Jumat, 23 Desember 2016

Review Mic RODE NT2-A : Salah Satu Microphone Terbaik Untuk Recording Dengan Fitur Multi Pattern dan Harga Terjangkau!

Review Mic RODE NT2-A : Salah Satu Microphone Terbaik Untuk Recording Dengan Fitur Multi Pattern dan Harga Terjangkau!

Dalam dunia microphone, tentu ada beberapa merk yang sudah tidak asing bagi kita di antaranya adalah Shure, Sennheiser, Audiocore, AKG, Audio-Technica, dan beberapa merk lain. Nah, pada kesempatan kali ini kami dari Nafiri Music akan membahas / mereview sebuah produk dari RODE yang sudah menjadi pemain lama pada industri profesional broadcasting dan recording. RODE ini sendiri adalah mic yang berasal dari Australia dan masih made in Australia. Produk yang akan kita review dari Nafiri Music adalah tipe RODE NT2-A, dimana tipe ini adalah pengganti dari tipe sebelumnya yaitu RODE NT2 dan sudah menjadi pemimpin terdepan pada industri tata suara.


Ketika beberapa model dari mic ternama / brand ternama sudah membuat lini produksi di China, atau bahkan menggunakan produk China kemudian menggunakan label nama sendiri, maka RODE bisa menyatakan bahwa mereka sudah pernah melakukan hal ini sebelumnya, namun sekarang mereka sudah merubah strategi mereka. RODE pada awalnya adalah salah satu dari brand pertama yang memanfaatkan dan memproduksi mic mereka pada Chinese manufacturer, namun dalam beberapa tahun terakhir ini mereka telah memindahkan seluruh lini produksi mereka ke Australia, dengan menggunakan state-of-the-art automated machine dan circuit-board assembly device yang menggantikan tenaga manusia manual. Bahkan bagian komponen capsule manufacturing yang biasanya secara tradisional dibuat dengan menggunakan tangan sudah bisa digantikan oleh high-precision machine. Dengan berinvestasi pada mesin-mesin canggih, hal ini artinya RODE harus bisa menjual produk mereka dalam jumlah besar untuk bisa mencapai Break Even Point, namun untungnya RODE sudah memiliki reputasi dalam membuat high-quality mic pada rentang harga medium bahkan cenderung low price, sehingga kami dari Nafiri Music yakin bahwa hal ini bukan masalah berarti bagi mereka.

Dari NT2 ke NT2A

Mic RODE NT2A ini menggantikan tipe NT2, dimana NT2 ini adlah mic Rode terakhir yang dibuat di China. Walaupun hal ini adalah sebuah pilihan yang sulit bagi RODE, karena saat itu NT2 penjualannya sangat baik. Namun sepertinya RODE ingin memutuskan seluruh hubungan mereka dengan produsen China sehingga mereka bisa menulis Made In Australia pada mic mereka dan membedakan mereka dengan merek 'Made In China' lainnya.
BUkan hanya update desain saja, namun RODE NT2A terlihat sangat berbeda dibandingkan dengan pendahulunya, dengan inset panel yang menjadi rumah / casing bagi pattern, filter, dan pad switch. Di dalamnya, komponennya juga jauh berebda. Mic ini menggunakan teknologi FET dan transformerless dan dapat di switch antara figure-of-eight, omni, atau cardioid mode, dan memiliki pilihan antara 80Hz atau 40Hz low-cut filter frequencies dan juga filter-bypass switch position. Persamaan dengan model sebelumnya, anda juga bisa memilih antara of 5dB atau 10dB pads.
Sebuah faktor penting yang sering dilupakan oleh beberapa produsen mic adalah mereka terkadang sering tidak memperhatikan efek dari  acoustic properties yaitu housing / casing terhadap sound yang dihasilkan. Namun Rode menggunakan sebuah mathematical modelling untuk mengurangi interaksi antara capsule dan rumahnya, dan menggunakan dual-diaphragm, one-inch capsule yang memang dikembangkan untuk model yang legendaris yaitu RODE K2 tube microphone. Body dari RODE NT2A terbuat dari solid cast metal yang sudah dipoles sebelum nickel plating untuk memberikan sebuah finishing yang sangat mewah. Sebuah locking ring di bawah body digunakan untuk Rode shockmount. Heat-treated steel mesh digunakan untuk melindungi capsule kepala dari mic ini.

Spesifikasi Teknis

Berdasarkan riset kami dari Nafiri Music, Rode mic adalah salah satu dari beberapa mic yang sangat sunyi pada rentang harga ini, dengan equivalent input noise dari NT2A yang hanya 7dBA (diukur berdasarkan IEC651 dan IEC268-15), yang artinya mic ini sekitar 10dB lebih senyap dari kompetitor mic lainnya. Angka ini juga dilengkapi dengan 87dB signal-to-noise ratio pada 1kHz (menggunakan referensi 1Pa), tanpa mengorbankan maximum SPL-nya. Daktanya, RODE NT2A memiliki 147dB maximum SPL yang spektakuler tanpa pads switched in, dan hingga 157dB dengan menggunakan 10dB pad in. Selain NASA rasanya tidak ada yang memilki noise sebesar ini!
Rode NT2A

The frequency response of the mic, with no low-cut switches engaged, runs down to below 20Hz and extends to in excess of 20kHz, with a moderate presence rise above around 3kHz rolling off again above 15-16kHz. The mic is also pretty sensitive, yielding -36dB (reference 1V/Pa), and the dynamic range is an incredible 140dB with a maximum output level before clipping of some +16dBu. So far, then, the NT2A looks impressive, both mechanically and electrically, but the really important thing about any mic is how it sounds.

Penggunaan

ISangat sulit bagi kami dari Nafiri Music untuk menjelaskan sound dari RODE NT2A ini karena sound adalah sebuah hal yang subyektif, namun secara garis besar mic ini adalah sebuah mic yang neutral, dengan smooth tonal balance pada seluruh spectrum. pada cardioid mode mic ini terdengar sangat detail pada top end tanpa sound yang harsh / kasar, dan pada lower end dari vocal range kita bisa mendapatkan sound yang solid dan well-focused dengan degree of depth serta authority yang sangat baik. Broad dan subtle presence peak juga membantu dalam mengeluarkan detail tanpa membuat sound yang direkam menjadi aggressive, namun menurut kami dengan penggunaan K2 capsule hal ini lah yang berkontribusi sangat besar pada sound dari mic ini. Seperti halnya classic large-diaphragm mics, RODE NT2A secara halus mengakomodir natural sound, tanpa membuat suara tersebut terdengar terlalu jelas.
Apabila digunakan sebagai acoustic guitar mic, RODE NT2A juga sangat baik, walaupun tonal contribution pada segmen ini menurut kami dari Nafiri Music hampir sama dengan cost-effective mic lainnya (seperti Shure SM57, Sennheiser E609, dsb)  dan beberapa dari kompetitornya mampu menghasilkan sound yang sangat baik. Namun RODE NT2A ini sangat menonjol dalam hal background noise yang sangat rendah, sehingga instrumen yang sangat sunyi sekalipun dapat direkam dengan jernih apabila anda menggunakan mic preamp yang baik. Dengan adanya extraordinary headroom artinya anda bisa menggunakan RODE NT2-A ini pada guitar amplifier yang sangat keras volemenya dan mic ini bisa menangkap sound tersebut tanpa distortion, untuk hal inilah RODE NT2-A menyediakan pad switches.
Untuk  figure-of-eight position mic ini memiliki tonal yang sama dengancardioid pattern, namun pada pola omni aanda bisa menggunakan sound ruangan untuk berkontribusi pada suara yang direkam, sehingga tonal yang dihasilkan bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi ruangan yang direkam. Seperti yang sudah di prediksi oleh kami dari Nafiri Music, omni pattern terdengar lebih open, namun pada cardioid mode RODE NT2A masih terdapat sound ruangan walaupun lebih kecil.
Secara Overall kami dari Nafiri Music sangat merekomendasikan Mic RODE NT2-A ini terutama dengan attractive price yang tergolong terjangkau, namun dibuat dengan kualitas terbaik. Mic in memiliki classy sound yang bisa digolongkan sebagai rich dan natural, dan mic ini sangat senyap, serta memiliki konstruksi yang sangat baik, Dengan built surface-mount circuit boards dan minimal wiring. Beberapa mic mencoba untuk menggunakan coloration untuk mencover up kelemahan mereka, namun pada RODE NT2-A ini kita bisa mendapatkan natural sound dengan presence peak yang sangat ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar