Jumat, 12 Agustus 2016

Review Line 6 Helix : Digital Multi Effect dan Amplifier Modelling Flagship Terbaru Pesaing Fractal dan Kemper!

Review Line 6 Helix : Digital Multi Effect dan Amplifier Modelling Flagship Terbaru Pesaing Fractal dan Kemper!

Pada kesempatan kali ini kami dari Nafiri Music akan membahas salah satu digital multi effect yang sedang menjadi hit dan dibicarakan dimana-mana, dan bisa dibilang menjadi salah satu impian para gitaris di tahun 2016 yaitu : Line 6 Helix Floor dan Line 6 Helix Rack + Helix Control for Helix Rack!

Kalau kita melihat dari sejarahnya, kurang lebih sudah 18 tahun sejak  Line 6 meluncurkan Pod Bean (kacang) yang fenomenal sekali pada jamannya, dimana alat ini memperkenalkan gitaris pada kala itu dengan fitur modeled amps dan stompbox. Kami sendiri dari Nafiri Music adalah salah satu pengguna POD mulai dari POD Bean 2.0 dan lanjut ke POD HD sehingga kami cukup paham untuk karakter dari Line 6, dan menurut kami  bukan suatu hal yang mengherankan ketika Line 6 Helix diluncurkan, sebagai flagship pedalboard modeler, produk ini memiliki semua kriteria sebagai sebuah mature product dari Line 6. Apabila kami harus menjabarkan Helix di dalam kata-kata singkat, maka menurut kami “great-sounding” dan “versatile,” serta “thoughtful” menjadi pilihan kata yang tepat. Line 6 Helix ini dirancang oleh development team yang sangat konsisten dimana mereka memikirkan setiap aspek dari gitaris, dan mereka mendesain produk ini sesuai dengan kebutuhan dan feedback dari para gitaris.


Mature Modeling

Line 6 Helix adalah sebuah multi-effector yang sangat ambisius dengan sekitar 200 pilihan amp dan pedal model, sebuah built-in expression pedal, dan rear-panel connectivity yang luar biasa lengkap. Efek gitar ini bisa dibilang memang ditempatkan head-to-head dengan efek modeling rigs lainnya seperti Fractal Audio Axe-Fx II dan Kemper Profiling Amplifier (dimana harganya untuk kedua amp modeller ini sangat dahsyat....), namun untuk Helix Floor didesain sebagai sebuah pedalboard, dan apabila anda ingin desain rackmount box maka anda bisa menggunakan Helix Rack dengan optional Control Pedal. Satu hal yang kami perhatikan dari Nafiri Music, adalah harga Line 6 Helix yang jauh di bawah kompetitornya. Selain itu kelebihan lainnya adalah adan bisa mengedit sound melalui sebuah full-color LED screen, tidak seperti LCD windows yang ada pada kompetitornya. (Walaupun, tentunya anda sebagai user dapat mengkoneksikan unit ke komputer via USB kemudian mengedit pada sebuah dedicated software interface).
Para gitaris yang kreatif dapat menggunakan Helix untuk setiap aspek dari rantai produksi musik : composing, sound-designing dengan monitoring via headphones, tracking ke DAW dengan menggunakan Helix quality convertors, kemudian anda juga bisa melakukan rehearsing dan gigging dengan mencolokkan Helix langsung  ke P.A. atau ke sebuah clean-toned, full-frequency amp, atau bahkan anda bisa mem-bypass amp/cab simulations yang ada pada Line 6 Helix dan memainkannya melalui sebuah conventional amp. Dua performance modes bisa anda gunakan untuk men-switch hingga 8 set atau maksimal 128 patch, atau anda juga bisa menggunakan Helix sebagai sebuah static pedalboard dengan simple on/of switch pada setiap effect yang anda assign.
Line 6 Helix memiliki kondisi fisik eksterior yang kokoh dan fenomenal, begitu pula dengan fitur-fitur yang dimilikinya. Casing, pedal, jack, knob, dan switch terbuat dari metal yang kuat—anda tidak akan menemukan material plastik murahan disini.
More on the Floor

Anda bisa secara simultan menggunakan output dry maupun effected tone, dimana anda bisa melakukan monitoring dengan effects, kemudian melakukan re-amping dari dry signal ke sebuah analog amp. (Anda juga bisa menggunakan Helix sebagai re-amping device anda di studio.) Anda juga akan menemukan 1/4" guitar inputs, stereo 1/4" dan XLR outs, S/PDIF serta AES/EBU digital ins dan outs, juga sebuah mic input dengan phantom power. Controller pedal dapat anda assign ke dalam berbagai kombinasi parameter, serta anda juga bisa menyimpan dua set assignment untuk setiap patch. (Anda bisa men-switch berbagai assignment dengan menggunakan toe-forward pedal motion. Rasanya seperti ada dua buah controller onboard yang dapat anda gunakan pada saat bersamaan)


Helix dapat bekerjasama dengan baik dengan alat lainnya atau efek lain yang anda punya. Empat buah mono/stereo effect loops membuat anda bisa dengan mudah menambahkan external stompbox pada effect chain anda dan bahkan menyimpan routing info dengan patch, seperti yang biasa anda temukan pada dedicated effect looper. Anda jga bisa melakukan route signal dari built-in controller ke external device atau assign external controller ke Helix parameter anda. MIDI in dan out jacks membuat anda bisa melakukan switch patch dan merubah parameter pada MIDI-equipped pedal atau anda bisa juga menggunakan pedal tersebut untuk mengontrol parameter Helix. Kami dari Nafiri Music tidak mengetes Helix dengan gitar Line 6 Variax, namun dari apa yang kami ketahui anda bisa menemukan panel jack di belakang Helix yang memungkinkan anda yang memiliki gitar Variax untuk menggunakan Helix secara penuh dan memilih patch serta memodifikasi effect secara langsung dari gitar Variax anda.
Dari pengamatan dan penilaian kami di Nafiri Music, Line 6 Helix memiliki casing fisik yang sangat luar biasa kokoh dan sangat revolusioner sama seperti fitur yang dimilikinya. Eksterior, pedal, jack, knob, dan switch semuanya terbuat dari material metal—anda tidak akan menemukan material plastik murahan disini. Footswitch dikelilingi oleh lampu LED yang jernih, dan setiap switch memiliki digital “scribble strip” yang menunjukkan effect atau parameter yang sedang aktif pada saat ini. (Begitu jelasnya visibilitas dari efek ini—sehingga anda mungkin bisa melihat dan membaca Helix tuner dari pinggir panggung) dan fitur penting lainnya, entah anda percaya atau tidak, anda bisa mengedit dan mengorganisir sound dengan hanya menggunakan kaki anda, dengan adanya knob yang besar, sebuah joystick encoder, dan capacitive footswitch yang dapat anda gunakan untuk beberapa parameter tergantung apakah anda menekan atau hanya menyentuhnya. (Walaupun kami dari Nafiri Music sangta yakin bahwa mayoritas dari para pemilik Helix akan menaruh efek ini di atas meja untuk heavy editing session, atau paling tidak menggunakan  editing software yang sudah termasuk).
Ratings
Kelebihan:
Great sound, Cool design, Solid construction, connectivity yang lengkap, harga yang sangat terjangkau dibanding kompetitornya.
Kekurangan:
Anda akan membutuhkan waktu untuk mempelajari seluruh fitur pada alat ini.
Tones:

Ease of Use:

Build/Design:

Value:


Harga Pasar pada Saat Artikel dibuat:
Rp 19.900.000,-
Line 6 Helix
line6.com
Truthful Tones
Line 6 Helix bisa dibilang adalah sebuah produk yang sempurna untuk generasi saat ini. Lini produk Line 6 yang lain sebetulnya sudah terkenal dalam menggunakan nama dan sound serta sample dari dari branded amps dan effects, dengan sound yang sudah familiar di telinga anda plus beberapa kejutan tambahan yang diberikan oleh Line 6. Namun khusus untuk Helix, Line 6 menggunakan processor yang jauh lebih powerful dari produk Line 6 yang lain, sehingga anda bisa mendapatkan yang dicari oleh para gitari selama ini : three-dimensional tones! Pada model yang lama anda mungkin akan menemukan sound yang keruh, atau bahkan lo-def modeling yang membuat anda kecewa, maka anda akan sangat terpuaskan oleh Line 6 Helix ini. Setiap Not memiliki attack dan nuansa yang berbeda, serta responsiveness dan character yang berbeda dari model ke model. Sebagai contoh, ketika kami dari Nafiri Music mencoba metal amp maka kami mendapatkan sound yang brutal dan face-spitting impact yang sangat meyakinkan, sedangkan pada tweed dan Supro tone kami menemukan funky looseness dan karakter sound yang tidak terlalu punchy. Anda juga bisa melakukan mix amps dan cabinets serta memilih model serta posisi dari pilihan virtual microphones yang ada.
Helix juga mensupport hingga 4 parallel signal path, semuanya stereo, sehingga anda bisa melakukan routing pada tone yang berbeda pada amp yang berbeda juga atau input channel yang berbeda, atau bahkan anda juga bisa membuat complex patches dengan dual signal chain yang berujung menjadi satu kembali pada output stage. Secara umum, Line 6 Helix memiliki kekuatan utama pada patch yang mudah di edit dan membuat routing signal anda menjadi mudah. Namun tentunya semuanya itu kembali kepada realisme dari model yang ada sehingga minimal patch sekalipun bisa memiliki sound yang sama bagusnya dengan highly processed patch sound.

Theater of Operations
Line 6 Helix memiliki fitur dan prosedur editing yang sangat baik, dimana fitur ini memiliki logical layout, color-coding, dan sebuah user-sycophantic operating system, sehingga pada deep editing yang berat sekalipun anda akan merasa simple. Ketika kami dari Nafiri Music mencoba mengedit patch yang ada, pada awalnya memang akan terasa sedikit membingungkan namun ketika kami sudah mencoba 2-3 hari maka kami sudah merasa familiar dengan fitur yang ada. Untuk mempelajari alat secanggih Line 6 Helix tentunya memerlukan waktu untuk mempelajari semua fitur yang ada, namun anda tidak akan menemukan alat lain atau kompetitor lain yang memiliki interface untuk mengedit patch semudah Line 6 Helix.


Kesimpulan

Line 6 Helix adalah sebuah multi effect processor dan amp modelling yang sangat powerful untuk recording maupun performing. Kemampuan yang dimiliki Helix ini bisa disetarakan dengan Rivalnya Kemper Profiler dan Fractal Axe-FX II namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Dalam beberapa aspek bahkan LIne 6 Helix ini mampu mengalahkan rival-rivalnya, terutama dengan layar yang besar, terang, dan dilengkapi juga dengan fitur color-coded editing surface. Desain dari Line 6 Helix ini sangat ergonomis dan konstruksi dari casingnya sangat kuat untuk touring maupun pemakaian konser keliling kota / keliling dunia sekalipun. Mengenai kualitas dari modellingnya ini adalah sebuah topik yang menurut kami dari Nafiri Music sangat subyektif tentunya, namun kami memperkirakan bahwa mayoritas rata-rata gitaris akan puas dengan tone yang dimiliki oleh Helix ini. Modeling effect tentunya bukan sebuah solusi terbaik bagi semua orang, namun bagi gitaris yang menyukai ranah digital tentu kehadiran Helix ini akan menjadi sebuah teman yang menyenangkan bagi anda baik di saat touring maupun di studio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar