Senin, 19 Desember 2016

Review Peavey 6505 Mini Head : Amplifier Tabung Mini 20 Watt dengan Karakter Peavey 6505 yang Legendary!

Review Peavey 6505 Mini Head : Amplifier Tabung Mini 20 Watt dengan Karakter Peavey 6505 yang Legendary!

Pada kesempatan kali ini kami dari Nafiri Music akan mereview amplifier gitar Peavey terbaru yang baru saja masuk yaitu : Peavey 6505 Mini Head. Peavey Mini amps dan micro head adalah sebuah trend yang sedang hot belakangan ini di kalangan gitaris dan musisi. Bahkan saat ini muncul sebuah subculture dari high-gain micro metal amplifier yang mulai mendapatkan popularitas. Peavey’s 6505 MH adalah salah satu tambaghan terbaru di dalam trend “baby metal amp” yang sedang booming belakangan ini. Dengan power tabung sebesar 20-watt, two-channel, dual-EL84 membuat amplifier mini ini mampu mempertahankan sound yang khas dari Peavey yang legendaris di kalangan gitaris rock dan metal. Peavey juga menambahkan beberapa fitur baru sehingga amplifier ini tidak hanya bisa digunakan untuk berlatih di kamar dan studio namun juga cocok untuk digunakan pada ranah real-world recording dan gigging sekalipun.



Blood Brothers

Apabila anda pernah menggunakan 6505 sebelumnya, maka layout dari 6505 MHseharusnya sangat familiar bagi anda : channel select button, independent pre-gain dan post-gain control knob untuk rhythm dan lead channel (serta bright dan crunch button untuk rhythm channel), reverb knob, dan power amp resonance serta presence control knob. Namun ada beberapa perbedaan yang penting, tidak seperti Peavey 6505 100 watt yang besar, Peavey 6505 MH menggunakan shared EQ section untuk kedua channelnya.
Fitur baru di antaranya adalah dua tube status indicator lights yang terletak persis di atas standby dan power button. Jika indikator menyala berwarna hijau, artinya semuanya baik-baik saja. Apabila indikator berwarna merah, maka artinya amplifier tidak bekerja secara maksimal dan membutuhkan re-bias. Peavey juga menyediakan auto reset feature yang membuat tabung keluar dari circuit sehingga anda bisa terus bermain tanpa merusak amplifier anda.
Pada panel belakang, anda akan menemukan fitur-fitur yang tidak ada pada Peavey 6505 biasa : sebuah voltage switch sehingga anda bisa memilih power 20-watt, 5-watt, atau bahkan 1-watt operation sekalipun, sebuah cabinet-and-mic-emulating direct output, dan sebuah USB output yang dapat digunakan untuk direct recording. Peavey juga menyediakan button untuk speaker enable/defeat dan ground lift, serta sebuah headphone jack.
Bedroom to Brown to Brutal

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Peavey 6505 aslinya adalah Amplifier yang digunakan oleh Eddie Van Halen yaitu Peavey 5150.Ketika kami dari Nafiri Music mencoba 1-watt setting yang digunakan pada rhythm channel, walaupun channel ini seharusnya adalah clean channle namun pada setting 1-watt maka kami mendapatkan sound yang cenderung dirty pada posisi pre-gain di atas dua. Kadang-kadang ketika produsen amplifier mendefinisikan low-wattage amp sebagai “bedroom-level,” sebenarnaya volume yang dihasilkan cenderung lebih keras dari yang seharusnya. Namun pada Peavey 6505 MH ketika kami mencoba rhythm channel, maka kami mendapatkan bedroom volume level yang sangat baik dan tidak terlalu keras pada posisi sekitar 7 pada post-gain knob.
Ratings
Pros:
Killer tone dan fungsi serta fitur yang sangat banyak pada sebuah amplifier kecil yang fleksibel dan portable serta mudah dibawa-bawa untuk gig.
Cons:
Shared EQ section pada kedua channel.
Tones:

Ease of Use:

Build/Design:

Value:


Street:
Rp 6.250.000,-
Peavey 6505 MH
Ketika kami dari Nafiri Music mencoba lead channel pada 1-watt mode, amplifier ini menghasilkan sound yang menggigit pada posisi 2 pada post-gain knob. Ketika kami menaikkan gain hingga ke posisi setengah, maka kami mendapatkan sound yang sangat baik dimana sustain nya panjang daan jelas dan sound fundamental yang dihasilkan sangat jelas sehingga sangat cocok untuk lead dan shredding. Untuk rhythm parts, muted, single-note figures pada senar bawah memiliki presisi dan artikulasi yang sangat baik.
Too Dirty to Be Clean

Kami tidak menemukan low-gain sound pada lead channel, namun apabila kita mengecilkan volume gitar kita maka kita bisa mendapatkan roll back gain yang cukup. untuk sound overdrive yang tidak terlalu agresif. Anda juga bisa menggunakan rhythm channel yaitu dengan crunch mode, dimana sound  low-to-mid gain yang dihasilkan sangat baik dan warm. Dengan posisi pre-gain knob diset di sekitar 5, anda bisa mendapatkan sedikit sound dirt. Pada posisi 6 dan seterusnya, anda akan mendapatkan sound dirty yang sangat cocok digunakan untuk blues-rock leads.
Pada  5-watt dan 20-watt setting, rhythm channel memberikan clean headroom yang cukup banyak. Namun pada lead channel, kami menemukan bahwa kita harus bermain pada gig-level volume. Jangan terkecoh oleh ukurannya yang kecil : Peavey 6505 MH dapat menciptakan suara yang sangat bising untuk telinga anda!
Throw Away Them Modelers, Son

Peavey 6505 sudah sangat sering ditiru oleh modeling amp. Dengan tambahan USB output maka amplifier ini bisa menjadi alternatif yang baik ketimbang anda membeli sebuah amp modeller. Apabila anda memiliki sebuah digital workstation, maka anda bisa mendapatkan sound dari 6505 yang murni.
Kami dari Nafiri Music mencoba menggunakan Peavey 6505 MH dengan MacBook Pro menggunakan software GarageBand, dan amplifier ini sudah secara otomatis dikenal sebagai input device. Kami tidak membutuhkan driver apapun — hal ini adalah sebuah nilai plus! Dengan built-in speaker defeat button diaktifkan, maka kami dari Nafiri Music bisa melakukan cranking amp dan merecord dengan tone yang dahsyat tanpa suara yang bising dengan volume ruangan yang normal. Bagi para fans 6505 tones yang tidak memiliki ruangan kedap suara yang profesional, maka ini adalah cara terbaik untuk merekam sound dari amplifier ini pada jam malam sekalipun.
Kesimpulan

Apabila anda adalah fans dari Peavey 6505, maka menurut kami dari Nafiri Music amplifier kecil ini adalah sebuah produk yang sangat serius. Pertama amplifier 6505 MH ini memiliki banyak output options dan pilihan power configurations yang membuat amplifier ini super-practical dan merupakan pilihan yang fleksibel untuk rehearsing, recording, atau pun live gig dimana anda tidak perlu membawa-bawa full stack dengan power sebesar 200-watt. Ukuran head yang compact dan bobotnya yang ringan artinya anda bisa membawa amplifier kecil dengan tone machine yang dahsyat ini kemanapun anda pergi. Dengan harga hanya sekitar Rp 6.250.000,- (pada saat artikel ini dibuat), micro metal monster ini adalah salah satu amplifier tabung mini terbaik yang bisa anda beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar