Kamis, 23 Juni 2016

Review Wharfedale Titan 15D : Speaker Aktif Premium dengan DSP QUBIT dan Titanium Driver!

Review Wharfedale Titan 15D : Speaker Aktif Premium dengan DSP QUBIT dan Titanium Driver!



Bagi para pecinta pro audio di tanah airu tentunya sudah tidak asing lagi dengan merk Wharfedale. Merk ini sempat menjadi salah satu merk yang merajai dunia pro audio dan sound system di Indonesia pada awal tahun 2000-an. Wharfedale Pro yang adalah merk ternama dari UK (Inggris) dan kami dari Nafiri Music sendiri merupakan salah satu pengguna dari speaker Wharfedale pasif yang masih kami gunakan hingga saat ini! Namun, sejak 2005 merk ini sempat menghilang dari peredaran, dan barulah tahun 2015 kemarin merk ini kembali menunjukkan eksistensinya di Indonesia melalui distributor baru dan kali ini kami akan mereview sebuah speaker aktif yang menjadi produk andalan Wharfedale Pro yaitu : Wharfedale Titan 15D! Wharfedale Titan adalah salah satu produk unggulan dan produk utama dari beberapa lini speaker yang dikeluarkan oleh Wharfedale Pro. Produk Speaker Aktif ini ditujukan untuk penggunaan multi-purpose dengan kualitas sound yang premium.


Untuk lini speaker aktif sendiri, Wharfedale saat ini memiliki jenis Titan 8A mk2, kemudian untuk ukuran yang lebih besar anda bisa mendapatkan Titan 12D dan Titan 15D dan juga dilengkapi lini subwoofer yaitu Titan SUB 12A dan Titan SUB 15A sedangkan untuk speaker pasif seri Titan hanya mengeluarkan tipe 8, 12 dan 15. Wharfedale Titan 8, 12 dan 15 semuanya dirakit dengan proses injection moulded chassis dan didesain untuk keperluan yang mobile mapupun untuk instalasi sehingga berat atau bobot dari speaker ini sangan ringan (ultra light) serta dapat digunakan pada posisi upright atau menyamping (sebagai floor monitor). Untuk casingnya sendiri sebenarnya ada berbagai pilihan warna yang diberikan (black, grey atau white) namun yang masuk ke Indonesia hanya warna hitam saja. Untuk subwoofernya, Wharfedale masih menggunakan 15mm MDF board yang dipasang pada steel frame sehingga tetap mempertahankan kekuatan dan tone yang dihasilkan.


Wharfedale Titan D Series adalah sebuah perkembangan yang sangat baik dan sudah memperbaiki beberapa kekurangan yang ada pada serti Titan active sebelumnya; Dimana untuk seri terbaru ini sudah menggunakan dua Class D amps untuk high dan low frequency outputs dan juga terutama sudah menggunakan teknologi Qubit, yaitu sebuah 24-bit 192kHz Digital Signal Processing module yang dilengkapi dengan advanced multi-band dynamic processing dan filtering sehingga speaker Titan ini secara otomatis bisa beradaptasi dengan lingkungan yang ada sehingga bisa terdengar penuh dan natural pada berbagai situasi maupun settingan yang berbeda.


Hal yang kami perhatikan dari Nafiri  Music yang menjadi salah satu kelebihan dari Titan 15D ini dibandingkan dengan kompetitor lainnya adalah dengan adanya bi-amp design yang diaplikasikan pada  Titan 15D adalah dari sisi limiter yang diterapkan sehingga frekuensi hi dan lo dapat diproteksi  secara terpisah dan juga dilengkapi dengan  sebuah LED pada speaker sehingga anda tahu apabila anda sudah melewati batas dari kekuatan speaker ini. Kelebihan lain dari class D amps ini dibandingkan dengan trafo adalah Class D jauh lebih ringan dibandingkan dengan trafo donat dan power yang dihasilkan juga lebih besar. Wharfedale Titan 15D ini juga sudah memiliki dua combo inputs untuk 1/4” Jacks atau XLR dan bisa digunakan untuk Line atau Mic (-40dBu), dengan sebuah XLR output untuk melakukan relay / daisy chaining yang umum digunakan pada speaker jenis ini. Sebagai catatan tambahan, pada seri passive anda bisa menemukan Speakon connections dan untuk tipe 8 dan 12′ juga sudah menyediakan 1/4” jack inputs.


Wharfedale Titan 12D dan 15D juga sudah dilengkapi dengan fitur bass response optimizer selain Qubit yang berguna untuk memadatkan low end bass dan memastikan frekuensi low anda sebaik dan sejernih frekuensi high yang ada. Fitur lainnya yang menurut kami dari Nafiri Music sangat penting pada Titan 12D dan 15D adalah 90 Hz highpass filter yang dapat anda gunakan pada saat anda menggunakan speaker ini sebagai stage monitor dimana fitur ini bekerja dengan cara memotong frekuensi mid sehingga menghindari feedback. Beberapa fitur tambahan lainnya yang bisa anda temukan pada Wharfedale Titan 15D adalah remote option dengan menggunakan 3 pin Euroblock connector bisa mengganti volume secara jarak jauh dengan menaikkan atau menurunkan voltase. Selain itu Titan series juga sudah dilengkapi dengan Moisture Proof Woofer sehingga anda bisa menggunakan speaker ini untuk acara indoor maupun outdoor.


Nah, sekarang saatnya kami dari Nafiri Music masuk ke dalam spesifikasi teknis, apa saja yang anda bisa temukan pada Seri Wharfedale Titan in? Pada Titan 8A mk2 anda akan mendapatkan 180W program dengan 150W woofer dan 30W pada tweeter, sedangkan untuk Titan 12D anda bisa mendapatkan 300W power, dimana 250W untuk woofer dan 50W untuk compression driver, sedangkan pada Titan 15D anda bisa menenukan 420W yang dipecah menjadi 350W woofer dan 70W dari compression driver. Untuk Wharfedale Titan SUB-A12 anda mendapatkan power sebesar 250W dengan 500W peak dan di crossed-over pada 150Hz, sedangkan pada Titan SUB-15A anda bisa mendapatkan power sebsesar 400W dengan 600W peak dan crossover pada 100Hz mark.

Key Features dari Wharfedale Titan 15D :

    420W RMS / 800W Peak
    129dB Max SPL
    50Hz – 20kHz frequency response
    Custom Heavy duty moisture-proof 15" LF driver
    Proprietary 90 x 60 Elliptical Wave Guide Horn design
    High-end Titanium HF Compression Driver
    Tough, yet lightweight Polypropylene molded cabinet with rubber padded handles
    Multiple M6, M8 & M10 rigging points and integral tripod stand adapter
    Rugged protective grille and top-stacking receptacles
    Trapezoid shape for arrays as well as stage monitor applications
    2-band Hi / Low shelf EQ


Artinya, secara singkat menurut kami dari Nafiri Music pada subwoofer 15 anda akan mendapatkan rumble yang lebih terasa, sedangkan pada Sub 12 anda bisa mendapatkan bass sound yang lebih punchy. Untuk speaker pasifnya, Titan 8 memiliki spesifikasi 300W program, Titan 12 500W dan Titan 15 800W (8 ohms).
Bagaimana dengan berat dari speaker ini? Untuk SUB 15A beratnya mencapai 45kg, sedangkan SUB 12A jauh lebih ringan dengan berat 22 kg. Sedangkan Titan 15D juga memiliki berat yang serupa yaitu 22 kg, Titan 12D sekitar 12.5 kg dan Titan 8A mk2 memiliki berat yang sangat ringan hanya 6.25 kg / pcs! Untuk speaker passive : 5.5 kg pada Titan 8, 12 kg pada Titan12 dan 22 kg pada Titan 15 dimana disini menurut Nafiri Music fakta membuktikan bahwa lebih baik anda membeli active speaker karena beratnya sama saja dengan yang pasif!
Semua speaker Wharfedale Titan sudah dilengkapi dengan cover untuk basic protection dan untuk speaker fullrange aktif 8/12/15 anda bisa menemukan lubang 35 mm speaker pole mount dengan baut untuk pengunci sehingga anda bisa menggunakan speaker ini untuk stand speaker / stand ke subwoofer.




Siapa saja yang harus membeli Wharfedale Titan 15D ini?

Menurut kami dari Nafiri Music Wharfedale Pro adalah salah satu dari merk pionir pro audio di tanah air Indonesia (bersamaan dengan merk legendaris lainnya seperti Peavey), dan seri Titan ini adalah bukti kebangkitan dan eksistensi merk UK ini untuk kembali masuk ke pasar pro audio di Indonesia. Saat ini kita mulai banyak melihat acara wedding dan venue yang menggunakan speaker Titan, dan acara event / pameran maupun kampanye pun sudah mulai banyak yang menggunakan speaker Wharfedale Titan 8 / 12 /15 D ini. Titan 15D dilengkapi dengan Sub 15 adalah sebuah set-up yang sangat cocok untuk organ tunggal, dan kemampuan Titan untuk beradaptasi dengan lingkungan membuat speaker ini cocok untuk restoran, seminar, cafe / bar, acara venue, musisi, dan gereja / masjid / rumah ibadah lainnya.

Bagi venue yang sudah memiliki instalasi sound system tersendiri, Wharfedale Titan ini juga dapat digunakan sebagai reinforcement speaker untuk mengcover area yang tidak dapat dijangkau oleh sound system yang sudah ada, atau apabila ada area tambahan / ekspansi.

Kesimpulan

Kami dari Nafiri Music sudah mencoba speaker Wharfedale Titan 15D dalam beberapa kesempatan dan venue serta demo, baik acara musikal maupun komersial, dan kami sangat puas dengan sound yang dihasilkan. Bahkan kami juga sudah mencoba Titan 15D ini dengan conference system Audiocore dan hasilnya adalah sound dari pembicara yang sangat jelas dan jernih.
Wharfedale Titan juga merupakan value for money ketika anda membandingkan speaker ini dengan speaker aktif lain yang ada pada kelasnya. Menurut pendapat kami dari Nafiri Music, Wharfedale Titan 15D ini masih lebih baik dari Mackie Thump 15A dimana menurut kami lini Thump ini sound nya memiliki kualitas yang kurang baik (jauh di bawah SRM series) dengan bass yang kencang namun menggulung dan clarity yang tidak jelas, maupun Peavey DM15 (produk terbaru Peavey di lini speaker aktif yang reviewnya dapat anda lihat disini : Review Speaker Aktif Peavey Dark Matter DM 112 DM115 : Speaker Legendaris Dari Peavey!) yang sudah dilengkapi dengan DSP namun secara keseluruhan masih di bawah Wharfedale Titan maupun Yamaha DBR (dimana Yamaha DBR ini adalah speaker favorit kami!). Untuk desain casingnya juga menurut kami Wharfedale Titan 15D cukup manis dan tidak kaku sehingga enak untuk dilihat. Salah satu speaker yang menurut kami dari Nafiri Music menjadi the best speaker pada range harga ini dan sulit untuk ditandingi adalah Yamaha DBR 15 (anda bisa baca reviewnya disini : Review Speaker Yamaha DBR12 dan DBR15 : Speaker Aktif Ringan dengan Power 1.000 Watt dan DSP Built In Effect!). Walaupun secara power Wharfedale Titan ini masih di bawah yamaha DBR menurut kami, namun untuk clarity drivernya Titan masih lebih unggul karena sudah menggunakan driver titanium sehingga menghasilkan sound yang sangat crisp. Untuk harga Rp 11.000.000,- / pasang, kami dari Nafiri Music menyimpulkan bahwa speaker Wharfedale Titan 15D ini sangat layak untuk menjadi salah satu pilihan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar