 menyediakan sekitar 1,100 high-quality Tones, dimana hampir semua instrumen musik yang ada di dunia bisa anda temukan disini. Tidak masalah jenis musik apapun yang anda mainkan, Casio MZ-X500 ini pasti bisa menjadi partner yang bisa anda andalkan. Untuk sampling Acoustic guitars sudah menyediakan suara dari fret noise, harmonics, string slides dan body slaps. Untuk Bass sound sample yang ada sudah mencakup glissando yang halus dari not ke not. Fitur baru yaitu Versatile Tones juga menyediakan nuansa lainnya, sehingga anda bisa mendapatkan kesan alat musik sungguhan yang anda mainkan!

Tones dapat anda modifikasi sesuai dengan selera andadengan menggunakan Color Touch Interface dan real-time control knobs serta sliders. Anda juga bisa menggunakan pilihan dari 20 jenis efek yang berbeda untuk setiap pertunjukan anda!

Virtual Tonewheel Organ

Casio MZ-X500 dengan sempurna mampu merepro sound dari sebuah vintage tonewheel organ. Rotary speaker pun dapat disimulasikan dengan detail, sehingga anda bisa mendapatkan yang terbaik dari instrumen organ yang real! Physical sliders dapat memberikan anda drawbar control yang presisi, serta tombol easy onscreen buttons memberikan anda kemudahan dalam melakukan adjustment yang esensial.



HEX LAYER AND BASS SYNTH

Casio MZ-X500 juga sudah menggunakan Hex Layer technology dari Casio yang sangat powerful, yang hanya tersedia pada tipe tertinggi Casio yaitu PX-5S, PX-560, dan XW-series. Arsitektur yang fleksibel ini memungkinkan anda untuk melakukan layer terhadap enam sound yang berbeda secara bersamaanpada sebuah single Tone. Setiap layer memiliki fitur key dan velocity zone yang independen, plus complete set dari synthesizer parameter. Dengan fitur ini, rasanya anda seperti memiliki enam synthesizer pada sebuah Tone! Sekarang, kalikan semua angka itu dengan 4, karena Casio MZ-X500 dapat memainkan hingga empat Hex Layers secara bersamaan, sehingga anda bisa mendapatkan kontrol penuh terhadap 24 sound secara bersamaan. Dengan Hex Layers, anda bisa memerintahkan seluruh symphony orchestra, sebuah massive polysynth yang sangat lengkap, atau sound apapun yang ada di benak anda!

Casio MZ-X500 juga memiliki Bass Synth yang menggunakan fitur dari Hex Layers untuk anda gunakan dengan leluasa dan mirip dengan analog-style synthesis. Sound klasik dari bass sound dapat anda mainkan secara monofonik, dengan legato dan portamento yang dapat anda atur dengan bebas. Sebuah library yang berisi vintage bass sound sudah termasuk sehingga anda bisa melakukan cover terhadap classic song, dan anda dapat dengan mudah memodifikasi dengan menggunakan fitur real time control dan Color Touch Interface yang sudah disediakan.



Easy Production Tools

Casio MZ-X Series juga sudah menyediakan16-track MIDI recorder dengan suite mixing dan editing features, ditambah dengan powerful effect processor dan USB audio recording. Anda dapat memilih ensemble, kemudian merekam performance anda, kemudian koneksikan mic anda, dan tambahkan vocal effects sesuai selera anda, dan anda bisa merekam seluruh performance anda di dalam format WAV file.

Authentic Rhythms

Casio MZ-X500 sudah diisi dengan ratusan Rhythms, yang merepresentasikan seluruh genre musik dari seluruh dunia. Latin, Middle Eastern, European, Asian, dan global Rhythm lainnya sudah termasuk, begitu pula dengan pop, jazz, rock, dance. Rhythm tersebut memiliki multiple intros, endings, dan variations, Anda juga bisa menggunakan advanced chord detection untuk mendapatkan accompaniment ensembles yang bereaksi dengan lembut sesuai dengan gaya permainan anda. Fitur ini sangat ideal untuk solo performances, songwriting, atau untuk bermain organ tunggal sehingga anda bisa mendapatkan feel seperti bermain dengan musisi lengkap secara virtual!



CUSTOMIZE & IMPORT

Patterns dapat anda buat dan kombinasikan untuk mendapatkan Rhythm yang sesuai dengan anda, Sehingga Casio MZ-X500 ini sangat bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda memiliki visi terhadap backing band yang sempurna, maka anda bisa degan cepat mendapatkan Seluruh  performance elements yang anda inginkan, dengan tambahan fitur extensive mixing dan editing tools.

Casio MZ-X500 dapat meload dan memainkan standard MIDI files, bahkan anda bisa melakukan import data dari SMF menjadi custom Rhythms. Artinya, anda tidak hanya memainkan lagu MIDI namun anda bisa melakukan perform terhadap lagu tersebut dan membuatnya seolah-olah ini adalah kreasi anda sendiri.

Anda bahkan bisa melakukan import Rhythms dari keyboard arranger lain, sehingga anda bisa membuat sebuah cross-platform content anda sendiri.



TOUCH, TWIST, AND TAP

Casio MX-Z sudah menggunakan 5.3-inch Color Touch Interface, sehingga sangat mudah sekali bagi anda untuk melakukan navigasi. Anda akan menukan kemudahan dalam memilih Tones dan Rhythms. Anda juga bisa menggunakan interactive visual tools seperti mixers, synthesizer functions, effect controls, dan masih banyak lagi. Bahkan anda bisa menggunakan layar sentuh ini sebagai  X/Y controller untuk built-in effects dan filters, sehingga anda bisa mengontrol dua parameter dengan satu sentuhan saja. Onscreen text sangat besar dan jelas sekali, sehingga mudah dibaca dari angle manapun.




Store dan recall untuk lagu favorit anda sangat mudah sekali dengan fungsi 8 tombol Registration buttons. Sebuah Registration dapat berisi Rhythm, Tone, effect, tempo, transposition, dan masih banyak setting lainnya. Anda bisa mengorganisir quick access untuk gig anda, dan menyimpan hingga 12 Banks dari 8 Registrations untuk mendapatkan total fleksibilitas.



MULTI-FUNCTION PADS

Casio MZ-X500 memiliki 16 backlit, velocity sensitive multi-function pads. Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan elemen kreatifitas dan fun pada musik anda.

Sampling

Anda bisa merekam high-quality samples dari sumber apapun dengan menggunakan line dan mic input, serta meng-assign sample tersebut ke pad yang ada. Anda bahkan bisa membuat sebuah drum kit dengan custom percussion sounds, merekam vocal harmonies, atau membuat sebuah soundboard yang berisi clips yang bisa anda trigger pada performance anda.

Phrase

Anda juga bisa menggunakan pad untuk melakukan trigger terhadap musical phrases. Anda bisa membuat phrases sendiri, atau menggunakan preset yang sudah ada untuk berbagai instrument dan genre yang ada. Phrases dapat berupa melodies, drum grooves, arpeggios,atau accompaniment patterns. Anda dapat melakukan play back seperti yang sudah terekam, atau melakukan transpose secara otomatis untuk match chord yang sedang anda mainkan. Casio MZ-X500 memiliki phrases yang sudah termasuk musical articulations, seperti misalnya tremolo, glissando, horn rises and falls, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuat phrases anda sendiri.

Chord

You can also use the MZ-X500’s pads is to trigger chords, which can drive the MZ-X500’s accompaniment Rhythms. This can simplify a performance, freeing up your hands to play a two-handed melody, or use controllers. You can even store a complete chord progression on a single chord, giving you unprecedented live remix capability. For example, you could store a verse on one pad, a chorus on another, a bridge on another, and so on.

Each pad is individually and highly customizable. You can combine all of these (and other) functions into your own custom pad layout, triggering samples, sound effects, phrases, and Tone articulations all from one set of 16 pads.

Speakers

Casio MZ-X500 sudah dilengkapi dengan bass-reflex speaker system yang mampu mengeluarkan 40 watts power, dan terdengar kaya serta jernih pada level apapun. Sudah dilengkapi juga dengan 4-band parametric equalizer sehingga anda bisa melakukan kustomisasi terhadap output untuk menyesuaikan dengan kondisi ruangan, sehingga anda dapat memastikan bahwa MZ-X500 anda kan pasti menghasilkan sound terbaik.

5 komentar:

  1. produk yg sngt menarik.thanks u perancang yg sngt serius memuaskan rasa seni musisi

    BalasHapus
  2. produk yg sngt menarik.thanks u perancang yg sngt serius memuaskan rasa seni musisi

    BalasHapus
  3. Penasaran pengen nyoba apa bisa dngn harga sgini dngn kwalitas segono...

    BalasHapus
  4. woowww.,bikin ngiler.,nabung dulu ahh..

    BalasHapus