Kamis, 23 Juni 2016

Review Yamaha Montage-8 : Flagship Synthesizer Terbaru dari Yamaha dengan Teknologi Super Canggih!

Review Yamaha Montage-8 : Flagship Synthesizer Terbaru dari Yamaha dengan Teknologi Super Canggih!

Beberapa waktu lalu Yamaha baru saja meluncurkan flagship synthesizer terbaru yaitu Yamaha Montage Series, dimana Montage Series ini terdiri dari Yamaha Montage 6 (61 keys semi weighted) dan Montage 7 (76 keys semi weighted) dan yang paling tinggi yaitu Yamaha Montage 8 (88 keys full weighted keys). Kami dari Nafiri Music cukup beruntung untuk menjadi salah satu dealer Yamaha pertama yang memiliki Montage 8 ini di Indonesia. Nah, bagi anda pengunjung Nafiri Music yang penasaran dengan synthesizer flagship terbaru dari Yamaha ini, silakan simak review kami di bawah!



Dari pengamatan dan hasil test kami di Nafiri Music, Yamaha Montage synthesizer pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat luas dan sangat ekspresif, dengan sound bank yang sangat luas. Semuanya ini dapat anda peroleh pada sebuah alat yang sudah menggunakan standar tertinggi dari Yamaha, dimana pada synthesizer Montage Series ini anda juga bisa mendapatkan sound acoustic yang sangat baik, namun juga modern sound dan effect yang dapat anda temukan pada EDM dengan FM synthesis engine yang sangat powerful! Dengan kombinasi ini maka anda bisa mendapatkan sound baru yang tidak pernah anda temukan pada synthesizer lainnya.


Yamaha Montage Series dikeluarkan dalam 3 model :

– Yamaha Montage 8 – dengan 88-note weighted balanced hammer action keyboard.
– Yamaha Montage 7 – dengan 71 note semi-weighted keyboard.
– Yamaha Montage 6 – dengan 61 note semi weighted keyboard.
Pda dasarnya ketiganya memiliki fitur yang sama, yang membedakan hanya dari jumlah tuts dan weighted action keyboard. Hal ini juga membedakan segmen target pasar yang dituju, apakah pianis atau DJ atau sound producer dan sebagainya. Nah, pada review ini kita akan fokus pada seri tertinggi yaitu Montage-8.

Yamaha Montage-8 Front Panel



Ketiga model diatas sudah memiliki fitur aftertouch, dimana anda bisa mendapatkan kontrol terhadap expression, dan sempurna untuk bermain string dan instrument yang kompleks lainnya. Sound yang ada pada Yamaha Montage 8 ini dapat dipilih atau diubah, baik dengan menggunakan built touch screen, atau dengan menggunakan assignable rotary encoder yang ada di front panel, sehingga anda bisa mendapatkan kontrol yang mudah dan kemampuan edit yang sangat fleksibel. Kami dari Nafiri Music lebiih memilih Montage-8 karena fitur weighted hammer action tutsnya yang sangat nyaman untuk bermain piano section.

The Sounds



FM synthesis engine (yang dikenal dengan FM-X) adalah sebuah synthesiser yang sangat powerful dan memberikan anda akses ke 8 operator, bahkan jauh lebih powerful dari Yamaha DX7 yang legendaris itu. Dengan menggunakan onboard AWM2 engine, yang mampu menghasikan high quality waveform sound, dan telah dikembangkan sedemikian rupa oleh Yamaha dengan standar tertinggi maka bisa dibilang Yamaha Montage 8 ini adalah synthesizer tercanggih pada masa kini! Dilengkapi juga dengan 5GB sample data, synth Montage 8 ini memiliki kapasitas 10 kali lebih besar dari Yamaha MOTIF XF!! Selain itu, Montage 8 ini juga dilengkapi dengan 1.75GB high speed read/write flash memory Sehingga para user dapat memasukkan sample custom mereka sendiri, atau bahkan synth libraries yang bisa di download di yamahasynth.com website. Secara sound quality, kami dari Nafiri Music menyimpulkan bahwa Montage 8 ini adalah synthesizer paling powerful yang ada pada saat ini!

Yamaha Montage Controls



Yamaha Montage 8 sudah dilengkapi dengan berbagai variasi sound built in yang fantastis. Tentu saja, produk flagship yang dikeluarkan oleh Yamaha ini memiliki sound piano yang sangat baik. Yamaha Montage 8 juga sudah memiliki fitur Yamaha CFX Premium Grand Piano, dengan 10 velocity layers, dan not dapat disustain selama 10 detiksebelum looping terjadi. Artinya, anda akan mendapatkan sound yang sangat realistis. Yamaha juga sudah memasukkan Bösendorfer Imperial Premium Grand Piano yang sangat spektakuler, begitu pula dengan instrumen strings dan woodwinds yang snagta banyak, dan terakhir tentunya classic sounds yang diambil dari DX dan TX synthesizers.

Yamaha Montage ini juga sangat compatible dengan MOTIF XF voices, dan memiliki backwards compatibility dengan DX7 voices. Hal ini membuat mitos Motif yang selama ini dikenal sebagai flagship Yamaha dipatahkan oleh Montage 8 ini. Kami dari Nafiri Music berpendapat bahwa semua teknologi yang ada sampai saat ini sudah disiapkan pada Yamaha Montage 8 ini yang dapat anda gunakan sebagai musisi profesional hingga 5 tahun ke depan dan anda masih akan tetap kagum dengan fitur yang dimiliki oleh power synth ini!

Effects



Yamaha Montage sudah dilengkapi juga denagan berbagai variasi efek, mulai dari Bit Crusher, Analog dan Digital Delays, Amp Simulators Resonance Damper hingga HD reverbs, dan tentunya compressors.

Motion Control Synthesis



Seperti yang sudah kami dari Nafiri Music infokan sebelumnya synthesiser engines yang dimiliki oleh Montage 8 ini dapat dialokasikan ke separate zones yang ada di keyboard, atau dikombinasikan dengan menggunakan Motion Control (sebuah programmable control matrix), untuk menghasilkan dynamic evolving sounds: sebuah fitur favorit bagi live performers dan studio producers. Dikombinasikan dengan Super Knob controller, yang dapat anda assign sebagai master dari beberapa parameter yang berbeda pada saat yang bersamaan, sehingga anda bisa memanipulasi sound yang dihasilkan. Hal ini membuat anda bisa membuat distant reverb ambience, hingga compressed dry sound hanya dengan menggunakan satu control, atau mungkin membuat morphs dari lush synth pads hingga full sounding orchestral sounds. Super Knob juga bisa anda assign ke FC7 foot controller, sehingga anda bisa menggunakan kedua tangan anda dengan bebas untuk bermain namun anda tetap bisa mengontrol perubahan sound anda.

1 komentar: